Taman Balekambang

7 Rekomendasi Wisata Solo Terbaik

Anda mungkin salah satu dari banyak keluarga luar kota yang merencanakan liburan wisata di Solo. Di Indonesia, ada banyak pilihan tempat wisata, termasuk Solo.

Jika Anda dan keluarga sedang traveling atau masih berencana ke Solo tapi belum punya tempat untuk dikunjungi, berikut beberapa tempat wisata menarik di Solo yang bisa Anda jadikan referensi.

Rekomendasi Wisata Solo

Berikut beberapa rekomendasi wisata yang dapat Anda jadikan referensi ketika berkunjung ke Solo:

1. Grojongan Sewu

wisata solo

Salah satu wisata Solo yang paling banyak dikunjungi adalah Grojongan Sewu. Ini adalah pengaturan alam yang menyegarkan dari air terjun.

Dikelilingi oleh tebing-tebing hijau, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi selama liburan Anda. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Solo, tepatnya di Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

Jalan menuju Grojongan Sewu cukup mudah dijangkau dengan mobil atau motor. Hanya dengan Rp 18.000, Anda sudah bisa menikmati solo tour ini dengan mata telanjang.

2. Keraton Surakarta Hadiningrat

wisata solo

Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan destinasi wisata Solo yang sangat terkenal dan dikenal oleh banyak wisatawan domestik maupun mancanegara. Bunda bisa mengunjungi tempat wisata ini saat berlibur di Solo.

Kawasan Keraton Surakarta Hadiningrat terbagi menjadi Alun-alun Lor, Alun-Alun Selatan, Sasana Sumewa, dan masih banyak lainnya. Ada sebuah situs di istana yang juga digunakan sebagai museum. Museum ini menampilkan benda-benda dari koleksi peninggalan kerajaan. Cocok untuk wisata edukasi budaya bagi anak-anak.

3. Museum Batik Danar Hadi

Pastinya Anda sering mendengar tentang batik Danar Hadi. Di Solo, Anda bisa mengunjungi Museum Batik Danar Hadi yang terletak di Jalan Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari nomor 261, Laweyan, Surakarta.

Tempat wisata di Solo ini menghadirkan berbagai jenis koleksi batik dengan berbagai model yang ada di Indonesia. Mulai dari motif batik klasik hingga kontemporer. Destinasi wisata ini sangat cocok sebagai salah satu cara untuk mengedukasi berbagai budaya yang ada di Indonesia kepada anak-anak muda.

4. Pasar Gede

wisata solo

Siapa sangka Pasar Gede juga akan masuk pada rekomendasi wisata Solo. Pasar yang biasa mendapatkan sebutan Pasar Gede Harjonagoro ini merupakan pasar tertua di Surakarta.

Lokasinya yang cukup strategis dan bentuk desain bangunannya yang cukup unik, tak heran jika menjadi spot foto wisata di tempat ini. Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai hidangan legendaris yang banyak Anda temui di pasaran.

5. Kampung Batik Laweyan

Jika Anda mencari batik klasik dan terjangkau, Anda harus mengunjungi Kampung Batik Laweyan. Desa ini terkenal dengan sejarahnya dan konon ada pengusaha batik yang pernah tinggal di daerah ini.

Mengunjungi Laweyan seperti kembali ke masa lalu. Anda bisa berjalan-jalan melewati gang-gang kecil dan melihat deretan rumah-rumah kuno yang sangat eye catching. Beberapa toko juga menjual berbagai jenis batik. Anda bahkan bisa belajar membatik di solo tour ini.

6. The Lawu Park

Lawu Park merupakan wisata Solo di kaki Gunung Lawu Karanganyar. Tempat wisata di Solo ini sangat cocok untuk wisata alam, karena terdapat beberapa aktivitas seperti hiking, forest walking, bermain kelelawar buah dan jalan kaki di ketinggian.

Memberikan suasana yang asri dan menenangkan, Anda dan anak kecil juga bisa berfoto dengan latar belakang dekorasi yang Instagramable. Biaya masuk Lawu Park adalah Rp 15.000 dan setiap kegiatan di luar ruangan juga akan terbebani biaya sendiri. Lawu Park buka dari hari Senin sampai Minggu dari jam 9:00 pagi sampai 6:00 sore WIB.

7. The Heritage Palace

Heritage Palace adalah tempat wisata solo yang terletak di Kartasura. Di sini Anda bisa melihat beberapa bangunan bersejarah, mobil antik, museum 3D dan Omah Walik.

Selain itu, resor ini cocok untuk Anda dan keluarga untuk mengambil potret resor yang menarik. The Heritage Palace buka setiap hari, Senin-Kamis 10:00-18:00 WIB, Jumat-Minggu 09:00-21:00. Harga tiketnya Rp 55.000/orang.

BONUS: Taman Balekambang

Bosan dengan tur solo yang lama? Cobalah menikmati nuansa alam Taman Balekambang. Taman Balekambang adalah sebuah taman umum yang terletak di Jalan Balekambang No.1 Surakarta.

Menariknya, sudah ada sejak tahun 1921 lho. Wisata ini adalah taman bersejarah yang langsung dibangun oleh Mangkunegoro VII ratusan tahun yang lalu, nuansa taman yang asri dan pepohonan yang rimbun tak heran jika banyak wisatawan yang piknik menuju lokasi ini. Sejuk, nyaman dan memiliki danau yang bisa Anda nikmati dengan perahu kayu.

Lebih dari sekedar pepohonan, ada beberapa spot foto dalam solo tour ini yang bisa Anda manfaatkan untuk konten media sosial. Cocok untuk menghibur balita karena terdapat beberapa hewan ternak seperti rusa, ayam peliharaan, angsa dan lain-lain.

Demikian informasi tentang rekomendasi wisata Solo, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi Anda. Selanjutnya ketika ingin melakukan kunjungan ke daerah Solo, sebaiknya Anda menggunakan armada transportasi roda 4 atau lebih. Selanjutnya urusan transportasi liburan ke Solo dapat Anda percayakan kepada Andara Bus. Informasi lain tentang fasilitas dan harga sewa armada transportasi dapat Anda lihat pada website Andara Bus atau sewa bus pariwisata Jakarta.

Have A Nice Day 😊

Scroll to Top
Chat Admin Disini