Yuk Berkenalan dengan 5 Model Bus! 

Sering menyadari ada HD, SHD, atau DD pada ekor atau ujung akhir nama sebuah bus yang akan Anda naiki? Adanya embel-embel tersebut bukan sekadar untuk hiasan saja, lho! Sebab, bagian tersebut sebenarnya menunjukkan singkatan dari model bus yang akan Anda tersebut. Nah, agar lebih lengkap dan jelas, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Model Bus Non-High Deck (Non-HD), atau Normal Deck

model bus Normal Deck

 

Model bus yang satu ini sudah bisa dikatakan sangat jadul karena sudah tak lagi terlihat di jalanan. Akan tetapi, jika Anda sudah sering naik bus bahkan sejak sebelum tahun 2009, Anda pasti pernah melihat dan menaiki bus non-HD. Sebab, salah satu ciri utama bus non-HD yang paling mudah dikenali adalah adalah “kuburan” mesin yang berada di samping tempat duduk pengemudi.

Di samping itu, tempat duduk pengemudinya juga sejajar atau sama tingginya dengan area tempat duduk penumpang. Model non-HD ini juga paling sering melayani perjalanan kelas ekonomi.

Model Bus High Deck (HD)

model Bus High Deck

 

Jika dibandingkan jenis non-HD, bus HD punya lantai yang lantai yang lebih tinggi. Model yang satu ini mulai muncul sejak tahun 2009-an, yang ditandai dengan kehadiran bus New Marcopolo produksi Adi Putro, Phoenix-nya Trisakti, dan Legacy-nya Laksana.

Hingga saat ini, bus HD sebenarnya masih cukup banyak digunakan dengan tinggi bus 3400 s.d 3500 mm. Salah satu ciri utama bus HD yang menonjol adalah posisi tempat duduk pengemudi yang lebih rendah dibandingkan tempat duduk penumpang.

Model Bus Super High Deck (SHD)

Bus Super High Deck

 

Pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2015, bus model SHD awalnya dibangun dengan sasis Scania K360iB dan langsung jadi andalan beberapa PO populer di Indonesia. Setelah itu, bus SHD dibangun di atas sasis Hino RK8 dan Mercedes-Benz OH1839 sehingga menambah variasinya.

Bus model SHD punya tinggi kisaran 3900 mm, dengan bagasi yang lebih luas. Bahkan, sepeda motor pun bisa masuk ke dalam bagasinya, lho! Selain itu, bus SHD juga punya kaca ganda untuk kaca depan, memiliki sekat pembatas, grill bagian belakang yang lebih tinggi daripada bus HD, serta bodi yang lebih panjang, gagah, dan elegan.

Model Bus High Deck (HDD) dengan Double Glass (DG)

 

Model yang satu ini merupakan pengembangan dari model SHD dan paling ideal dibuat di atas sasis yang di luar spesifikasi SHD. Dari luar, bus HDD DG punya bodi yang lebih rendah dibandingkan SHD, tapi tingginya sama. Bus ini memiliki wiper yang ada di atas atau roof, dan jumlahnya hanya satu. Selain itu, interiornya cukup lega dan kursi penumpang dapat diatur dengan konfigurasi 2-2 maupun 2-3.

Model Bus Double Decker (DD), atau Bus Tingkat

Bus Double Decker

 

Untuk saat ini, bisa dibilang kalau bus DD adalah model yang paling terkenal. Selain digunakan untuk armada bus pariwisata atau antar kota antar provinsi (AKAP), model bus DD alias bus tingkat juga diminati untuk kebutuhan wisata lokal, seperti yang sudah diterapkan di beberapa kota di Indonesia. Contohnya Bandung, Solo, dan Semarang.

Pasalnya, model bus DD memudahkan penumpang untuk menikmati pemandangan secara leluasa, terutama dari bagian atau lantai atas. Sedangkan untuk kebutuhan bus pariwisata atau AKAP, bus DD sangat disukai karena memiliki daya tampung penumpang yang lebih banyak dalam satu kali jalan.

Di Indonesia sendiri, bus DD pertama kali diperkenalkan pada 2015, bebarengan dengan bus SHD. Sedangkan sasis yang digunakan untuk model ini biasanya Scania K410iB, Man R37, dan Mercedes-Benz OH2654.

sewa bus pariwisata jakarta andara

Tentang Andara BUS – Perusahaan Sewa Bus Pariwisata

Andara Bus By AJB Tours and Trans merupakan perusahaan Sewa Bus Pariwisata Jakarta Terkemuka. Kami menyediakan jasa sewa bus pariwisata untuk keperluan perjalanan wisata / pribadi maupun bisnis. Seperti tour, study tour, ziarah / religi, KKL, gathering, outbound, pernikahan, arisan, rombongan mudik dan lainnya. Kami bekerjasama / rekanan dengan berbagai PO Bus Pariwisata terkemuka di Jabodetabek, Jawa, Bali, Sumatra dan Sulawesi sehingga kami dapat memberikan pilihan armada dan layanan yang luas untuk klien kami.

Dengan harga yang sangat bersaing / negotiable, menyesuaikan dengan kualitas dan budget anda, kami akan mencarikan armada untuk kebutuhan perjalanan wisata anda. Tanpa harus repot bernegosiasi / tawar menawar / menelepon satu per satu PO Bus, pusing membandingkan harga sewa yang ditawarkan, ragu dengan kualitas dan fasilitas armadanya. Silahkan hubungi kami yang akan memberikan informasi lengkap untuk anda.

Tinggalkan Balasan