wisata wonogiri

7 Rekomendasi Wisata Wonogiri Terbaru

Wonogiri adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan sajian Nasi Tiwul yang legendaris. Namun, bukan hanya makanannya yang membuat Kabupaten Wonogiri terkenal, tetapi karena wisata Wonogiri yang indah secara alami.

Keindahan alam Wonogiri banyak dikunjungi wisatawan karena beragam, mulai dari wisata sejarah, spiritual, petualangan, edukasi hingga wisata alam. Penasaran, adakah tempat wisata yang bisa kamu kunjungi selama di Wonogiri? Yuk, kita bahas beberapa tempat wisata di Wonogiri yang bisa jadi inspirasi liburan kamu selanjutnya!

Rekomendasi Wisata Wonogiri

1. Waduk Gajah Mungkur

Ketika Anda sampai di Wonogiri, Anda harus berhenti di Waduk Gajah Mungkur. Waduk seluas 8.800 hektar ini jika terisi penuh menyimpan beragam atraksi, mulai dari pemandangan, kuliner hingga segala macam misteri. Anda dapat bersantai sambil memancing, menikmati pemandangan waduk yang tenang dari pantai atau menyewa perahu. Anda juga bisa mencoba berbagai atraksi di Taman Air Gajah Mungkur atau Taman Satwa.

Tempat ini juga menarik untuk dikunjungi di musim kemarau karena di sana Anda bisa melihat reruntuhan desa yang tenggelam. Pengunjung wisata juga bisa berfoto di beberapa lokasi yang tersedia. Tidak ada salahnya mampir sebentar di beberapa restoran wisata di sekitar waduk.

Anda bisa datang pada jam bukanya dari pukul 08:00 WIB hingga 17:00 WIB setiap hari. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah saja, maka kamu sudah bisa menikmati sejuknya pesona waduk ini.

2. Pantai Nampu

Selain waduk, Wonogiri juga memiliki pantai indah bernama Pantai Nampu yang wajib kamu kunjungi sekali. Pantainya berpasir putih dengan perbukitan hijau yang mengelilingi area sekitar pantai. Saat air surut, Anda bisa bermain di bawah air di bebatuan sambil mencari ikan yang terperangkap di celah-celahnya. Anda juga bisa bersantai sambil menikmati makanan lezat yang ditawarkan oleh beberapa warung.

Pantai ini juga bagus untuk kegiatan berkemah seperti beberapa pantai terkenal dari Jogja hingga Gunung Kidul. Untuk memasuki kawasan Pantai Nampu, Anda hanya perlu membayar pajak sebesar 5 ribu rupiah. Waktu berjalannya cukup lama dari pukul 07:00 WIB hingga 18:00 WIB sehingga sangat cocok untuk menyaksikan matahari terbenam. Anda bisa langsung menuju alamat di Jl Beach. Nampu, Petir, Gunturharjo, Paranggupito, Wonogiri.

3. Museum Karst

Salah satu tempat wisata unik bertema museum yang bisa Anda temukan di Wonogiri adalah Museum Karst. Museum ini menyimpan koleksi berbagai batuan prasejarah yang tersebar di sekitar Wonogiri dan sekitarnya.

Tempat ini sangat cocok menjadi salah satu destinasi wisata edukasi bagi anda yang berada di Wonogiri. Lokasi wisata museum satu ini tepatnya berada di Jl. Taruna Hardo, Pracimantoro, Wonogiri.

Museum batu ini buka dari pukul 08:30 WIB hingga 15:30 WIB setiap hari kecuali hari Jumat karena tutup. Untuk masuk ke pintu gerbang tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, cukup sekitar 4.000 hingga 5.000 rupiah/orang.

4. Gua Putri Kencono

wisata wonogiri

Destinasi wisata Wonogiri ini cocok untuk pecinta penjelajahan. Gua ini sangat bagus untuk wisata bertema petualangan. Wisatawan bisa menikmati pemandangan goa yang dipenuhi stalaktit dan stalagmit. Keindahan inilah yang menarik perhatian masyarakat sehingga goa Putri Kencono selalu dikunjungi wisatawan. Sangat sulit, bukan?

5. Taman Bidadari Edupark

Destinasi wisata Wonogiri selanjutnya dalam daftar ini adalah Taman Bidadari Edupark, destinasi wisata ini mengusung konsep edukasi. Tempat yang sangat cocok untuk anak-anak hingga remaja. Obyek wisata utama yang terdapat disana adalah waterpark, exit area hingga spot-spot modern. Suasana sejuk dan pemandangan alam Wonogiri cocok untuk kesehatan mental dan liburan keluarga!

6. Pantai Banyutowo

wisata wonogiri

Tak kalah indah dengan pantai Nampu dan pantai Semburan. Pantai Banyutowo juga memiliki keunikan yaitu airnya tidak asin. Karena air di pantai Banyutowo berasal dari muara sungai atau tempat pertemuan antara air tawar sungai dan laut

Air tawar ini dari air tanah mengalir ke pantai. Selain keunikan airnya, pemandangan tempat wisata di wonogiri ini juga sangat indah, anda bisa langsung melihat segarnya air dari bebatuan yang mengalir langsung ke pantai. Jika dilihat dari kejauhan, airnya terlihat sangat jernih. Ini adalah tempat yang harus dikunjungi jika Anda berada di Wonogiri.

7. Pantai Sembukan

wisata wonogiri

Objek wisata Wonogiri terakhir yaitu tentang pantai, yaitu Pantai Sembukan. Pantai ini menyembunyikan banyak pesona alam dan legendaris, tersembunyi di balik bebatuan besar.

Untuk mengunjungi pantai ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 40 km dari pusat kota Wonogiri. Lokasinya tidak jauh dari pantai Nampu. Perhatikan bahwa terdapat larangan aktivitas berenang di pantai Semburan, karena ombak di sana cukup ganas.

Demikian informasi tentang rekomendasi wisata Wonogiri, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi Anda. Selanjutnya ketika ingin melakukan kunjungan ke daerah Wonogiri, sebaiknya Anda menggunakan armada transportasi roda 4 atau lebih. Selanjutnya urusan transportasi liburan ke Wonogiri dapat Anda percayakan kepada Andara Bus. Informasi lain tentang fasilitas dan harga sewa armada transportasi dapat Anda lihat pada website Andara Bus atau sewa bus pariwisata Jakarta.

Have A Nice Day 😊

 

Scroll to Top
Chat Admin Disini