Liburan Musim Hujan

Tips Merencanakan Liburan di Musim Hujan

Musim hujan adalah musim dengan curah hujan yang lebih banyak dari biasanya serta berlangsung dalam jangka waktu tertentu. Indonesia merupakan negara tropis, jadi sudah wajar jika Indonesia mengalami musim hujan tiap tahunnya. Ketika Anda melakukan perjalanan liburan atau wisata saat musim hujan, alangkah baiknya Anda mempersiapkan hal tersebut secara matang-matang agar liburan dapat berjalan lancar.

Musim hujan sebenarnya bukan waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan liburan. Why? Karena kegiatan liburan outdoor mungkin saja akan terganggu ketika terjadi hujan, hal itu menjadi salah satu alasan mengapa musim hujan kurang cocok dipilih sebagai waktu liburan. Meskipun demikian, liburan musim hujan juga bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan, apabila sebelum melakukan kegiatan liburan musim hujan melakukan suatu persiapan sebagai berikut:

Tips Liburan Musim Hujan

· Tentukan Lokasi Tujuan Liburan

Sudah menjadi hal yang wajar dilakukan pertama dalam suatu perencanaan liburan adalah tujuan lokasi yang ingin dituju. Sebab hal ini sangat berkaitan erat dengan tips-tips liburan musim hujan selanjutnya. Ketika Anda memilih lokasi tujuan liburan, sebaiknya Anda menjadi selektif terhadap lokasi tujuan liburan. Jangan sampai kegiatan liburan Anda terganggu, sebab Anda salah memilih tempat wisata yang tepat. Hal yang perlu Anda hindari adalah pemilihan tempat yang rawan bencana seperti banjir, dan angin topan atau jangan sampai Anda memilih tempat liburan outdoor yang sangat rawan terkena sambaran petir. Mengerikan bukan? Maka tentukan lokasi tujuan sebaik mungkin agar wisata Anda terasa menyenangkan dan juga aman.

· Tinjau Prakiraan Cuaca

Cuaca menjadi hal yang sangat berdampak besar dalam melakukan kegiatan liburan. Lancar atau tidaknya kegiatan liburan sangat ditentukan bersahabat tidaknya cuaca yang terjadi. Maka sebaiknya sebelum Anda melakukan liburan ke mana pun, biasakan untuk memeriksa prakiraan cuaca untuk lokasi yang ingin Anda kunjungi. Hal tersebut dapat Anda lihat menggunakan berbagai aplikasi cuaca di smartphone Anda yang dapat Anda unduh dari secara gratis.

· Gunakan Pakaian Nyaman dan Simpel

Musim hujan sangat identik dengan jalan yang berlumpur. Hindari penggunaan pakaian yang berat dan sulit kering, seperti pakaian bahan jeans atau wol. Jadi sebaiknya Anda membawa dan menggunakan pakaian yang sifatnya ringan, fungsional, dan mudah kering (poliester, rayon, dan sifon). Selanjutnya dalam pemilihan alas kaki yang Anda gunakan, sebaiknya berupa sAndal gunung atau sepatu boots dengan sol karet yang sifatnya mudah kering dan tidak licin saat terkena air.

· Bawa Perlengkapan yang Mendukung

Perlengkapan yang Anda bawa sebaiknya jas hujan yang mudah dilipat dan dibawa ke mana pun, alih-alih membawa payung yang ribet dalam penyimpanannya. Penggunaan jas hujan memungkinkan Anda bergerak lebih bebas dan fleksibel dibandingkan jika menggunakan payung. Serta pastikan barang bawaan Anda aman dari air hujan dengan menggunakan cover bag yang bersifat water resist, selain hal itu penggunaan casing handphone anti air juga sangat diperlukan untuk melindungi smartphone Anda. Hal terakhir yang perlu Anda bawalah handuk kecil, hal ini bermanfaat agar Anda tidak mudah terkena sakit dalam perjalanan liburan.

· Pilih Armada Transportasi

Tips selanjutnya adalah pilihlah armada transportasi yang tepat. Sangat kurang efektif apabila liburan menggunakan kendaraan roda dua, alangkah baiknya Anda menggunakan mobil atau kendaraan lain yang terlindung dari hujan secara langsung. Jika Anda tidak memiliki mobil atau malas mengendarai mobil tersebut, Anda bisa menggunakan layanan sewa dari Andara Bus. Penggunaan armada tranportasi seperti bus sangatlah cocok, sebab akan membuat perjalanan liburan menjadi lebih menyenangkan dan tidak begitu melelahkan. Ketika Anda menggunakan armada bus Anda tidak perlu meneduh ketika terjadi hujan, sehingga akan menghemat waktu perjalanan liburan Anda.

· Jaga Kesehatan

Memasuki waktu musim penghujan, tak heran jika hujan terus mengguyur di berbagai daerah. Suhu udara mulai turun dan cuaca semakin panas. Penurunan suhu ini perlu diimbangi dengan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Pola makan dan makanan yang lebih sehat menjadi aspek penting dalam menjaga kesehatan pada musim hujan, hal ini bertujuan untuk memenuhi asupan nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Asupan nutrisi dan gizi yang harus Anda penuhi adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air dan serat. Dengan demikian tubuh Anda tetap sehat walau beraktivitas di luar ruangan saat musim hujan.

· Mandi Setelah Kehujanan

Tidak aneh bahwa Anda akan mengalami kehujanan atau basah dalam kegiatan liburan, bahkan dalam cuaca dingin, usahakan cuci diri Anda dengan air hangat dan bersih serta sabun untuk membersihkan mikroorganisme penyebab penyakit. Setelah itu, minumlah minuman hangat agar suhu tubuh kembali normal.

· Cari Alternatif

Tips terakhir yang kami berikan adalah carilah alternatif liburan wisata yang lain. Anda dapat mengganti liburan di luar ruangan dengan liburan indoor, seperti mengunjungi pameran seni atau menggunjungi museum.

Demikian tips liburan musim hujan yang dapat kami berikan kepada Anda yang ingin melakukan liburan musim hujan, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi Anda. Untuk masalah transportasi dalam hal liburan percayakan hal tersebut kepada Andara Bus, yang telah berpengalaman dalam menemani berbagai customer dalam perjalanan wisata mereka. Informasi lengkap dan pemesanan sewa armada transportasi dapat Anda lihat pada website Andara Bus atau sewa bus pariwisata Jakarta agar mendapatkan hal menarik lainnya.

Have A Nice Day 😊

Scroll to Top
Chat Admin Disini