solo surakarta

15 Macam Oleh-oleh Khas Solo yang Paling Terkenal Tahan Lama

Apakah Anda sedang berada di Solo dan mencari oleh-oleh khas Solo paling terkenal dan tahan lama. Simak informasinya dari Andara bus tentang 15 macam oleh-oleh khas Solo paling terkenal dan tahan lama.

Liburan adalah kegiatan yang menyenangkan, apalagi liburannya dengan menggunakan kendaraan bus atau hiace serta bersama rombongan.

Saat ini jika ingin berlibur dengan menggunakan kendaraan besar seperti hiace atau bus tidak perlu kawatir karena banyak penyedia jasa sewa kendaraan terpercaya seperti Andara bus.

Andara bus merupakan salah satu penyedia jasa sewa kendaraan untuk memenuhi kebutuhan Anda melakukan perjalanan seperti wisata, acara pernikahan, perjalanan dinas dan lain-lain. Jasa sewa Andara bus menyediakan kendaraan dengan mesin prima diantaranya hiace luxury dan bus berbagai tipe ekonomi dan bus luxury.

Andara bus melayani calon penumpang dengan pelayanan maksimal. Bahkan Anda akan direkomendasikan tempat wisata terbaik.

Pergi mengunjungi tempat wisata tentunya akan memikirkan akan membawa oleh-oleh apa yang tepat untuk keluarga. Simak informasinya dari Andara bus tentang 15 Macam Oleh-oleh Khas Solo.

1. Serabi Notosuman

oleh-oleh khas solo

Rekomendasi pertama oleh-oleh khas Solo adalah Serabi Notosuman. Serabi Notosuman merupakan jajanan yang digunakan untuk upacara ritual di Solo. Makanan ini terbuat dari tepung beras, vanilla, pandan, gula, santan kelapa, dan garam dimasak menggunakan wajan kecil terbuat dari tanah liat dan dipanggang di atas arang.

Serabi Notosuman adalah identitas kuliner di Solo. Cita rasa dari Serabi Notosuman ini gurih manis legit. Serabi Notosuman saat ini memiliki banyak cita rasa dari gurih, pandan, strawberry, coklat, keju, dan bahkan durian. Menarik dari serabi Notosuman dibungkus dengan daun pisang yang digulung. Harga dari serabi Notosuman ini terjangkau mulai dari Rp 3.000.

2. Batik Solo

oleh-oleh khas solo

Rekomendasi oleh-oleh khas Solo kedua ialah Batik solo. Batik solo ini memiliki motif unik yatu motif batik keraton yang khas serta elegan. Oleh-oleh solo ini yaitu batik yang dijual berupa kain, baju, jaket, bahkan kerajinan tangan. Jika ingin membeli batik solo dapat ditemukan di Pasar Klewer. Disana wisatawan akan menemukan banyak jenis batik dan tentunya dengan harga beragam.

Wisatawan juga dapat mengunjungi kampung Kauman dan Laweyan yang merupakan sentra batik sehingga pengunjung dapat melihat pembuatan batik dan akan menemukan batik dengan harga terjangkau. Harga batik solo terjangkau mulai dari Rp 50.000.

3. Barang Antik

oleh-oleh khas solo

Oleh-oleh khas Solo yang wajib untuk dibawa pulang adalah Barang Antik. Solo terkenal dengan barang antik dalam berbagai bentuk, mulai dari alat elektronik hingga pernak-pernik kecil. Wisatawan dapat menemukan barang antik yang bervariasi di Pasar Triwindu.

Di sana, wisatawan akan menemukan barang-barang jadul yang telah ada sejak puluhan hingga ratusan tahun yang lalu dan masih terjaga dengan baik. Barang-barang antik ini cocok untuk dijadikan kenang-kenangan dan melengkapi koleksi barang jadul di rumah atau untuk oleh-oleh. Oleh-oleh solo berupa barang antik memiliki harga bervariasi mulai dari Rp25.000,00 untuk yang termurah, namun ada juga yang mencapai ratusan juta rupiah per barang.

4. Ampyang

oleh-oleh khas solo

Rekomendasi oleh-oleh khas Solo selanjutnya adalah Ampyang. Ampyang merupakan hasil olahan kacang tanah, gula merah, dan jahe yang dibentuk menjadi kepingan seperti rempeyek.

