30 Tempat Wisata Solo Hits Instagramable 2023

Halo warga Andara bus, memasuki waktu liburan tiba tentunya perlu untuk mengetahui destinasi wisata hits dan instagramable untuk dikunjungi. Simak informasinya dari Andara bus tentang 30 tempat wisata solo hits instagramable 2023.

Mengenal Andara bus

Andara bus merupakan perusahaan jasa sewa bus pariwisata Jakarta terbaik menyediakan jasa sewa dengan armada terlengkap dari hiace ekonomi, hiace luxury, bus ekonomi hingga bus luxury.

Selain armada terlengkap, Andara bus melayani calon penumpang dengan sepenuh hati. Bahkan Anda akan disarankan tempat terbaik untuk dikunjungi.

Berikut 30 tempat wisata yang dapat dikunjungi di Solo hits dan instagramable terbaru 2023. Simak penjelasan berikut ini.

1. The Heritage Palace

tempat wisata solo hits

Rekomendasi pertama tempat wisata solo hits dan instagramable adalah the Heritage Palace yang berlokasikan di jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo rt.002/rw.008, Honggobayan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57169.

Tempat wisata the heritage Palace merupakan tempat hits dan memiliki spot-spot foto instagramable. Biaya masuk kawasan ini cukup terjangkau sekitar Rp 30.000 untuk tiap orang. Pengunjung akan menemukan spot foto yang menarik seperti museum seni dan arena bermain untuk anak. Datang ke The Heritage Palace, pengunjung dapat menuju tempat wisata mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Bangunan-bangunan di dalam The Heritage Palace yang dapat ditemukan seperti museum 3D Trick Art, dan beberapa spot arsitektur ala Eropa yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

2. Keraton Surakarta Hadiningrat

tempat wisata solo hits

Rekomendasi tempat wisata kedua di solo hits dan instagramable adalah keraton Surakarta Hadiningrat yang berlokasikan di Jl. Kamandungan, Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144.

Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan istana kerajaan yang megah dibangun sejak tahun 1744. Di tempat ini pengunjung dapat menemukan museum seni, artefak, dan senjata. Kurang rasanya jika ke Solo tidak tour ke keraton Surakarta Hadiningrat. Kawasan keraton Surakarta buka setiap hari senin- minggu kecuali hari jumat dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB. Biaya masuk kawasan ini terjangkau sekitar Rp 10.000.

3. Solo Safari

tempat wisata solo hits

Rekomendasi ketiga tempat wisata Solo hits dan instagramable ialah Solo Safari yang berada di Jl. Ir. Sutami No.109, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126 buka dari pukul 08.30 sampai dengan pukul 16.30.

Kawasan Solo Safari merupakan tempat wisata yang sudah lama namun dirombak ulang. Di Solo Safari pengunjung akan menemukan berbagai jenis hewan. Tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak untuk mengenalkan berbagai jenis hewan. Biaya tiket masuk terjangkau mulai dari Rp 45.000.

4. Benteng Vastenburg

tempat wisata solo hits

Rekomendasi tempat wisata keempat di Solo hits dan instagramable ialah Benteng Vastenburg. Benteng ini merupakan peninggalan kolonial Belanda sejak tahun 1700an. Vastenburg berlokasikan di Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133.

Benteng Vastenburg merupakan cagar budaya yang berlokasikan di tengah kota saat ini menjadi destinasi wisata bagi wisatawan yang datang ke Solo. Memasuki kawasan Benteng Vastenburg biaya cukup murah yaitu Rp 5000 saja. Di Benteng Vastenburg pengunjung dapat berkeliling area cagar budaya dan mengenali benda-benda bersejarah yang berada di kota Solo.

5. Kampung Batik Kauman

tempat wisata solo hits

Rekomendasi tempat wisata Solo hits dan instagramable oleh Kampung Batik Kauman. Wisata ini berlokasikan di Jl. Trisula III No.1, Kauman, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57112 buka dari pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Destinasi wisata Kampung Batik kauman merupakan kawasan perkampungan pengrajin batik dengan suasana kampung yang lawas dan unik. Di tempat ini pengunjung dapat menemukan batik-batik yang beragam, proses pembuatan, serta spot-spot foto unik dan instagramable. Pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh batik di Kampung Kauman ini tentunya dengan harga yang lebih ekonomis.

