Langkah Penyelamatan Diri dalam Perjalanan Sewa Bus Jakarta

Semua orang tentu menginginkan kenyamanan, keamanan serta keselamatan dalam setiap perjalanan. Oleh sebab itu, persiapan perjalanan harus dilakukan dengan matang. Jika menggunakan layanan sewa bus Jakarta, maka sebaiknya ketahui kondisi bus beserta supirnya. 

Seberapapun sempurnanya manusia berencana, terkadang ada saja hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk mengantisipasi dampak yang parah, maka harus ada tindakan persiapan. Untuk menjaga keselamatan diri Anda dan penumpang lainnya, sebaiknya Anda mengetahui apa saja langkah penyelamatan diri dalam perjalanan. 

Langkah Penyelamatan Diri dalam Perjalanan

Sewa Bus Jakarta

Jika Anda kerap menggunakan melakukan perjalanan darat menggunakan kendaraan umum, tentu Anda sering melihat beberapa alat yang diletakkan di area khusus. Bahkan, alat-alat tersebut memiliki warna yang cerah agar mudah dilihat. Tapi alat tidak berguna jika penumpang tidak mengetahui fungsinya. Simak apa saja persiapan yang harus dilakukan agar mudah menyelamatkan diri saat terjadi hal tidak diinginkan saat sewa bus.

Kenali Alatnya

Sebelum membicarakan langkah lain, tentu harus terlebih dahulu mengenal apa saja alat penyelamatan diri yang ada di dalam bus. Selain itu, cari tahu pula bagaimana menggunakannya. Pahami alat-alat yang ada setiap kali Anda hendak bepergian. 

Alat pertama adalah fire extinguisher atau alat pemadam kebakaran. Alat ini digunakan jika Anda melihat adanya tanda muncul api di dalam bis. Cara menggunakannya sangat mudah. Tarik pin pengaman lalu arahkan nozzle ke sumber munculnya api. Setelah itu, tekan tuas sehingga zat pemadam menyemprot keluar. 

Alat kedua adalah pemecah kaca yang biasanya diletakkan di pilar yang dekat dengan jendela kaca. Pemecah kaca mudah digunakan karena unjung palu berbentuk meruncing dan didesain khusus. Alat ini didesain agar mudah digunakan oleh siapapaun. 

Tetap Tenang

Saat muncul kejadian yang tidak diinginkan dalam perjalanan, usahahan untuk tetap tenang. Jika Anda tenang, maka Anda jauh lebih mudah untuk berpikir dan melakukan tindakan selanjutnya dengan tepat. Apapun yang terjadi, jagalah emosi Anda. Yakinkan diri bahwa Anda bisa mengatasi hal tersebut bersama rombongan sewa bus Jakarta lainnya. 

Prioritas Keselamatan

Dalam usaha penyelamatan diri, tentunya Anda tidak sendiri. Ada banyak crew sewa bus Jakarta penumpang lain yang juga ingin selamat. Untuk itu, Anda harus terlebih dahulu mengutaman diri sendiri agar tetap tenang. Setelah itu baru mengondisikan orang lain. 

Jika mayoritas orang dalam bus bisa bersikap dengan tenang, maka upaya penyelamatan bisa dilakukan dengan baik. Tentu usaha penyelamatan akan jauh lebih maksimal jika dilakukan bersama-sama dengan cara yang tepat, bukan? Jika Anda panik dan mempengaruhi penumpang lain, kondisi bisa semakin kacau. 

Mencari Jalur Evakuasi

Biasanya dalam bus pasti ada pintu darurat. Jika dalam pintu tersebut dipenuhi orang atau tidak bisa terbuka karena ada halangan dari luar, usahakan untuk mencari jalur evakuasi lainnya. Cara terbaik adalah dengan memecahkan kaca dengan alat yang sudah pasti tersedia dalam bus. Pecahkan kaca hingga dirasa bisa dilewati oleh manusia. 

Bantu Penyelamatan Lain

Jika Anda sudah dalam kondisi tenang dan menemunkan jalan keluar, jangan lupakan penumpang lain ya. Tetap utamakan keselamatan penumpang prioritas yang kurang bisa menyelamatkan diri sendiri. Penumpang prioritas tersebut misalnya adalah ibu hamil, lansia, anak dan penyandang disabilitas. Jangan lupa untuk berkoordinasi dengan crew sewa bus Jakarta.

Itulah beberapa langkah yang bisa digunakan untuk menyelamatkan diri. Kuncinya adalah tetap tenang dan jaga emosi sehingga Anda bisa berpikir rasional dan bertindak dengan tepat. Tidak ada yang menginginkan hal ini terjadi. Jika Anda ingin memaksimalkan persiapan perjalanan yang aman, silahkan hubungi tim sewa bus Jakarta. Kami siap memberikan pelayanan dengan crew handal dan armada yang prima.