Screenshot 2023 05 03 210323

10 Oleh-oleh Khas Jakarta Yang Wajib Dibeli

Apakah Anda berlibur ke Jakarta? Berlibur ke Jakarta kurang rasanya jika tidak membawa oleh-oleh khas Jakarta. Simak sebanyak 10 oleh-oleh khas Jakarta yang wajib dibeli.

Pergi liburan kurang rasanya jika tidak membawa buah tangan untuk keluarga di rumah. Membeli oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat terdekat setelah liburan merupakan suatu pilihan masing-masing dari orang. Namun jika tidak membawa oleh-oleh akan kurang rasanya.

Mendatangi kota Jakarta untuk berlibur bersama rombongan dengan Andara bus tentunya kurang apabila tidak membeli oleh-oleh. Andara bus adalah penyedia jasa sewa bus terpercaya yang dapat mengantarkan Anda bersama rombongan kemanapun tujuan di beberapa daerah salah satunya Jakarta.

Jika Anda berlibur dan bingung membeli oleh-oleh apa yang pas untuk diberikan ke keluarga tepat sekali menemukan tulisan dari Andara bus yang membahas 10 oleh-oleh khas Jakarta yang wajib dibeli.

1. Kue Kembang Goyang

oleh-oleh khas Jakarta

Rekomendasi oleh-oleh khas Jakarta yang wajib dibeli untuk keluarga adalah Kue Kembang Goyang. Kue kembang goyang merupakan jajan khas Betawi yang masih bertahan hingga sekarang. Nama Kue Kembang Goyang berasal dari cara pembuatan kue ini dengan cara menggoyang cetakan berbentuk bunga supaya adonan terlepas saat digoreng.

Kue kembang goyang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, wijen putih, santan, dan kelapa yang berbentuk adonan cair kemudian digoreng pada minyak panas menggunakan cetakan berbentuk bunga.

2. Roti Buaya

oleh-oleh khas Jakarta

Rekomendasi oleh-0leh khas Jakarta kedua dari Andara bus adalah Roti buaya. Roti buaya merupakan roti khas betawi yang memiliki bentuk seperti buaya. Jenis roti ini sama seperti roti layaknya yang membedakan adalah bentuk buaya dan memiliki ukuran besar.

Roti buaya sering digunakan untuk seserahan ketika ingin mempersunting dengan adat betawi. Menurut filosofi betawi, buaya melambangkan kesetiaan dan kemapaman. Saat ini untuk mendapatkan roti buaya tidak perlu saat acara hajatan menikah karena banyak toko roti yang menyediakan roti buaya untuk dibawa sebagai buah tangan.

3. Kue Semprong

oleh-oleh khas Jakarta

Rekomendasi oleh-oleh khas Jakarta ketiga oleh Andara bus ialah kue semprong. Jenis kue khas betawi ini memiliki cita rasa manis, gurih, dan kriuk. Kue semprong menjadi jajanan favorit banyak orang.

Berlibur ke Jakarta dapat membeli kue semprong di toko oleh-oleh. Harga kue semprong bervariasi antara 20 ribu rupiah hingga 40 ribu rupiah tergantung dari jenis dan ukuran dari setiap kemasan.

4. Kerak Telor

oleh-oleh khas Jakarta

Makanan yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jakarta adalah kerak telor. Kerak Telor merupakan makanan khas Betawi yang melegenda. Pergi ke Jakarta kurang rasanya jika tidak membeli kerak telor.

Kerak Telor terbuat dari telur, ketan putih, diberi serundeng, bawang goreng, ebi, dan bumbu yang dimasak pada wajan dengan api arang. Rasa dari kerak telor adalah gurih. Makanan ini dapat ditemukan di pusat budaya betawi dan dijual dengan harga mulai dari 15 ribu rupiah.

5. Souvenir miniatur

oleh-oleh khas Jakarta

Oleh-oleh khas Jakarta yang dapat dibawa pulang untuk keluarga adalah souvenir miniatur seperti miniatur batu berbentuk monas atau boneka khas Jakarta seperti ondel-ondel yang terbuat dari kayu. Buah tangan ini dapat ditemukan di toko souvenir maupun penjual souvenir di sekitar tempat wisata. Harga dari souvenir miniatur beragam mulai dari 25 ribu rupiah.

6. Pencok Betawi

oleh-oleh khas Jakarta

Oleh-oleh khas Jakarta yang menjadi rekomendasi dari Andara bus selanjutnya ialah Pencok Betawi. Pencok betawi terbuat dari kentang goreng yang dipotong kecil-kecil dengan bumbu kering dan meresap.

Rasa dari Pencok betawi adalah manis, pedas, asam dan gurih cocok untuk dimakan bersama nasi hangat. Harga dari Pencok Betawi mulai dari 15 ribu rupiah dapat ditemukan di toko oleh-oleh di Jakarta.

7. Bir Pletok

oleh-oleh khas Jakarta

Oleh-oleh khas Jakarta yang dapat menjadi buah tangan selanjutnya adalah bir pletok. Bir pletok merupakan minuman yang terbuat dari rempah khusus berkhasiat seperti pandan, serai, dan jahe. Walaupun berbeda dengan bir lainnya yang termasuk dalam alkohol, bir pletok ini juga dapat menghangatkan tubuh serta meningkatkan imunitas.

Bir pletok diperjualbelikan dalam bentuk botol,cup, hingga bubuk dapat ditemukan di toko oleh-oleh khas Jakarta dengan harga mulai dari 10 ribu rupiah.

8. Baju Khas Betawi

oleh-oleh khas Jakarta

Oleh-oleh khas Jakarta selain makanan dan souvenir adalah pakaian khas betawi yaitu baju pangsi dan kebaya betawi. Baju Pangsi adalah pakaian yang sering digunakan oleh jawara Betawi sedangkan kebaya Betawi merupakan pakaian tradisional yang digunakan oleh wanita suku betawi digunakan bersama jarik dan selendang panjang. Pakaian ini dapat ditemukan di toko pakaian Jakarta ataupun Tanah Abang.

9. Kue Biji Ketapang

oleh-oleh khas Jakarta

Oleh-oleh khas Jakarta yang wajib dibawa pulang selanjutnya adalah kue biji ketapang. Kue ini merupakan daftar jajanan Betawi yang memiliki bentuk mirip biji buah ketapang.

Rasa kue biji ketapang adalah gurih dan renyah terbuat dari tepung terigu, mentega, telur, dan gula yang digoreng pada api kecil. Untuk mendapatkan kue biji ketapang dapat ditemukan pada toko oleh-oleh dengan harga 25 ribu rupiah.

10. Geplak Betawi

oleh-oleh khas Jakarta

Oleh-oleh khas Jakarta yang terakhir direkomendasikan oleh Andara bus yaitu Geplak betawi. Geplak betawi merupakan jajanan yang berbentuk balok dengan warna putih dari tepung beras.

Rasa dari Geplak betawi adalah manis gurih dengan topping gula dan kelapa sangrai. Jenis makanan kue ini dapat ditemukan di toko-toko oleh khas Jakarta. Harga dari Geplak Betawi sekitar 10 ribu rupiah hingga 35 ribu rupiah tergantung ukuran.

Demikian informasi mengenai 10 oleh-oleh khas Jakarta dari Andara bus yang dapat dibawa untuk keluarga maupu kerabat di rumah. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan bagi para pembaca Andara bus.

Scroll to Top
Chat Admin Disini