pantai wisata ngebum

Pantai Wisata Ngebum: Lokasi, Sejarah, Daya Tarik & Harga Tiket

Apakah Anda sedang berada di Kendal? Kurang rasanya jika tidak mengunjungi destinasi wisata yang ada di Kendal salah satunya adalah Pantai Ngebum. Berikut ini informasinya tentang destinasi pantai wisata Ngebum mengenai lokasi, sejarah, daya tarik, serta harga tiket.

Destinasi Pantai Wisata Ngebum

Pantai wisata Ngebum merupakan salah satu objek destinasi wisata yang berada di Kabupaten Kendal. Memiliki nama Ngebum, pantai ini memiliki nama lain dengan sebutan Pantai Mororejo. Pantai Mororejo adalah pantai yang digunakan sebagai objek wisata sekaligus tempat mata pencaharian desa Mororejo.

Di daerah Pantai Wisata Ngebum, pengunjung akan melihat pemandangan alam yang membentang. Selain itu, panorama lain yang tidak kalah indanya seperti tambak, hutan bakau, pabrik kayu lapis Indonesia, dan pabrik rimba partikel Indonesia berada pada sisi kanan dan kiri jalan.

Di Pantai Ngebum pengunjung juga akan melihat dermaga kota kendal yang mengagumkan mata. Pantai Ngebum termasuk pantai selatan jawa yang memiliki kondisi pantai tidak terlalu landai. Pengunjung dapat leluasa melakukan berenang. Namun tidak dianjurkan untuk menuju tengah laut apabila tidak pandai berenang atau membiarkan anak-anak berenang sendirian. Pengunjung dapat melakukan sewa ban atau pelampung di sekitaran pantai.

Lokasi Pantai Wisata Ngebum

Destinasi pantai wisata Ngebum terletak pada pesisir pantai utara yang masuk pada wilayah kabupaten Kendal lebih tepatnya di Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Pantai ini berbatasan dengan laut jawa di utara, kota semarang, Kabupaten semarang di bagian timur, kabupaten Temanggung bagian selatan, serta Kabupaten Batang di Barat.

Untuk sampai ke Pantai Ngebum, wisatawan dapat melewati beberapa jalur seperti dari arah puat kota Kaliwungu berjarak 6km ke arah utara melewati jalan Laut menuju Pantai. Di perjalanan wisatawan akan menikmati pemandangan tambak ikan dan tanaman bakau pada sisi kiri jalan atau dapat melihat indahnya panorama pegunungan dan sawah yang membentang luas di sebelah kanan.

Dari arah kota Semarang, pengunjung hanya memerlukan waktu 30 menit. Jalur yang ditempuh melewati beberapa titik seperti Tugu – Mangkang – Kota Kaliwungu – Jalan Laut – Mororejo (Pabrik Kayu Lapis Indonesia) – Pantai Ngebum.

Pengunjung juga dapat melewati jalur Mangkang – Jalur lingkar Kendal – Pantai Ngebum. Selama perjalanan, pengunjung disarankan untuk tidak ngebut karena daerah pantai memiliki jalan berkelok.

Daerah Pantai wisata Ngebum dapat dilewati menggunakan kendaraan mobil ataupun bus. Anda jika tidak memiliki kendaraan mobil dan bus dapat melakukan sewa kendaraan mobil atau bus. Salah satu tempat penyewaan kendaraan adalah Andarabus. Andara bus memiliki pelayanan yang memuaskan calon penumpang. Selain itu, driver dari andarabus memiliki profesionalitas tinggi dan tahu rute tujuan yang aman untuk perjalanan.

Sejarah Pantai Ngebum

Pantai yang terletak di Kendal ini memiliki sejarah mitos yang dipercaya oleh masyarakat sekitar. Memiliki nama ngebum, pantai ini mirip dengan pantai ngebom yang berada di kota pekalongan. Mitos yang beredar di masyarakat terkait pantai ngebum adalah sebelumnya tempat ini diyakini sebagai tempat keramat.

Sebagai tempat keramat karena pada pantai ngebum terdapat makam tokoh terkenal yaitu kyai Wakak. Kekeramatannya dipercaya bahwa seseorang yang mandi atau berendam di pantai dapat sembuh dari penyakit yang diderita. Banyak orang percaya dengan berdoa sambil berendam di pantai akan dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Seiring berkembangnya waktu, pantai Ngebum dijadikan sebagai objek wisata yang hingga saat ini ramai pengunjung terlebih saat liburan tiba. Banyak wisatawan lokal maupun beda kota yang datang untuk mengunjungi pantai Ngebum.

Jam Operasional Pantai Wisata Ngebum

Pantai Ngebum memiliki jam operasional dari pukul 05.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB setiap hari. Pengunjung yang datang ke Pantai Wisata Ngebum dapat melakukan kegiatan berkemah. Ketika memiliki keinginan untuk berkemah, wisatawan dapat melakukan izin ke pengelola pantai tersebut.

Harga Tiket Masuk Pantai Wisata Ngebum

Untuk memasuki kawasan Pantai Wisata Ngebum pengunjung hanya perlu membayar retribusi tiket masuk dengan harga sebesar Rp 5000,00. Pengunjung juga perlu untuk menyiapkan biaya parkir sekitar Rp 2.000 sampai dengan Rp 10.000

Daya Tarik Pantai Ngebum

Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Ngebum untuk menghabiskan waktunya. Simak penjelasan dibawah ini tentang daya tarik pantai Ngebum.

1. Pemandangan Pantai yang membentang

Di Pantai Wisata Ngebum, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan alam pantai ditemani angin serta pepohonan yang rindang. Pengunjung dapat melepas penat dan stress dari aktivitas sehari-hari di pantai ini. Selain itu, pengunjung juga dapat bermain pasir ataupun air disekitaran bibir pantai atau sekedar bermain ombak pantai Ngebum

2. Wahana Permainan

Pantai Ngebum memiliki wahana permainan menarik seperti bermain perahu ban disekitaran pantai, menyewa ATV, dan lain-lain.

3. Melakukan Camping

Apabila pengunjung ingin berkemah disekitaran pantai, pengunjung dapat melakukan camping disekitaran pantai. Melakukan camping, pengunjung perlu izin ke pengelola pantai.

Pengunjung dapat menyewa perlengkapan camping disekitaran pantai serta mendirikan tenda sambil melakukan bakar-bakar ikan disekitaran pantai.

Tidak perlu kawatir dengan fasilitas karena pantai Ngebum menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap seperti area parkir luas, mushola, toilet, penginapan, wahana permainan, gazebo, spot foto, dan beberapa warung makanan yang menjual ikan dari pantai langsung.

Demikian informasi mengenai Pantai Ngebum yang dapat menjadi pilihan destinasi saat berada di daerah Kendal. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan serta bermanfaat bagi para pembaca. Have a nice day!

Scroll to Top
Chat Admin Disini