Kombinasi rasa manis dari gula merah dengan aroma pedas jahe, serta kelezatan kacang tanah yang sudah disangrai membuatnya sangat menggugah selera. Jajanan tradisional Solo ini sangat pas dinikmati sambil bersantai menikmati secangkir kopi atau teh di sore hari. Jika ingin mencoba Ampyang, Anda dapat menemukan di pusat oleh-oleh Solo dengan harga antara Rp 10.000 hingga Rp 50.000 tergantung ukuran kemasan.

5. Solo Floss Roll

oleh-oleh khas solo

Oleh-oleh khas Solo selanjutnya wajib untuk dicoba adalah Solo Floss Roll. Solo Floss Roll merupakan roti gulung abon khas solo dengan cita rasa roti lembut dan gurih yang memanjakan lidah. Menu dari Solo floss roll ini terdapat dua pilihan rasa yaitu pedas dan original, sedangkan abon isiannya dari abon sapi dan abon ayam asli yang menggugah selera. Jika tertarik dengan solo Floss roll, wisatawan dapat membelinya dengan harga antara Rp 65.000 hingga Rp 85.000 tergantung rasa yang diinginkan.

6. Serbat Jahe

oleh-oleh khas solo

Oleh-oleh khas Solo selanjutnya adalah Serbat jahe. Serbat Jahe merupakan minuman tradisional dari Solo yang terbuat dari berbagai rempah seperti jahe, sereh, dan rempah-rempah lainnya. Aroma khas jahe dan sensasi hangatnya memberikan banyak manfaat kesehatan, terutama saat cuaca dingin.

Untuk membuatnya, tidak terlalu sulit karena sudah tersedia dalam kemasan praktis berupa bubuk atau tablet yang siap diseduh. Cukup tuangkan air hangat, dan Anda bisa menikmati segelas hangat serbat jahe kapanpun dan di manapun Anda mau. Salah satu merek terkenal dari serbat jahe Solo adalah serbat jangkrik mas yang sudah lama beredar. Serbat jahe dapat ditemukan di pusat oleh-oleh solo. Harganya pun terjangkau mulai dari Rp 10.000 isi 10 buah.

7. Pukis Badran

oleh-oleh khas solo

Rekomendasi oleh-oleh khas Solo wajib untuk dicoba yaitu Pukis Badran. Pukis badran dapat disebut sebagai buah tangan kekinian dari solo. Berbeda dengan pukis- pukis lainnya, pukis badran memiliki banyak pilihan rasa yang wajib dicoba seperti variasi pukis manis dengan rasa original, cokelat, keju, meises, gula merah, kismis, dan kurma yang sangat lezat.

Tersedia juga pukis dengan rasa kekinian yang menggunakan oreo, abon sapi, daging sapi, kacang, dan cappuccino sebagai toping yang bisa dicoba. Harga dari pukis badran bervariasi mulai dari Rp 17.000 tergantung ukuran dan isi dalam satu kotaknya.

8. Blangkon Solo

Blangkon Solo

Rekomendasi oleh-oleh khas Solo terkenal dan tahan lama ialah Blangkon Solo. Selain batik solo, blangkon solo menarik minat para wisatawan untuk membeli oleh-oleh tersebut. Blangko solo ini berbeda dengan blangkon Jogja karena blangkon solo memiliki bagian belakang datar dan warna coklat. Jika tertarik membeli blangkon solo, wisatawan dapat menemukannya di pasar klewer dengan harga mulai dari Rp 25.000.

9. Abon Mesran

Abon Mesran

Rekomendasi oleh-oleh khas Solo selanjutnya wajib untuk dicoba ialah Abon Mesran. Abon mesran cukup terkenal di solo memiliki ciri khasyakni pada serat daging dan bumbu yang sangat terasa, dengan tambahan bawang goreng di dalamnya.

Terdapat dua jenis abon yang dapat dipilih, yaitu abon sapi dan abon ayam, dengan pilihan rasa manis dan pedas. Abon yang tahan lama cocok sebagai oleh-oleh dan camilan ketika Anda tiba di rumah. Harga dari abon mesran ini bervariasi mulai dari Rp 65.000 per bungkus.

10. Kremes Ayam Malioboro

Kremes Ayam Malioboro

Oleh-oleh khas Solo wajib untuk dibawa pulang adalah kremes ayam malioboro. Solo terkenal dengan rumah makan ayam kremes malioboro yang telah ada sejak tahun 1985 karena memiliki ayam kremes dengan bumbu khas. Rahasia kenikmatan Ayam Malioboro Solo terletak pada rasa kremesnya yang khas, karena terbuat dari sari ayam kampung asli.

