12 Oleh-oleh Khas Solo yang Terkenal Murah Namun Tetap Enak

12 Oleh-oleh Khas Solo yang Terkenal Murah Namun Tetap Enak

Anda sedang berlibur di Solo, tetapi bingung ingin membeli oleh-oleh apa? Artikel ini akan memberikan informasi pada Anda tentang daftar oleh-oleh khas Solo yang rasanya dijamin enak. 

Solo merupakan salah satu kota dengan budaya Jawa yang masih kental. Kota ini juga berdekatan dengan Yogyakarta. 

Ketika berkunjung ke Solo, Anda bisa mengunjungi destinasi wisata seperti keraton, museum, taman bermain, atau air terjun. Selain itu, Anda juga bisa menikmati suasana kota sekaligus kuliner khas Solo.

Kota Solo juga terkenal akan harga barang dan makanannya yang murah. Oleh karena itu, Anda bisa membawakan banyak oleh-oleh khas kota ini pada orang-orang di rumah. 

Oleh-Oleh Khas Solo

Memiliki kuliner khas yang beragam, membuat liburan terasa kurang lengkap jika tidak membawa oleh-oleh dari kota Solo ini. 

Berikut adalah daftar oleh-oleh yang bisa Anda beli di kota Solo.

1. Serabi Notosuman

Oleh-oleh khas kota Solo yang pertama yaitu serabi. Selain di Solo, ada juga surabi yang berasal dari Bandung. 

Perbedaan serabi Solo dan surabi Bandung yaitu pinggiran serabi Solo lebih renyah dan panjang. Selain itu, pengemasannya pun berbeda. Serabi Solo dikemas dengan cara digulung lalu dibungkus dengan daun pisang.

Serabi merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung beras, gula, daun pandan, dan santan. Kemudian, adonan serabi tersebut dimasak dengan tungku kecil hingga matang. 

Salah satu produk serabi khas Solo yang bisa Anda jadikan oleh-oleh yaitu serabi Notosuman. Serabi Notosuman ini hadir dalam berbagai varian rasa, seperti gurih, pandan, coklat, keju, stroberi, atau durian.

2. Bakpia Balong

Siapa bilang bakpia hanya ada di Jogja? Ternyata Solo juga punya versi bakpianya sendiri, loh.

Perbedaan Bakpia Balong dengan bakpia Jogja yaitu terletak pada ukurannya. Bakpia Balong memiliki ukuran yang lebih besar. Sama seperti bakpia Jogja, Bakpia Balong juga memiliki berbagai varian isi, seperti kacang hijau, kacang merah, coklat, keju, dan sebagainya.

3. Solo Floss Roll

Oleh-oleh khas kota Solo yang ketika yaitu Solo Floss Roll. Makanan ini merupakan roti gulung dengan isian abon sapi atau abon ayam. 

Roti ini bisa tahan selama empat hari pada suhu ruang, dan tujuh hari jika dimasukkan ke kulkas. Oleh karena itu, makanan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh. 

Sebagai tambahan informasi, Solo Floss Roll ini hadir dalam dua varian rasa, yaitu abon pedas dan abon original.

4. Kue Mandarijn Solo

Selain Solo Floss Roll, ada juga kue Mandarijn yang bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh untuk orang di rumah. Kue Mandarijn ini merupakan kue lapis yang terdiri dari warna coklat dan kuning. 

Anda bisa mendapatkan kue ini di Toko Roti Orion. Berbagai rasa yang bisa Anda pilih yaitu original, spesial, dan kismis.

5. Solo Pluffy

Ada juga Solo Pluffy yang bisa Anda jadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Solo. Pemilik usaha kue kekinian ini yaitu Jessica Mila. 

Kue ini memiliki berbagai varian rasa, seperti original, choco crunchy, double choco, cheese, green tea, red velvet, serta blueberry. Roti dengan tekstur lembut ini berisi krim serta dibalur berbagai topping di luarnya.

6. Pukis Badran

Selanjutnya ada oleh-oleh bernama Pukis Badran. Pukis sendiri merupakan kue tradisional yang masih banyak disukai oleh masyarakat.

Perbedaan kue pukis biasa dengan Pukis Badran ini yaitu Pukis Badran memiliki beragam variasi rasa. 12 varian rasa Pukis Badran yaitu original, cokelat, keju, meses, gula aren, kismis, kurma, kacang, oreo, cappucino, abon sapi, dan daging sapi.

Selain memiliki warna dan kemasan yang menarik untuk dijadikan oleh-oleh, Pukis Badran ini juga bisa bertahan 2 hingga 3 hari.

7. Roti Kecik

Berbeda dengan kue-kue sebelumnya yang merupakan kue basah, Roti Kecik bisa dibilang kue kering karena teksturnya yang cukup keras. 

Bahan dasar roti ini yaitu tepung beras ketan. Kemudian, adonan tepung beras ketan yang sudah dibentuk lonjong ini akan melalui proses pemanggangan. 

Salah satu merek roti kecik terkenal di Solo yaitu Roti Kecik Ganep.

8. Ampyang

Oleh-oleh selanjutnya yaitu Ampyang. Ampyang merupakan oleh-oleh khas kota Solo yang memiliki cita rasa manis. 

Bahan dasar makanan ini yaitu kacang tanah, gula merah, dan jahe yang kemudian dibentuk menjadi kepingan.

9. Klengkam Solo

Klengkam merupakan sebutan untuk kering kentang khas Solo. Kentang yang sudah diiris tipis-tipis akan digoreng lalu diberi bumbu rempah. 

Makanan ini memiliki cita rasa yang pedas sekaligus manis. Oleh sebab itu, selain menjadi camilan, Klengkam juga cocok untuk dimakan dengan nasi.

10. Abon Mesran

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh yang sudah pasti tahan lama, Anda bisa membeli abon dengan merek Mesran. 

Perbedaan Abon Mesran dengan abon lainnya yaitu Abon Mesran memiliki serat daging dan bawang goreng serta bumbunya yang begitu nikmat. 

Abon Mesran ini memiliki dua jenis yaitu abon sapi dan abon ayam. Selain itu, ada dua variasi rasa yang bisa Anda pilih, yaitu manis atau pedas.

11. Balung Kethek

Oleh-oleh khas kota Solo berikutnya memiliki nama yang cukup unik. Nama Balung Kethek memiliki arti tulang monyet. 

Dinamakan Balung Kethek, karena makanan ini berbentuk panjang dengan tekstur yang sangat keras mirip seperti tulang. 

Makanan ini merupakan sejenis keripik singkong, tetapi ukurannya lebih tebal dan panjang. Saat ini, Balung Kethek hadir dengan berbagai rasa seperti gurih, pedas, manis, balado, keju, ayam bakar, dan jagung manis.

12. Serbat Jahe

Selain makanan, ada juga oleh-oleh minuman khas kota Solo bernama Serbat Jahe. Serbat Jahe ini terbuat dari campuran jahe, serai, dan aneka rempah lainnya. 

Oleh-oleh ini hadir dengan kemasan bubuk atau tablet siap seduh. 

Penutup

Demikian rekomendasi oleh-oleh khas Solo. Karena terkenal dengan harga barangnya yang murah, Anda bisa membeli banyak oleh-oleh di kota Solo.

Scroll to Top
Chat Admin Disini