6. Tumurun Private Museum

tempat wisata solo hits

Tempat wisata Solo Hits dan instagramable adalah Tumurun Private Museum yang berlokasikan di Jl. Kebangkitan Nasional No.2, RW.4, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141. Tumurun Private Museum merupakan museum privat yang dimiliki oleh keluarga pendiri perusahaan tekstil besar yaitu Keluarga Luminto.

Museum tumurun buka dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Tumurun Private Museum dapat dikatakan museum milik keluarga, namun masyarakat umum dapat masuk secara gratis untuk menikmati pemandangan yang indah berupa karya seni seniman Indonesia. Pengunjung akan banyak menemukan spot foto menarik dan estetik di tempat ini.

7. Pura Mangkunegaran

tempat wisata solo hits

Rekomendasi ketujuh tempat wisata solo hits dan instagramable yaitu Pura Mangkunegaran yang berlokasikan di Jl. Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131. Kawasan ini buka dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB.

Pura Mangkunegaran merupakan tempat bersejarah yang dibangun sejak tahun 1757. Pengunjung dapat memasuki kawasan Pura Mangkunegaran dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 40.000. Memasuki Pura Mangkunegaran pengunjung dapat melakukan tour wisata mengelilingi area Pura ditemani oleh tour guide untuk dapat mengenali apa saja yang ada di kawasan tersebut. Selain itu, pengunjung juga akan menemukan spot-spot foto menarik dan estetik.

8. Taman Sriwedari

tempat wisata solo hits

Tempat wisata Solo hits dan instagramable oleh taman Sriwedari yang berada di Jl. Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141. Area taman ini buka selama 24 jam.

Taman Sriwedari adalah kawasan destinasi wisata yang cocok dikunjungi saat ke Solo. Pengunjung akan menemukan spot menarik di tempat ini seperti penangkaran rusa, tempat nongkrong, pertunjukan wayang, dan hiburan lainnya.

9. Taman Tirtonadi

tempat wisata solo hits

Rekomendasi tempat wisata Solo hits dan instagramable ialah Taman Tirtonadi berlokasikan di Jl. A. Yani, Gilingan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57134. Kawasan ini buka selama 24 Jam. Pengunjung yang datang ke taman Tirtonadi dapat menikmati indahnya sunga Bengawan Solo yang bergerak tenang. Tempat ini cocok untuk bersanta dan piknik.

Taman Tirtonadi menawarkan beberapa daya tarik seperti kawasan yang bersih, asri, dan udaranya segar. Banyak warga sekitar Solo yang datang ke Taman Tirtonadi untuk bersantai dan melakukan olahraga seperti jogging, jalan-jalan, dan lain-lain.

Pengunjung akan menemukan spot foto menarik bahkan menikmati matahari terbit dan tenggelam. Selain itu, terdapat spot jajanan sehingga tidak perlu takut jika kelaparan.

10. Museum Radya Pustaka

tempat wisata solo hits

Rekomendasi tempat wisata Solo hits dan instagramable oleh Museum Radya Pustaka Solo. Museum ini merupakan museum sejarah sejak abad ke 19 berlokasikan di Jl. Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141.

Radya Pustaka memiliki jam operasional dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB setiap hari Selasa-Minggu. Koleksi dari museum Radya Pustaka beragam dan menarik. Disini wisatawan dapat menemukan koleksi seperti wayang, senjata, uang kuno, patung, arca, dan masih banyak lagi. Museum Radya Pustaka disebut sebut sebagai museum tertua di Indonesia yang berada di Solo.

11. Kampung Wisata Budaya Baluwarti

tempat wisata solo hits

Rekomendasi kesebelas tempat wisata Solo hits dan instagramable oleh kampung wisata budaya Baluwerti. Lokasi dari kampung wisata budaya ini berada di Jl. Sasono Mulyo No.3, Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57114.

Di kampung wisata Budaya Baluwarti pengunjung dapat mengenali potensi-potensi dari warga Baluwerti yang dikembangkan menjadi tourist attraction berbasis wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi. Kampung Budaya Baluwerti menyediakan berbagai pilihan wisata seperti kuliner khas, cooking class masakan jawa, belajar tari gamelan, merangkai kembar mayang, membuat topeng, wiru kain, karawitas dan nembang, wayang beber, batik, menari jawa, menggunakan busana jawa, produksi keris, dan produksi jamu. Pengunjung akan mengenali budaya jawa yang begitu menarik di tempat ini.

