wisata goa selomangleng

Goa Selomangleng: Mitos, Lokasi, Jam Buka dan Daya Tarik

Apakah Anda akan bepergian ke Kediri menggunakan kendaraan Andarabus? Kurang rasanya jika tidak mengunjungi salah satu destinasi wisata Kediri. Simak wisata Goa Selomangleng yang menjadi pilihan destinasi saat berada di Kediri.

Goa Selomangleng Kediri

Salah satu destinasi wisata yang berada di Kediri adalah Goa Selomangleng. Goa Selomangleng ini merupakan sebuah goa buatan dibentuk menggunakan batu andesit berwarna hitam. Tempat ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Kahuripan atas pimpinan Raja Erlangka.

Goa Selomangleng berada di kaki gunung klotok memberikan keindahan alam serta udara yang masih sejuk. Tempat ini merupakan tempat wisata yang besar di Kota Kediri.

Goa Selomangleng sebagai destinasi wisata yang bersejarah selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan di akhir pekan maupun liburan panjang.

Berada di Goa Selomangleng, pengunjung juga dapat menikmati indahnya gunung Klotok. Gunung klotok ini memiliki view yang indah. Selain itu, beberapa kegiatan dapat dilakukan di tempat seperti berenang karena terdapat kolam renang yang luas, menikmati hiburan kesenian daerah kediri di hari minggu, menaiki wahana, dan lain-lain.

Mitos Goa Selomangleng

Goa Selomangleng terkenal sebagai tempat pertapaan putri Erlangga untuk menjauhkan diri dari kehidupan duniawi. Nama Selomangleng berasal dari dua kata yaitu Selo yang berarti Batu dan Mangleng adalah miring. Goa selomangleng ini atas dasar posisi goa yang tampak seperti miring.

Kisah Goa Selomangleng adalah dahulunya di Kediri terdapat kerajaan Kahuripan dipimpin oleh Raja Erlangga berasal dari Bali. Setelah akhir masa kepemimpinan raja Erlangga menyerahkan tahta kepada sang putri yaitu Sangramawijaya Tungga Dewi. Sang Putri menolak titah sang raja karena memilih untuk menjadi seorang petapa dan menyepi pada sebuah goa yang sekarang dikenal dengan Goa Selomangleng.

Putri Kediri tersebut meninggalkan kehidupan dunia dengan melakukan tapa barata sampai akhirnya mendapatkan gelar Dewi Kili Suci.

Lokasi Goa Selomangleng

Wisata Goa Selomangleng berada di Jl. Selomangleng, Pojok, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur 64115. Rute Goa Selomangleng sangat mudah karena lokasinya tidak jauh dari jalan raya. Pengunjung dapat menggunakan Google maps untuk sampai ke lokasi tersebut.

Para pengunjung dapat menggunakan Kendaraan seperti mobil atau kendaraan umum. Apabila Anda ingin mengunjungi wisata Goa Selomangleng, Anda dapat menggunakan jasa sewa bus atau kendaraan di Andara bus. Andara bus menyediakan berbagai kebutuhan kendaraan dengan pelayanan memuaskan.

Jam Buka Goa Selomangleng

Goa Selomangleng memiliki jam operasional dari pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Pengunjung dapat datang pada hari Senin hingga Minggu. Di hari libur atau weekend wisata Goa Selomangleng cukup ramai pengunjung sehingga Anda perlu menyiapkan lebih awal untuk datang ke lokasi.

Harga Tiket Masuk Goa Selomangleng

Wisata Goa Selomangleng cukup terjangkau karena untuk memasuki kawasan tersebut pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000, 00 per orang. Selain itu, pengunjung perlu menyiapkan biaya retribusi parkir sebesar Rp 2.000, 00 untuk tiap motor dan Rp 5.000,00 untuk kendaraan mobil atau bus.

Daya Tarik Goa Selomangleng

Banyak wisatawan yang datang mengunjungi Goa Selomangleng. Beberapa daya tarik yang menjadikan tempat ini selalu rama pengunjung diantaranya sebagai berikut.

1. Bangunan Sejarah yang Indah

Goa Selomangleng dikenal sebagai peninggalan kerajaan Putri Kediri. Bangunan goa selomangleng membuat orang takjub kagum karena kejauhan memang hanya terlihat seperti bongkahan hitam saja. Namun saat didekati akan tampak beberapa pahatan berupa relief yang menghiasi dinding batu.

Pada sekitar mulut goa, harus menyusuri beberapa anak tangga yang landai dan mudah untuk dilalui. Wisata Goa Selomangleng juga memiliki dua pintu besar dan satu pintu yang mirip dengan jendela batu memiliki ukuran sangat kecil dan sempit.

Pada pintu lain, tempatnya lebih luas dibanding yang tadi dan saling terhubung satu sama lain. Di sekitar Goa pengunjung juga akan menemukan dupa yang sangat berbau menyengat saat memasuki kawasan goa.

2. Terdapat Makam Keramat

Di sekitaran goa pengunjung dapat menemukan makam keramat yang berada di atas bukit. Makam tersebut perupakan makam perintis wilayah Kediri yaitu Tumenggung Mojoroto, Mbah Boncolono, dan Tumenggung Poncolono.

3. Museum Erlangga

Pengunjung yang datang ke Goa Selomangleng akan menemukan museum yang bersejarah yaitu museum Erlangga. Museum ini berada di area Goa Selomangleng Kediri. Pada museum pengunjung akan menemukan benda – benda bersejarah dari berbagai zaman seperti batu andesit yang menjadi jejak Panji di Kediri.

4. Menikmati Hiburan Kesenian

Pengunjung yang datang ke sekitaran Goa Selomangleng pada hari minggu atau liburan panjang akan menikmati hiburan yang jarang sekali ada di Kediri seperti tarian kesenian kuda lumping atau Jaranan.

5. Berenang di Kolam Renang

Pengunjung yang membawa anak-anak juga dapat mengajak untuk berenang bermain air di kawasan Goa Selomangleng. Untuk berenang akan dikenai tarif sekitar 5 ribu rupiah per orang. Area kolam renang juga cukup luas memiliki kolam anak dan kolam dewasa. Selain itu, juga akan menemukan permainan di air seperti seluncuran.

6. Wahana Permainan

Pengunjung yang datang bersama keluarga juga dapat menikmati wahana permainan seperti kuda berputar, mobil tenaga aki, dan menyewa kuda untuk mengelilingi kawasan goa selomangleng.

Demikian informasi mengenai wisata Goa Selomangleng Kediri. Semoga informasi yang diberikan oleh andara bus dapat menambah wawasan bagi pembaca apabila sedang mengunjungi Kediri.

Apabila Anda membutuhkan kendaraan untuk rombongan, dapat menggunakan jasa pelayanan Andara bus yang dapat mengantarkan Anda dan rombongan hingga sampai tujuan.

Scroll to Top
Chat Admin Disini