Curug Cinulang

7 Wisata Curug Bandung yang Lagi Hits

Bandung memiliki berbagai macam obyek wisata yang menarik, salah satunya adalah wisata curug Bandung. Bermain di air terjun bisa menjadi liburan lain yang murah dan tentunya menyenangkan. Bandung memiliki banyak air terjun dengan pesona tersendiri. Oleh karena itu, Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk mengisi waktu liburan Anda.  Kondisi alam Bandung sendiri sebenarnya dikelilingi oleh pegunungan. Inilah sebabnya mengapa ada begitu banyak air terjun dan curug di daerah tersebut. Sebagian besar curug di Bandung juga memiliki suasana pegunungan yang sejuk dengan air yang jernih dan udara yang bersih. Bagi masyarakat yang setiap hari dibuat stres karena tekanan pekerjaan, berlibur ke curug bisa menjadi pilihan tepat. Wisata curug Bandung tersebar di berbagai lokasi seperti curug Maribaya, Curug Penganten, Curug Siliwangi, dan masih banyak lagi. Untuk itu, berikut 7 Curug di Bandung bisa menjadi referensi liburan Anda di akhir pekan.

Rekomendasi Wisata Curug Bandung

Curug Maribaya

Wisata Curug Bandung yang pertama adalah Curug Maribaya. Curug ini terletak di Kampung Cikondang Lamajang Pangalengan, CIbodas, Kecamatan Lembang, Bandung Barat. Wisata alam yang indah menjadi daya tarik tersendiri dari wisata alam di Lembang ini. Suasana Curug Maribaya yang tenang dan nyaman bisa menjadi jawaban akan keinginan masyarakat Bandung dan sekitarnya untuk menghabiskan liburannya.

Orang Bandung di sekitar air terjun ini memberi nama lain, yaitu Curug Oma. Pemandangan dari curug Maribaya sendiri yang tingginya 30meter ini dikelilingi oleh banyak pepohonan hijau yang asri. Selain itu, bebatuan besar yang mengelilingi air terjun juga menjadi daya tarik tersendiri untuk spot foto para pengunjung. Setelah puas bermain air di curug Maribaya, Anda bisa melihat-lihat pemandian air panas di lokasi yang sama dengan tempat wisata ini.

Curug Malela

Salah satu curug yang masuk ke dalam rekomendasi Wisata Curug Bandung adalah Curug Malela. Curug Malela sendiri berada di Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Bandung Barat. Terletak di Gunung Kendeng, curug ni memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan memiliki aliran sungai yang lurus. Curug ini merupakan yang tertinggi dari enam air terjun lainnya yang mengalir dari sungai yang sama. Oleh karena itu, wisatawan dapat melihat pemandangan yang berbeda dari tujuh curug, dan total panjang air terjun melebihi 1 km.

Air terjun ini juga dikenal sebagai Niagara versi Indonesia. Aliran yang berasal dari curug cukup deras, dengan bebatuan hitam yang dilintasi oleh air mengalir. Pengunjung bisa menggunakan tangga untuk mencapai dasar air terjun. Wisatawan yang berfoto di bawah air terjun biasanya berfoto dengan hati-hati karena bebatuannya basah dan licin.

Curug Siliwangi

Wisata Curug Bandung

Objek wisata alam pada daerah Gunung Puntang ini mempunyai udara sejuk serta pemandangan yang masih sangat asri. Aliran air terjunnya tidak terlalu deras namun cocok dan cantik buat foto-foto. Suasana yg sejuk pada ketinggian membuat objek wisata curug Bandung satu ini cocok buat liburan akhir pekan Ketika kamu ingin menenangkan diri & menyegarkan pikiran. Fasilitas pada Curug Siliwangi relatif lengkap lantaran memang berada pada Kawasan perhutani.

Wisatawan disediakan warung, toilet, & mushola pada Kawasan Curug Siliwangi. Apabila ingin mencicipi suasana malam, wisatawan bisa mencoba kemah pada bumi perkemahan Gunung Puntang yang berada satu area dengan Curug Siliwangi. Objek wisata ini berada di Kawasan Campakmulya, Kecamatan Cimaung, Bandung.