12. Tugu Lilin

tempat wisata solo hits

Rekomendasi tempat wisata solo yakni tugu lilin solo yang berlokasikan di Penumping, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Kawasan ini merupakan tempat bersejarah Kebangkitan Nasional. Tugu lilin memiliki bentuk mirip lilin dengan api puncak memiliki filosofi yaitu sebagai simbol penerang harapan dalam meraik kemerdekaan. Pengunjung dapat berfoto di tempat ini.

13. Night Market Ngarsopuro

tempat wisata solo hits

Rekomendasi tempat wisata Solo hits dan instagramable oleh Night Market Ngarsopuro yang berlokasikan di Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131. Kawasan ini merupakan area pasar malam yang diadakan setiap akhir pekan dengan berbagai pedagang kerajinan tangan, makanan, hingga live musik.

Kawasan Night Market Ngarsopuro buka setiap Jumat dan Sabtu dari pukul 17.00 WIB hingga 23. oo WIB.  Di tempat ini pengunjung dapat menikmati suasana malam kota Solo sambil bersantai. Jika ingin membeli oleh-oleh berupa barang antik, batik, dan kerajinan tentu saja dapat ditemukan di Night Market Ngarsopuro.

14. Taman Monumen 45 Banjarsari

tempat wisata solo hits

Rekomendasi tempat wisata Solo hits dan instagramable adalah Monumen 45 Banjarsari yang berlokasikan di Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139. Kawasan ini merupakan kawasan wisata di Solo dengan playgorund dan kawasan yang rindang.

Taman Monumen 45 Banjarsari cocok dikunjungi untuk menghabiskan waktu. Bangunan taman Monumen 45 Banjarsari terdapat relief terpahat yang menarik untuk disimak. Selain itu, di tempat ini terdapat spot untuk olahraga yang dapat menambah kenyamanan.

15. Monumen Pers Nasional

tempat wisata solo hits

Rekomendasi tempat wisata Solo oleh Monumen Pers Nasional yang terletak di Jl. Gajahmada No.59, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57132. Wisata ini merupakan museum dengan perpustakaan, dan koleksi barang antik seperti mesin ketik jadul, telepon, jadul, dan surat kabar.

Memasuki kawasan monumen pers nasional tidak dipungut biaya tiket masuk. Pengunjung akan merasakan pengalaman baru memasuki monumen pers nasional yang terdapat banyak koleksi pers pada jaman dahulu.

16. Taman Cerdas Jebres

tempat wisata solo hits

Rekomendasi tempat wisata Solo hits dan instagramable ke 27 oleh taman cerdas kelurahan Jebres yang berlokasikan di Jl. Ki Hajar Dewantara RT02 RW25, Jebres, Jl. Surya I Tengah No.25, RT.03/RW.25, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126. Area taman ini buka dari pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Taman Cerdas Jebres merupakan taman sekaligus area bermain yang cocok untuk dikunjungi saat di Solo. Pengunjung akan menemukan banyak spot menarik dari permainan anak, atraksi air mancur, stand makanan, dan fasilitas yang memadai seperti kamar mandi dan area mushola.

Di taman Cerdas Jebres juga terdapat banyak miniatur-miniatur yang cocok dijadikan sebagai spot foto seperti dinosaurus, robot, tokoh perwayangan, dan lain-lain. Ke Solo tentunya harus mampir ke taman cerdas jebres. Pengunjung juga dapat menemukan spot perpustakaan jika senang membaca buku.

17. Goa Maria Mojosongo

Goa Maria Mojosongo

Rekomendasi tempat wisata Solo oleh Goa Maria Mojosongo yang berlokasikan di Kampung, Jl. Debegan, RT.4/RW.5, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127. Kawasan ini merupakan gereja kontemporer yang begitu indah dan estetik.

Pengunjung banyak yang datang ke lokasi Goa Maria Mojosongo untuk beribadah. Tempat ini sejuk dan menenangkan sehingga tidak heran banyak wisatawan yang datang.

18. Dalem Kalitan

Dalem Kalitan

Rekomendasi tempat wisata Solo hits dan instagramable oleh Dalem Kalitan yang berlokasikan di Timuran, Penumping, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131. Tempat wisata buka dari pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Dalem Kalitan merupakan destinasi wisata rumah peninggalan Soeharto. Di kawasan Dalem Kalitan pengunjung dapat menemukan barang-barang koleksi yang masih terawat dan bersejarah. Arsitektur dari rumah Dalem Kalitan begitu estetik sehingga cocok untuk menambah koleksi foto Anda.

