jawa timur

14 Oleh-oleh Khas Jawa Timur yang Terkenal Wajib dibeli

Apakah Anda akan liburan bersama rombongan ke Jawa Timur? Setelah liburan biasanya kita akan membeli buah tangan untuk keluarga di rumah. Jika Anda berencana ke Jawa Timur dan bingung membeli oleh-oleh yang pas untuk keluarga di rumah, tenang saja karena Andara bus akan merekomendasikan 14 oleh-oleh khas Jawa Timur yang terkenal dan wajib di beli.

Jawa Timur merupakan bagian dari pulau Jawa memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Biasanya wisatawan yang datang ke Jawa Timur berasal dari daerah lain.

Banyak wisatawan yang datang liburan ke Jawa Timur beserta dengan rombongan. Liburan bersama rombongan tentunya membutuhkan kendaraan yang muat untuk orang banyak.

Saat ini jika ingin pergi liburan bersama rombongan membutuhkan kendaraan besar tidak perlu cemas karena telah banyak penyedia sewa kendaraan seperti sewa bus pariwisata.

Salah satu penyedia sewa kendaraan terpercaya di Jakarta adalah Andara bus. Andara bus menyediakan berbagai armada terlengkap untuk memenuhi kebutuhan pariwisata, pernikahan, perjalanan dinas, dan perjalanan lainnya.

Penyedia jasa sewa kendaraan Andara bus memiliki komitmen untuk mengantarkan klien dengan aman dan nyaman. Kualitas armada yang diberikan juga tidak perlu diragukan lagi. Klien akan puas dengan pelayanan dari Andara bus.

Andara bus akan mengantarkan perjalanan kemana saja tujuan Anda bersama rombongan salah satunya ke Jawa Timur.

Berikut ini, jika Anda pergi ke Jawa Timur untuk liburan bersama rombongan dan bingung membeli buah tangan yang cocok untuk keluarga, simak informasi 14 oleh-oleh khas Jawa Timur yang terkenal wajib dibeli.

1. Brem

Oleh-oleh khas Jawa Timur

Oleh-oleh khas Jawa Timur pertama ialah Brem. Brem ini berasal dari Madiun. Buah tangan ini mungkin tidak asing bagi masyarakat umum. Makanan ini memiliki bentuk persegi, padat, dan berwarna krem. Brem terbuat dari sari ketan putih yang mengalami proses fermentasi. Proses pembuatan brem ini relatif lama. Cita rasa dari brem ini nikmat manis legit dan meleleh di mulut.

Brem ini dapat ditemukan di pusat oleh-oleh di Jawa timur. Saat ini brem terdapat jenis variasi rasa yang beragam seperti rasa stroberi, coklat, durian, serta variasi rasa lainnya.

2. Wingko Babat

Oleh-oleh khas Jawa Timur

Oleh-oleh khas Jawa Timur kedua yakni wingko babat. Wingko babat berasal dari Lamongan. Makanan ini sebelumnya dikenalkan oleh Loe Soe Siang yang pindah dari Tiongkok ke Lamongan.

Wingko babat adalah jenis camilan yang terbuat dari kelapa parut, tepung ketan putih, gula, santan, daun pandan serta telur ayam. Cita rasa dari wingko babat ini manis dan nikmat di mulut. Makanan ini hingga saat ini masih eksis bahkan dijadikan sebagai buah tangan bagi para wisatawan yang datang ke Lamongan. Buah tangan ini dapat ditemukan di pusat oleh-oleh.

3. Gethuk Pisang

Oleh-oleh khas Jawa Timur

Oleh-oleh khas Jawa Timur ketiga yakni Gethuk Pisang. Gethuk pisang berasal dari Kota Kediri. Jajanan ini merupakan makanan tradisional turun temurun. Gethuk kediri terbuat dari bahan dasar pisang yang disajikan dengan dikemas menggunakan daun pisang.

Makanan tradisional gethuk pisang dibuat dengan cara pisang dihancurkan ditambah dengan gula kelapa dan direbus hingga mengental. Kemudian makanan ini dibentuk dengan daun pisang. Bentuknya yang mirip dengan lontong, cara memakan gethuk pisang dengan cara diiris lalu disajikan. Cita rasa dari gethuk pisang adalah manis dan lezat. Jajanan ini dapat ditemukan pada pusat oleh-oleh di daerah Kediri.

