air terjun jawa timur

8 Objek Wisata Air Terjun Jawa Timur

Ketika lelah dengan rutinitas sehari-hari selama di rumah, pekerjaan dan lain-lain. Mungkin anda sudah saatnya butuh untuk berlibur ke tempat wisata alam yang sejuk, dingin, dan tentunya indah. Misalnya saja, wisata air terjun. Pemandangan yang indah di sertai dengan suasana asri dari air terjun, pepohonan, serta membuat tubuh dan pikiran menjadi tenang, nyaman, damai. Jika anda salah satu warga yang ada di jawa timur, kalian dapat berkunjung ke wisata air terjunnya. Kalian bisa berkunjung dengan sahabat, keluarga. Jangan kawatir, kami sudah merangkum 8 objek wisata air terjun Jawa Timur. Yuk kita intip.

Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun tumpak sewu kerap di juluki oleh masyarakat Lumajang sebagai tebing Nirwana. Lokasinya di desa Sidomulyo, Kecamatan Pronowijoyo, kabupaten Lumajang.

Perjalanan menuju air terjun ini cukup lama, ditempuh dengan jarak sekitar 55 kilometer atau dua jam dari kota Lumajang. Sesampainya di gerbang masuk, pengunjung masih harus berjalan kaki sembari menikmati keindahan dari air terjun ini. Ketinggian aliran air ini mencapai sekitar 120 meter.

Air Terjun Madakaripura

Air terjun ini terletak di Desa Negororeja, kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Konon air terjun ini dahulunya menjadi tempat pertapaan terakhir Patih Gadjah Mada. Aliran terjun ini memiliki ketinggian 200 meter dengan suara gemericik air dan udara yang sejuk serta pepohonan yang masih asri dan rindang menambah sejuk dari tempat ini. Air terjun ini berada disekitar 37 kilometer dari pusat Kota Probolinggo. Ketika sudah tiba di pos tiket, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer melati jalan setapak. Untuk para pengunjung yang tidak ingin basah, disarankan untuk memakai jas hujan. Karena, air tidak hanya mengalir dari tengah air terjun saja, tetapi dari celah tebing.

Air Terjun Coban Pelangi

Tempat wisata air terjun ini terletak di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Air terjun  Coban Pelangi masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Pengunjung perku menempuh jarak sekitar 32 kilometer dari Kota Malang. Setelah sampai di pintu masuk pengunjung harus masih berjalan kaki sejauh 1 kilometer melewati jalan setapak yang terjal.

Wisata Air Terjun Putri Nglirip

Air terjun ini terletak di Kabupaten Tuban, Jawa Timur lebih tepatnya di Desa Jojogan Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. Air terjun ini berjarak sekitar 24 kilometer ditempuh sekitar 45 menit. Dan akses menuju kesana sudah baik juga dilengkapi dengan parkir menuju ke lokasi yang sudah berbentuk anak tangga.

Air Terjun Jagir

Salah satu destinasi yang ada di Kota Banyuwangi adalah Air Terjun Jagir yang terletak di bahwa kaki Gunung Ijen. Lokasinya di Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Jarak lokasi air terjun dengan kota Banyuwangi sekitar 13 kilometer, untuk mencapai ke lokasi terebut pengunjung perlu menuruni anak tangga sejauh 30 meter untuk menuju ke air terjun. Dan ada juga kolam yang tidak terlalu dalam hanya sekitar 1 meter.

Air Terjun Coban Sriti

Wisata air terjun ini terletak di Desa Pronojiwo, Lumajang ini memiliki dua sisi aliran air terjun yang membuatnya seolah kembar. Air terjun ini juga memiliki ketinggian sekitar 120 meter. Untuk perjalanan kesana, pengunjung harus berhati-hati karena jalannya yang terlalu ekstrim. Namun semua lelah ini akan terbayarkan dengan pemandangan yang indah dan juga pepohonan yang hijau.

Air Terjun Dolo

Air terjun dolo merupakan tempat wisata air yang berada di kawasan wisata Besuki, Kediri. Lokasinya berada di Desa  Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Jarak dari kota Kediri menuju air terjun sekitar 29 kilometer dengan waktu yang ditempuh kurang lebih 1 jam. Air terjun ini memiliki 3 tingkatan dengan ketingiian antara 90-125 meter. Air terjun Dolo berada di lereng gunugn Wilis maka tak heran jika banyak pengunjung yang mendirikan tenda untuk berkemah di area tersebut. Tak jauh dari tempat tersebut, juga terdapat kebun stroberi yang bisa dikunjungi.

Air Terjun Goa Tetes

Tempat wisata air terjun goa tetes adalah perpaduan antara air terjun yang mengalir dari goa yang berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Air terjun ini mempunyai sumber air yang sama dengan air terjun Tumpak Sewu. Jika kita berkunjung ke air terjun Goa Tetes kita terlebih dahulu menuju ke mulut goa, pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu sejauh 2 kilometer melewati jalan setapak dan bebatuan yang curam, maka di himbau untuk para pengunjung harus berhati-hati karena tempatnya yang jauh dan juga cukup licin. Namun tidak akan menghalangi untuk melihat keindahan alam yang diciptakan oleh Tuhan akan dibayarkan dengan pemandangan yang menakjubkan  dari aliran air dan pepohonan rindang yang mengelilingi air terjun.

Inilah 8 rekomendasi air terjun yang dapat kalian kunjungi saat weekend ataupun weekdays tentunya jarak lokasi yang tidak terlalu jauh walaupun medannya yang curam serta terjal. Semoga membantu kalian sekian terima kasih. Bagi anda yang membutuhkan moda transportasi untuk kegiatan wisata, anda bisa menggunakan sewa bus Jakarta untuk mempermudah perjalanan wisata anda.

Scroll to Top
Chat Admin Disini