20. Vihara Dhamma Sundara

Vihara Dhamma Sundara

Rekomendasi tempat wisata Solo hits dan instagramable yakni Vihara Dhamma Sundara. Tempat wisata ini berada di Jl. Ir. Juanda No.223B, Pucangsawit, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57128 buka dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

Vihara Dhamma Sundara merupakan tempat ibadah umat Buddha namun semua masyarakat dapat mengunjungi kawasan ini. Pengunjung akan disuguhkan pemandangan vihara yang indah dan hijau. Di tempat ini banyak ditemukan spot foto menarik. Diharapkan jika mengunjungi vihara untuk menjaga sopan santun dan tidak mengganggu orang yang ibadah.

21. Taman Sekartaji

Taman Sekartaji

 

Rekomendasi tempat wisata Solo hits dan instagramable yaitu Taman Sekartaji yang berlokasikan di Jl. Tentara Pelajar No.77, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126. Taman Sekartaji buka dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Taman Sekartaji merupakan taman kota yang dikelola oleh Pemerintah Solo. Kawasan ini memiliki pemandangan hijau yang terdiri dari pepohonan rindang dan sejuk sehingga udara terasa asri. Taman Sekartaji Solo selalu dirawat rutin oleh pemerintah Solo. Di tempat ini sering dijadikan destinasi untuk jalan-jalan dan olahraga bagi masyarakat Solo.

22. Museum Keris Nusantara

Museum Keris Nusantara

Rekomendasi tempat wisata Solo hits dan instagramable yaitu Museum Keris Nusantara yang berlokasikan di Jl. Bhayangkara No.2, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141. Museum Keris Nusantara memiliki jam operasional dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB setiap hari selasa hingga minggu.

Di kawasan Museum Keris Nusantara pengunjung dapat menemukan warisan budaya jawa, seni, artefak, dan senjata khas daerah. Memasuki kawasan ini pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 10.000. Pengunjung akan menikmati sajian ribuan keris dan spot perpustakaan, ensiklopedia, buku-buku kaweruh, serat centini, dan lain-lain. Kawasan ini cocok dikunjungi untuk mengenal sejarah.

23. Taman Balekambang

23. Taman Balekambang

Rekomendasi tempat wisata Solo hits dan instagramable oleh Taman Balekambang yang berlokasikan di Jl. Balekambang, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139. Taman Balekambang merupakan taman kota dengan penangkaran rusa yang ada di dalamnya. Pengunjung dapat memberi makan rusa dengan kangkung yang dijual di area tersebut. Selain itu, di kawasan ini terdapat bangku-bangku untuk istirahat di area balekambang.

Taman Balekambang disebut sebagai ruang terbuka yang memiliki udara sejuk dan rindang. Terdapat fasilitas beragam yang ada di Balekambang yait area olahraga, jalan santai, piknik keluarga, dan berswa foto bersama rusa.

24. Air Mancur Menari Manahan

Air Mancur Menari Manahan

Rekomendasi tempat wisata Solo hits dan instagramable oleh Air Mancur Menari Manahan. Wisata ini berlokasikan di Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139 dan buka setiap hari selama 24 jam.

Kawasan Air Mancur Menari Manahan menarik karena terdapat air mancur yang setiap malam banyak lampu-lampu cocok untuk dijadikan spot foto. Air Mancur menari Manahan disebut-sebut sebagai air mancur ala Tokyo. Di kawasan ini terdapat atraksi air yang dilengkapi dengan animasi dan suara. Tidak heran apabila kawasan air mancur Menari Manahan selalu ramai pengunjung.

25. Alun-Alun Kidul Surakarta

Alun-Alun Kidul Surakarta

Rekomendasi tempat wisata Solo hits dan instagramable yaitu alun-alun kidul Surakarta yang berlokasikan di alun alun kidul, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57118.

Alun-alun Kidul Surakarta beroperasi dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Wisata ini merupakan salah satu bagian dari kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang berada di selatan area Keraton. Alun-alun Kidul Surakarta sering dijadikan sebagai spot jajanan dan tempat pasar malam yang banyak wahana. Jika ke Surakarta, tentunya wajib ke Alun-alun kidul Surakarta untuk menikmati jajanan khas Solo.

