tips sewa bus pariwisata

5 Tips Sewa Bus Pariwisata Yang Aman

Musim libur lebaran seperti saat ini tentu membuat anda kebingungan bukan mencari armada yang baik untuk mudik hingga kembali ke perantauan? Melakukan sewa bus pariwisata kerap kali menjadi pilihan ketika kendaraan umum lainnya sudah penuh terutama bagi anda yang kurang nyaman bepergian bersama orang lain. Nah, sewa bus pariwisata Jakarta memiliki beberapa tips sewa bus pariwisata yang bisa anda terapkan untuk memilih jenis bus yang akan anda gunakan. Penasaran? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1.      Tentukan Jenis Bus Yang Anda Butuhkan

Saat ini sudah banyak sekali jenis bus yang beredar dan bisa anda pilih serta anda gunakan untuk melakukan perjalanan mudik. Anda bisa memilih jenis bus yag sesuai dengan yang anda butuhkan. Perhatikan jumlah penumpang serta fasilitas apa yang ingin anda dapatkan. Sesuaikan pula dengan budget yaa. Adapun jenis busnya ialah sebagai berikut:

  1. Bus Kelas Ekonomi: Merupakan bus yang bisa di katakan memiliki kelas dan standar yang paling bawah. Sehingga tidak heran jika bus jenis ini memiliki fasilitas yang sedikit.
  2. Bus VIP: Bus kelas VIP memiliki tingkatan yang berada di atas dari bus kelas ekonomi. Adapun fasilitasnya tentu lebih lengkap jika di bandingkan dengan bus ekonomi. Namun, meski tergolong lengkap tetap saja tidak selengkap bus kelas eksekutif.
  3. Bus Pariwisata Eksekutif: Yang terakhir adalah bus kelas pariwisata eksekutif. Pada jenis bus ini tentu fasilitas yang di berikan sudah sangat lengkap. Fasilitas tersebut tentu berhubungan pula dengan harga yang di tawarkan. Harga sewa dari bus kelas ini memiliki harga yang sangat dan paling tinggi di bandingkan dengan sewa bus jenis lainnya.

Jika di atas kita sudah membahas tentang jenis-jenis bus, maka anda juga perlu tahu bahwa bus juga dapat di bedakan berdasarkan kapasitasnya. Berikut ini merupakan bus berdasarkan kapasitas:

  1. Big Bus

Jenis bus berdasarkan kapasitasnya yang pertama adalah Big Bus. Big Bus merupakan bus dengan julah kapasitas yang paling besar. Ia dapat menampung hingga 50 penumpang.

  1. Medium Bus

Sedangkan medium bus biasa di katakan sebagai bus ¾. Bus ini memiliki kapasitas yang bisa menampung sekitar 37 hingga 39 penumpang.

  1. Mini Bus

Jenis bus berdasarkan kapasitasnya yang ketiga adalah mini bus. Biasanya berupa Elf yang hanya mampu menampung sekitar 13 hingga 15 orang untuk Elf short. Sedangkan untuk Elf Long bisa menampung sekitar 16 hingga 19 penumpang.

2.      Lakukan Pengecekan Fasilitas

Hal yang bisa anda lakukan kedua ialah melakukan pengecekan tentang fasilitas ataupun layanan yang akan anda dapatkan. Adapun fasilitas yang biasa di tawarkan adalah seperti AC, TV/LCD, CCTV, WiFi, toilet, dispenser, bantal dan selimut, charger, driver, bahan bakar, keamanan hingga fasilitas lain. Anda harus bisa memastikan bahwa penumpang akan merasakan nyaman serta aman dengan fasilitas pada jenis bus yang anda pilih.

3.      Teliti Dalam Memilih Agen Bus Profesional

Jika anda menginginkan perjalanan yang aman serta nyaman maka anda juga perlu teliti dalam memilih agen bus yang terpercaya serta professional. Anda perlu memilih agen bus pariwisata dengan reputasi yang baik. Legalitas yang jelas juga menjadi hal yang perlu anda perhatikan selain fasilitas yang baik, driver yang berpengalaman dan layanan customer service yang baik serta informatif.

Selain fasilitas di atas, jangan lupa untuk memperhatikan mesin armada bus. Pilihlah bus dengan kondisi yang terawat sehingga meminimalisir adanya hal-hal yang tidak di inginkan ketika sedang melakukan perjalanan. Anda bisa mempercayakan sewa bus pariwisata Jakarta anda bersama andara bus.

4.      Siapkan Dana atau Budget dengan Baik

Jangan lupa untuk menyiapkan dana dengan baik terkait penyewaan bus tersebut. Setiap agen penyedia jasa sewa bus pariwisata biasanya memiliki keunggulan masing-masing dengan harga yang sangat variatif. Untuk itu, jangan lupa untuk menyiapkan dana yang sesuai dengan jenis bus yang anda butuhkan ya. Biasanya dana dibutuhkan mulai sejak reservasi yaitu dengan pembayaran DP terlebih dahulu. Hal ini penting sebagai bentuk persetujuan penyewaan kendaraan.

5.      Perhatikan Waktu Reservasi

Sudah berencana melakukan kegiatan wisata atau mudik? Sudah menetapkan tanggal? Jika sudah, segeralah untuk melakukan kegiatan reservasi atau memesan bus yang anda inginkan. Hal ini perlu untuk di lakukan dengan segera agar anda tidak kehabisan bus karena biasanya ketika musim liburan panjang banyak sekali orang yang melakukan pemesanan sewa bus di jasa sewa bus. Sehingga, untuk meminimalisir ketiadaan bus maka segeralah untuk melakukam reservasi jauh-jauh hari dari tanggal keberangkatan.

Pemesanan dapat anda lakukan dengan berbagai cara seperti melakukan pemesanan melalui Whatsapp, telepon, website atau bagi anda yang memiliki cukup banyak waktu anda juga bisa langsung mengunjungi ke kantor perusahaan tersebut. Jika anda ingin melakukan booking sewa bus, biasanya anda perlu melakukan pembayaran DP terlebih dahulu dengan besaran 50% dari harga sewa yang di tetapkan.

Bagaimana? Sudah siap melakukan mudik dan liburan? Perhatikan tips sewa bus pariwisata di atas ya dan jangan lupa untuk melakukan sewa bus pariwisata di Andara Bus. Andara Bus merupakan jasa sewa bus pariwisata terbaik di Jakarta.

Scroll to Top
Chat Admin Disini