Daftar 6 Oleh-oleh Khas Batam Populer

Daftar 6 Oleh-oleh Khas Batam Populer

Saat mengunjungi satu daerah tertentu, tentunya kita ingin membawa souvenir atau oleh-oleh dari daerah tersebut sebagai barang kenang-kenangan.

Oleh-oleh umumnya bisa berupa barang pakaian, makanan, atau pernak-pernik. Jika punya budget lebih, bisa juga oleh-oleh yang kamu bawa pulang di bagi-bagi ke orang-orang terdekat.

Hal serupa juga pastinya akan kamu lakukan saat mengunjungi Batam. Banyak sekali cinderamata yang bsia didapatkan dari kota ini dengan harga yang murah.

Mulai dari makanan ringan, kue tradisional, hingga barang branded juga ada. Pasti bingung, kan, oleh-oleh apa yang paling pas dibeli saat berkunjung ke Batam.

Berikut ini daftar oleh-oleh kekinian dari Batam yang bisa kamu buru saat mengunjungi Kota Batam.

1. Luti Gendang

Luti Gendang merupakan makanan khas Batam yang menjadi buah tangan favorit para wisatawan saat berkunjung ke Batam. Rupa ukurannya kecil, rasanya juga nikmat.

Buat yang belum tahu apa itu Luti Gendang, mungkin penggambarannya bisa mirip dengan kue Kroket. Isian dan rasanya saja yang berbeda, karena Luti Gendang diisi dengan olahan daging penuh cita rasa.

Proses pembuatan Luti Gendang mirip dengan pengolahan donat. Adonannya berasal dari tepung, lalu diisi dengan ikan berbumbu rempah sampai akhirnya digoreng.

Di akhir proses masak, Lunti Gendang seharusnya amemiliki tekstur empuk di bagian luar dan juga renyak. Biasanya camilan ini cocok untuk mengisi sarapan.

Jajanan satu ini bisa kamu temukan di toko roti maupun toko oleh-oleh manapun di Batam. Biasanya satu kotak berisi 25 buah Lunti Gendang dengan harga Rp90.000 per kotanya.

2. Layer Cake

Kue Layer Cake mungkin identik dengan lapis legit, hanya saja asalnya yang berbeda karena lapis legit berasal dari Semarang. Rasanya juga mirip, tapi dengan tampilan dan kemas yang lebih kekinian.

Batam Layer Cakers dan Lamoist Layers termasuk merk recommended jika kamu mencari Layer Cake di Batam. Cita rasanya yang nikmat nggak salah lagi jika kedua merk tersebut menjadi incaran para wisatawan

Outletnya sudah tersebar di berbagai mall dan pusat oleh-oleh Batam. Satu Layer Cake berukuran besar bisa dipatok dengan harga mulai dari Rp250.000 per kotaknya.

3. Barang Branded Murah

Kota Batam berada di posisi strategis di atas jalur perdangangan, nggak salah jika kota ini menawarkan banyak barang branded dengan harga yang lebih jatuh.

Contohnya saja barang elektronik seperti smartphone yang bisa dikenakan harga hanya 50% dari harga normalnya di kota lain. Belum lagi seperti tas, atau aksesoris.

Sayangnya masih banyak pedagang yang mereplika barang-barang branded tersebut, jadi hati-hati saat membeli barang branded untuk lebih jeli melihat apakah barang tersebut asli atau tidak.

4. Gong Gong

Gong Gong merupakan makanan khas kuliner Batam yang jadi favorit banyak orang. Mungkin kamu belum tahu, kalau Gong Gong merupakan sebutan untuk sebuah kerang yang merupakan bahan utama dari hidangan ini.

Rasa kerang lautnya semakin nikmat dengan olahan sambal pedas gurih. Wajah saja jika banyak restoran seafood menjadikan makanan ini sebagai menu andalannya.

Gong Gong merupakan jenis hidangan basah, tapi uniknya kamu tetap dapat menikmati Gong Gong yang diolah menjadi keripik. Rasanya juga tidak jauh berbeda.

Untuk mendapatkan Gong Gong tidak sulit di Batam, hampir semua pusat oleh-oleh menyediakannya. Harganya cukup terjangkau, yaitu hanya Rp25.000 per 100 gram kemasan.

5. Teh Bunga Rosella

Oleh-oleh dari Batam selanjutnya adalah Teh Bunga Rosella. Penuh dengan khasiat, teh ini sangat baik untuk kesehatan kamu.

Rasa dan aromanya sangat khas, berbeda dari teh jenis lainnya. Tanpa perlu menambahkan gula lagi, rasanya sudah asam manis, ditambah aroma bunga membuat penyajian semakin sedap.

Warna teh ini juga merah, sehingga membuatnya menarik perhatian dan mudah dikenali dibanding jenis teh lainnya.

Beberapa khasiat yang diberikan dari Teh Bunga Rosella seperti untuk mencegah kanker, untuk fungsi antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan berbagai macam lainnya. Cocok banget diminum saat musim penyakit seperti pendemi saat ini.

Teh Bunga Rosella dapat kamu temukan di berbagai pusat oleh-oleh di Batam. Harganya berkisar Rp50.000 untuk kemasan 50 gram.

6. Kue Batang Buruk

Kue Batang Buruk termasuk kue tradisional dari olahannya dasarnya merupakan tepung gandum, tepung beras, dan kelapa. Wajib banget dicobain, pokoknya!

Rasanya manis dan gurih, merupakan perpaduan atas tambahan gula, serbuk kacang hijau, dan susu bubuk.

Kue ini juga menyimpan cerita di balik pembuatannya. Masyarakat percaya kalau Kue Batang Buruk menjadi bentuk sakit hati dari Puteri Wan Sinari karena cintanya bertepuk sebelah tangan.

Tekstur dari kue ini adalah mudah hancur, sehingga mengisyaratkan betul mengenai hati serta etika yang lemah lembut dari Puteri Wan Sinari.

Bila tertarik, batang buruk ini bisa Anda dapatkan saat lebaran di toko-toko kue. Per bungkusnya biasa dibanderol Rp50.000,00 untuk ukuran 400 gram.

Penutup

Sekian artikel tentang rekomendasi 7 oleh-oleh khas Batam yang bisa kamu bawa pulang setelah mengunjungi Kota Batam.

Ada yang berupa barang, ada juga yang berupa makanan. Semuanya sangat menarik, sehingga sekarang kamu tidak perlu bingung lagi mencari buah tangan yang tepat dari Kota Batam.

Scroll to Top
Chat Admin Disini