wisata simpang lima gumul

Simpang Lima Gumul: Sejarah, Lokasi, Daya Tarik, Harga Tiket

Apakah Anda akan mengunjungi Kediri menggunakan travel atau bus dari Andarabus? Mengunjungi Kediri kurang rasanya jika tidak datang ke destinasi wisata yang ada di Kediri. Simak salah satu destinasi wisata Kediri yaitu Simpang Lima Gumul dari Andarabus.

Simpang Lima Gumul

Mengenal wisata yang terletak di Kabupaten Kediri yaitu Monumen Simpang Lima Gumul merupakan salah satu bangunan yang menjadi ikon Kediri. Bangunan yang dijadikan wisata ini memiliki bentuk menyerupai Ar de Triomphe yang berada di Paris, Perancis.

Simpang Lima Gumul berdiri secara megah dijadikan sebagai objek wisata bagi masyarakat Kediri dan pelancong yang datang ke Kediri. Bangunan Simpang Lima Gumul dikenal megah karena memiliki luas bangunan sebesar 804 meter persegi berada di tumpu 3 tangga 3 meter dari dasar pura, serta tinggi 25 meter. Apabila berada di atap monumen Simpang Lima Gumul, wisatawan akan dapat menyaksikan keseluruhan panorama Kabupaten Kediri dari atas.

Objek wisata simpang lima gumul juga sebagai pusat ekonomi dan perdagangan Kabupaten Kediri. Banyak beberapa penjual yang berada di kawasan Simpang Lima Gumul ini. Selain itu, wisata ini merupakan wisata yang wajib dikunjungi selama berada di Kediri.

Sejarah Simpang Lima Gumul

Bangunan Simpang Lima Gumul merupakan bangunan yang mirip dengan Arc de triomphe, namun bangunan ini adalah versi dari kearifan lokal kediri. Adanya bangunan Simpang Lima Gumul tidak jauh dari filosofi bangunan yang dapat dilihat dari arsitektur dan relief. Pada Arsitektur dan relief bangunan Simpang Lima Gumul Kediri menceritakan sejarah kediri dan kebudayaan dari kediri yang dilestarikan hingga saat ini.

Bangunan Simpang Lima Gumul dibangun sejak tahun 2003 dan diresmikan pada Tahun 2008. Simpang Lima Gumul ini dibangun berada di pusat pertemuan lima arah jalan yaitu menuju Pare, Kediri, Plosoklaten, Pesantren, serta Menang.

Dibangunnya Simpang Lima Gumul yang mirip dengan bangunan di Paris yaitu Arc de Triomphe atas dasar filosofi bangunan Arc de Triope yang dibangun untuk menghormati pejuang yang bertempur untuk Prancis dalam rangka revolusi. Bangunan Simpang Lima Gumul pun begitu, untuk menghormati pejuang.

Namun juga beberapa sumber menyebutkan bahwa dibangunnya Simpang Lima Gumul terinspirasi dari cita-cita Raja Jongko Joyoboyo yang juga sebagai Raja Kerajaa Kediri pada abad 12 yang ingin menyatukan lima wilayah Kabupaten kediri.

Pada Bangunan Simpang Lima Gumul terdapat patung Ganesha yaitu salah satu dewa pujaan umat Hindu. Adanya Patung tersebut memiliki filosofi atas penolak bala, perlindungan, dan kebijaksaan bagi Kediri.

Lokasi Simpang Lima Gumul

Simpang Lima Gumul ini menjadi pusat pertemuan dari lima jalan yang mengarah ke beberapa tempat di kediri seperti Plosoklaten, Pare, Gampengrejo, Pagu, dan Pesantren. Lokasi tepat Simpang Lima Gumul berada pada Tugurejo, Kec. Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64182.

Simpang Lima Gumul berada pada kawasan yang strategis dan dilengkapi berbagai sarana umum seperti gedung pertemuan, gedung serbaguna, Bank daerah, terminal bus, dan lain-lain.

Apabila ingin mengunjungi Simpang Lima Gumul, wisatawan dapat menggunakan google maps yang akan mengarahkan rute terbaik untuk sampai pada destinasi wisata tersebut.

Wisatawan yang ingin datang ke Simpang Lima Gumul dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa sewa kendaraan berupa travel atau menyewa bus. Menyewa bus dapat dilakukan di Andara bus. Andara bus merupakan penyedia layanan jasa sewa seperti travel dan kendaraan untuk rombongan dengan armada terlengkap serta pelayanan yang memuaskan.

Jam Buka Simpang Lima Gumul

Simpang Lima Gumul buka selama 24 jam. Wisatawan datang ke objek destinasi Simpang Lima Gumul pada hari Senin hingga Minggu.

Tiket Masuk Simpang Lima Gumul Kediri

Jika anda tertarik untuk mengunjungi Simpang Lima Gumul anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk masuk karena untuk masuk Kawasan Simpang Lima Gumul pengunjung digratiskan. Namun anda perlu mempersiapkan untuk harga parkir sekitar Rp 2000 bagi kendaraan roda dua dan Rp 5000-Rp 10.000 untuk kendaraan besar seperti mobil maupun bus.

Daya Tarik Simpang Lima Gumul

Banyak wisatawan pelancong yang datang ke Kediri untuk menikmati indahnya bangunan yang mirip dengan Arc de Triomphe. Selain bangunan yang megah dan indah terdapat beberapa daya tarik dari destinasi wisata ini.

1. Ruang Bawah Tanah

Bangunan Simpang Lima Gumul memiliki keunikan yaitu ruang bawah tanah. Pengunjung yang ingin sampai ke pusat bangunannya dapat melewati ruang bawah tanah. Pada ruang bawah tanah, pengunjung akan melewati tangga-tangga dan pigora foto-foto sejarah bangunan tersebut.

2. Taman Hijau

Di sekitaran bangunan Simpang Lima Gumul terdapat beberapa spot menarik taman hijau yang memiliki banyak wahana untuk anak-anak seperti playground, tempat olahraga basket, skate park, kolam ikan, gazebo untuk nongkrong, dan lain-lain.

Kawasan simpang lima gumul juga dijadikan tempat olahraga lari bagi sebagian warga lokal kediri. Selain itu, juga terdapat jajanan yang lengkap di kawasan tersebut. Pengunjung dapat datang di pagi hari maupun malam hari karena tempat ini tidak sepi pengunjung.

3. Spot foto Menarik

Di simpang lima gumul terdapat beberapa spot foto menarik seperti di bangunan megahnya, di taman, dan di tempat-tempat lain.

Pengunjung juga dapat menikmati view melihat indahnya kabupaten kediri dari atas karena terdapat tangga yang memiliki bentuk seperti tower untuk melihat sekitaran kediri dari tangga tersebut.

Demikian informasi mengenai wisata Simpang Lima Gumul Kediri yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata selama berada di Kediri. Semoga informasi ini dari Andarabus dapat menambah wawasan bagi para pembaca.

Jika Anda ingin bepergian keluar kota menggunakan jasa sewa Kendaraan, Anda dapat menggunakan sewa di Andara bus. Andara bus merupakan perusahaan penyedia jasa layanan sewa kendaraan seperti mobil, bus, dan travel dengan pelayanan memuaskan bagi para calon penumpang.

Scroll to Top
Chat Admin Disini