Curug Cimahi

Curug Cimahi merupakan salah satu curug yang masuk kedalam wisata curug Bandung., untuk Curug Cimahi sendiri terletak di Jalan Kolonel Masturi No. 325, Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat. Dinamakan air terjun tertinggi di Bandung, Curug Cimahi adalah salah satu tempat wisata alam paling populer di daerah sekitarnya. Aliran air terjun yang tingginya sekitar 87 meter ini cukup deras.

Anda bisa menikmati indahnya suasana di dekat air terjun dan berfoto-foto, namun harus tetap berhati – hati dan menjaga keselamatan diri. Destinasi wisata ini berada di ketinggian sekitar 1050 meter di atas permukaan laut, sehingga memiliki suasana yang sangat sejuk dan asri. Fasilitas di tempat wisata ini, seperti rest area tersedia dalam perjalanan menuju air terjun sangat baik. Wisatawan dapat menggunakan tangga untuk mencapai air terjun. Kondisinya sangat terawat dan aman bagi wisatawan yang ingin melewati air terjun.

Curug Penganten

Wisata Curug Bandung

Air terjun setinggi 50 meter ini merupakan salah satu objek wisata Cisarua di  Bandung. Berada di ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut, tempat ini memiliki udara yang sejuk. Suasananya sangat bagus dan pengunjung bisa beristirahat dengan nyaman karena masih sedikit wisatawan yang datang ke air terjun ini. Fasilitas di destinasi wisata alam ini terbilang minim. Tempat parkir yang ada menggunakan lahan dari kotamadya sekitarnya. Warung dan toilet juga belum tersedia. Walaupun minim fasilitas, curug yang satu ini cocok untuk para petualang yang menyukai tantangan dari jalur track yang tersedia untuk mencapai curug Penganten. Lalu untuk letak objek wisata ini berada di Padaasih, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat.

Curug Dago

Curug Dago berada di Jalan Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, objek wisata curug termasuk wisata yang patut layak untuk Anda kunjungi. Daya tarik dari curug ini sendiri adalah adanya peninggalan sejarah dari kerajaan Thailand yang berupa dua prasasti batu tulis. Objek wisata ini menjadi salah satu wisata air terjun yang mudah dijangkau oleh wisatawan dan jalur untuk ke curug pun tidak sulit.

Wisatawan yang datang ke Curug Dago masih tergolong sedikit. Kondisi air terjun yang kurang menarik membuat curug ini jarang dikunjungi wisatawan. Lokasinya yang dekat dengan pemukiman menyebabkan lingkungan di sekitar air terjun ini tidak begitu asri dan airnya pun yang tidak terlalu jernih. Hal tersebut membuat curug ini kurang menarik minat para turis.

Curug Cinulang

Wisata Curug Bandung

Air terjun ini sangat erat kaitannya dengan mitos sosial tentang jodoh dan pasangan. Banyak peminat yang datang dan berharap hubungan mereka akan terus berlanjut. Meski hanya mitos, air terjun ini menarik banyak wisatawan. Tentu saja, pesona air terjun ini sendiri terletak pada pemandangan yang ditawarkannya.

Pemandangan air terjun dan pepohonan hijau di sekitarnya sangat menyegarkan untuk bersantai dan melepas lelah. Karena ketinggian sebagian besar wilayah Bandung, suasana alam di sekitar air terjun ini juga sangat sejuk. Jembatan yang terbuat dari bambu yang berada di bawah air terjun bisa dijadikan sebagai spot foto para wisatawan yang berkunjung. Curug Cinulang merupakan salah satu dari rekomendasi wisata curug Bandung.

Demikian adalah rekomendasi curug yang sedang booming di Kawasan Bandung. Jika kamu ingin berkunjung ke lokasi, kamu wajib menaati protocol Kesehatan. Mari Bersama – sama meningkatkan Kembali perekonomian pariwisata Indonesia. Selalu percayakan urusan transportasi Anda di Sewa Bus Jakarta, demi kenyamanan dan keamanan perjalanan.

Scroll to Top
Chat Admin Disini