4. Kue Bagiak

Oleh-oleh khas Jawa Timur

Oleh-oleh khas Jawa Timur keempat ialah Kue Bagiak. Kue Bagiak berasal dari Banyuwangi. Makanan ini memiliki bentuk lonjong dan panjang seperti telunjuk. Jajajan khas Banyuwangi ini memiliki tekstur yang keras namun lembut dan meleleh saat digigit.

Kue Bagiak terbuat dari telur, susu, tepung kanji, kelapa parut, seta perasa. Makanan ini memiliki rasa manis, asin dan renyah. Jika ingin mencoba kue Bagiak dapat ditemukan di pusat oleh-oleh Banyuwangi.

5. Keripik Buah

Oleh-oleh khas Jawa Timur

Oleh-oleh khas Jawa Timur kelima yakni keripik buah khas Malang. Camilan ini sangat terkenal oleh para wisatawan yang berkunjung di Malang. Keripik buah ini terdapat beberapa jenis seperti buah apel, nangka, rambutan. kelengkeng, salak, dan lain-lain. Namun yang lebih terkenal ialah keripik buah apel. Hal ini karena kota Malang disebut sebagai kota apel.

Keripik buah apel cocok dijadikan sebagai buah tangan jika liburan ke Jawa Timur. Jika tertarik untuk membeli keripik buah, Anda dan rombongan dapat membelinya di pusat oleh-oleh di Malang.

6. Petis

petis

Oleh-oleh khas Jawa Timur keenam ialah Petis. Petis ini berasal dari daerah Sidoarjo. Sebenarnya petis merupakan olahan dari udang atau rebon yang kemudian dijadikan sebagai tambahan untuk pembuatan makanan seperti rujak. Petis memiliki cita rasa yang unik cenderung gurih asin. Jika tertarik untuk membeli petis dapat ditemukan di pasar-pasar di daerah Sidoarjo.

7. Manco

Oleh-oleh khas Jawa Timur

Oleh-oleh khas Jawa Timur ketujuh yakni Manco. Manco berasal dari Trenggalek. Kue Manco adalah jajanan yang terbuat dari adonan tepung ketan yang digoreng hingga crispy. Saat dimakan, rasanya lembut dengan gula merah yang melapisi dan ditaburi biji wijen. Kue ini memiliki berbagai bentuk, seperti lonjong, segitiga, atau tak beraturan.

Camilan ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke Trenggalek. Jika tertarik untuk membeli manco dapat ditemukan di pusat oleh-oleh di Trenggalek.

Anda saat berada di Trenggalek dapat mengunjungi toko oleh-oleh bersama Andara bus sewa bus luxury.

8. Bolu Kuwuk

Oleh-oleh khas Jawa Timur

Oleh-oleh khas Jawa Timur kedelapan adalah Bolu Kuwuk. Bolu Kuwuk ini berasal dari Banyuwangi. Camilan ini memiliki bentuk bundar dan kecil seperti bolu dengan tekstur kering. Meskipun memiliki tekstur yang kering dan keras. Makanan ini lembut saat digigit.

Bolu kuwuk nikmat disantap dengan kopi atau teh hangat saat sore hari. Camilan bolu kuwuk memiliki cita rasa rempah dan gula aren sehingga memiliki rasa yang lezat. Apabila tertarik untuk membeli bolu kuwuk dapat ditemukan di toko oleh-oleh khas Banyuwangi.

9. Sale Anggur

Oleh-oleh khas Jawa Timur

Oleh-oleh khas Jawa Timur kesembilan ialah Sale Anggur. Sale Anggur berasal dari Pacitan. Makanan ini terbuat dari buah pisang tapi berbentuk seperti anggur makanya disebut sebagai sale anggur.

Cara pembuatan sale anggur ini melalui proses panjang seperti pengeringan, pengasapan, dan diberikan natrium bisulfat. Makanan ini dibuat dari bahan dasar pisang raja. Rasa dari sale pisang ini yaitu manis karena dicampur dengan gula. Makanan ini dapat ditemukan di toko buah tangan di Pacitan.