Jika ingin membeli kremes dari ayam malioboro tanpa ayam sekarang mudah karena disediakan dalam bentuk toples. Wisatawan dapat menikmati kremes ayam malioboro dengan membelinya di rumah makan kremes ayam malioboro. Harga dari kremes ini sekitar Rp 22.000 hingga Rp 30.000 tergantung ukuran toples.

11. Roti Kecik

Roti Kecik

Rekomendasi oleh-oleh khas Solo yaitu Roti Kecik. Roti Kecik adalah salah satu kue tradisional khas Solo yang sangat disukai oleh Sinuhun Pakubuwono X, raja keraton Solo. Makanan ini memiliki tekstur yang cukup keras membuatnya lebih tepat disebut sebagai kue kering.

Roti Kecik memiliki bentuk panjang lonjong dan ukurannya kecil dengan rasa manis dan gurih saat digigit. Bahan utama roti ini terdiri dari campuran tepung beras ketan yang dipanggang sehingga dapat bertahan lama. Biasanya untuk mendapatkan satu bungkus roti kecik dijual dengan harga Rp 7.000 hingga Rp50.000 tergantung pada kemasannya.

12. Intip Solo

intip solo

Rekomendasi oleh-oleh khas Solo selanjutnya ialah Intip Solo. Intip Solo merupakan sebutan untuk kerupuk kerak nasi khas Solo yang telah ada sejak zaman dahulu. Bahan utamanya terbuat dari kerak nasi yang dicetak pada dandang atau kendi, kemudian digoreng hingga renyah.

Bentuk Intip Solo mirip dengan rengginang namun ukurannya lebih besar. Terdapat dua jenis Intip Solo yang dapat Anda coba, yaitu intip polos dan intip Solo yang disiram dengan gula jawa cair. Harga intip solo terjangkau sekitar RP 25.000 untuk ukuran yang besar.

13. Balung Kethek

balung khetek

Rekomendasi oleh-oleh khas Solo adalah balung kethek yang merupakan camilan jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia bermakna tulang monyet. Dinamai tulang monyet karena camilan ini memiliki tekstur keras dan berbentuk panjang seperti tulang.

Balung Kethek adalah keripik singkong yang dipotong memanjang, dikeringkan, dan digoreng sebelum disajikan. Meskipun termasuk camilan tradisional, Balung Kethek menawarkan beragam rasa. Saat ini, Anda dapat dengan mudah menemukan Balung Kethek dengan rasa gurih, pedas, manis, keju, balado, jagung manis, hingga ayam bakar. Harga dari balung kethek terjangkau sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 tergantung ukuran kemasannya.

14. Kerupuk Karak

kerupuk karak

Rekomendasi oleh-oleh khas Solo yaitu Kerupuk karak. Camilan Kerupuk karak terbuat dari nasi yang sudah dibumbui, kemudian ditumbuk hingga tipis dan dijemur sebelum akhirnya digoreng.

Kerupuk karak memiliki tekstur renyah dan cita rasa gurih yang khas, sehingga sangat enak sebagai teman menikmati berbagai hidangan. Di Solo, kerupuk karak biasanya disajikan bersama dengan panganan khasnya, yaitu cabuk rambak yang lezat. Harga kerupuk karak, baik dalam kondisi mentah maupun yang sudah matang, masih sangat terjangkau, sekitar Rp15.000 per bungkus.

15. Mata Maling

mata maling

Rekomendasi oleh-oleh khas Solo terakhir adalah mata maling. Mata maling terbuat dari kulit melinjo. Camilan ini termasuk ke dalam jenis keripik yang dibuat dari kulit melinjo bagian luar yang lembut.

Cara pembuatannya yakni kulit melinjo diberi bumbu dan dimasak hingga memiliki tekstur renyah dengan rasa pedas manis yang gurih. Mata maling sangat cocok dijadikan camilan saat bersantai atau sebagai oleh-oleh yang dibawa pulang dari Solo. Harga dari mata maling terjangkau yaitu mulai dari Rp 12.000 per bungkus ergantung pada ukuran kemasannya.

Sekian informasi dari andara bus tentang oleh-oleh solo yang dapat dibawa pulang dari kota Solo setelah menghabiskan waktu liburan. Semoga informasi yang diberikan oleh penulis dapat memberikan wawasan bagi para pembaca.

Scroll to Top
Chat Admin Disini