26. De’ Tjolomadoe

 De' Tjolomadoe

Rekomendasi tempat wisata Solo hits dan instagramable oleh De’ Tjolomadoe. Destinasi wisata ini merupakan pusat kebudayaan dan pameran di pabrik gula saat abad ke 19. De’ Tjolomadoe berlokasikan di Jl. Adi Sucipto No.1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Kec. Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57177 merupakan destinasi wisata Solo yang terkenal.

Kawasan wisata De’Tjolomadoe beroperasi mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB setiap hari. Biaya masuk kawasan De’ Tjolomadoe adalah Rp 40.000. Wisata ini cocok disebut sebagai wisata sejarah karena banyak ditemukan fakta unik dibalik dibangunnya bangunan pabrik gula yang terkenal di zaman Hindia-Belanda.

27. Ponten Ngebrusan

Ponten Ngebrusan

Rekomendasi tempat wisata Solo hits dan instagramable ialah Ponten Ngebrusan yang merupakan bangunan bersejarah jejak Mangkunegara VII. Lokasi ponten Ngebrusan berada di Jl. Ngebrusan, Kestalan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133. Kawasan ini buka dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB.

Ponten Ngebrusan adalah peninggalan sejarah yang hingga saat ini masih dirawat dan dilestarikan. Bangunan sejarah ini adalah fasilitas MCK pada kerajaan Mangkunegara VII dengan arsitektur Belanda dan lokal yang menghasilkan bentuk bangunan bagus serta menarik. Wisatawan banyak yang mengunjungi tempat ini untuk berfoto karena bangunan tersebut estetik.

28. Alun-Alur Lor Surakarta

Alun-Alur Lor Surakarta

Rekomendasi tempat wisata Solo hits dan instagramable oleh alun-alun Surakarta yang berada di Jl. Alun Alun Utara, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133. Selain alun-alun kidul, tentunya Solo memiliki alun-alun lor.

Alun-alun Lor Surakarta sering dijadikan spot untuk masyarakat Solo menghabiskan waktu sorenya. Pengunjung di area ini dapat menemukan spot jajajan, oleh-oleh batik, dan lain-lain sehingga di alun-alun utara pengunjung dapat menghabiskan waktu sekaligus membeli oleh-oleh khas Solo.

29. Omah Lowo

Omah Lowo

Rekomendasi tempat wisata Solo hits dan instagramable oleh Omah Lowo yang berlokasikan di Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57147. Wisata ini merupakan bangunan pusaka yang ada di Solo.

Omah Lowo memiliki bangunan dengan arsitektur Eropa yang disulap menjadi caffee oleh Batik Keris Grup. Di tempat ini pengunjung dapat menemukan taman hias dan museum dengan koleksi unik. Pengunjung juga dapat membeli produk UMKM yang ada di Solo pada tempat ini serta berfoto ria dengan pemandangan estetik.

30.Gedung Djoeang 45 Solo

Gedung Djoeang 45 Solo

Rekomendasi tempat wisata Solo hits dan instagramable oleh Gedung Djoeang 45 Solo yang berlokasikan di Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Kawasan ini merupakan bangunan bersejarah yang ada di kota Surakarta.

Gedung Djoeang 45 Solo terdapat banyak spot foto yang unik. Disini juga terdapat restaurant gelato dan snack yang wajib di coba. Gedung Djoeang 45 Solo memiliki konsep warisan budaya Solo yang mempertahankan keaslian tanpa adanya bangunan tambahan. Tidak hanya area gedung itu sendiri, tetapi juga sekitarnya yang masih memancarkan nuansa arsitektur Belanda yang khas. Kawasan Gedung Djoeang 45 Solo dahulunya digunakan sebagai pemukiman orang – orang Eropa.

Sekian informasi dari Andara bus tentang 30 tempat wisata di Solo hits dan instagramable cocok untuk dikunjungi bersama rombongan keluarga maupun teman dan kerabat. Semoga informasi yang diberikan oleh Andara bus dapat menambah wawasan bagi para pembaca.

Apabila Anda membutuhkan jasa sewa kendaraan terpercaya? tentunya pilih Andara bus dengan pengalaman dan pelayanan maksimal untuk para calon penumpang. Dapatkan penawaran harga terbaik untuk sewa kendaraan seperti hiace luxury, hiace ekonomi, bus ekonomi hingga bus luxury.

Scroll to Top
Chat Admin Disini