10. Enting-Enting Geti

Oleh-oleh khas Jawa Timur

Oleh-oleh khas Jawa Timur kesepuluh yakni Enting-Enting Geti. Makanan ini terkenal di sekitaran tulungagung dan Blitar. Enting-enting geti terbuat dari kacang tanah, wijen, dan gula merah.

Camilan khas Jawa Timur, Enting-enting geti memiliki cita rasa yang gurih dan manis tidak heran banyak wisatawan yang ingin mencoba makanan ini. Enting-enting geti biasanya ditemukan saat acara-acara tertentu. Namun saat ini tidak perlu kawatir karena sudah tersedia di pusat oleh-oleh di daerah Tulungagung dan Blitar.

11. Dumbleg

Oleh-oleh khas Jawa Timur

Oleh-oleh khas Jawa Timur kesebelas yakni Dumbleg. Dumbleg berasal dari Nganjuk. Makanan ini merupakan jajanan tradisional yang memiliki bentuk mirip lontong namun memiliki tekstur seperti dodol.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Dumbleg hampir sama dengan pembuatan dodol, namun berbeda dalam penampilan dan kemasannya. Dumbleg dibalut dengan pelepah pinang dan diikat dengan tali rafia. Makanan ini memiliki cita rasa tidak terlalu manis sedikit gurih dengan tekstur yang lembut.

Dumbleg memiliki dua varian yaitu putih dan merah. Penyebab perbedaan varian ini yaitu pada penggunaan jenis gula yaitu gula merah pada varian dumbleg merah. Dumbleg merah memiliki cita rasa yang manis sedangkan putih lebih gurih.

12. Jubada

Oleh-oleh khas Jawa Timur

Oleh-oleh khas Jawa Timur kedua belas yakni Jubada berasal dari Sumenep, Madura. Makanan ini memiliki rasa yang manis dengan perpaduan sedikit rasa jahe. Jubada terbuat dari bahan dasar tepung jagung, tepung tapioka, air nira, dan gula pasir yang dimasak dalam waktu tertentu. Setelah dimasak, makanan ini dijemur pada terik matahari supaya kering.  Jika tertarik untuk membeli Jubada dapat ditemukan di pusat oleh-oleh yang ada di Madura.

13. Ledre

Oleh-oleh khas Jawa Timur

Oleh-oleh khas Jawa Timur ketiga belas adalah Ledre. Ledre ini berasal dari Bojonegoro. Nama ledre berasal dari kata ngeledre yang memiliki makna pembuatan ledre. Ledre dibuat dengan bentuk lembaran pipih yang kemudian digulung satu persatu.

Cita rasa dari ledre ini lembut dan manis serta beraroma khas pisang. Jenis pisang yang digunakan pembuatan ledre ialah pisang raja. Saat digigit ledre akan terasa krispi dan mudah halus. Biasanya makanan ini dapat ditemukan di pusat oleh-oleh di daerah Bojonegoro.

14. Tape Bondowoso

Oleh-oleh khas Jawa Timur

Oleh-oleh khas Jawa Timur terakhir adalah Tape Bondowoso. Tape Bondowoso seperti namanya berasal dari Bondowoso. Camilan ini sangat terkenal oleh wisatawan yang berkunjung di Bondowoso. Tape Bondowoso terbuat dari singkong yang difermentasikan sehingga memiliki cita rasa tape yang manis dan khas.

Camilan tape Bondowoso ini selain memiliki rasa yang manis juga lembut saat digigit. Anda akan ketagihan saat mencoba tape Bondowoso ini. Jika tertarik untuk membeli Tape Bondowoso dapat ditemukan di pusat oleh-oleh khas Bondowoso. Namun tidak perlu kawatir jika tidak ke Bondowoso karena makanan ini banyak ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di Jawa Timur.

Sekian informasi mengenai 14 oleh-oleh khas Jogja terkenal informasi dari Andara bus. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Jika Anda bingung memilih kendaraan untuk keperluan liburan atau perjalanan lainnya bersama rombongan, Andara bus merekomendasikan sewa hiace luxury Jakarta.

Scroll to Top
Chat Admin Disini