Pantai Buyutan

7 Rekomendasi Wisata Pantai Pacitan Terbaru

Pacitan merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang memiliki banyak potensi tempat wisata pantai. Selain itu, Pacitan juga memilliki julukan “1001 Goa” terkenal dengan banyaknya goa yang terdapat di wilayah ini.

Rekomendasi Wisata Pacitan Terbaru

Berikut ini beberapa rekomendasi wisata Pantai Pacitan terbaik:

1. Pantai Teleng Ria

pantai pacitan

Pantai Teleng Ria terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Lokasi pantai ini adalah pantai terdekat dengan kota. Berjarak hanya sekitar 2,5 km dari pusat kota Pacitan. Alhasil, Pantai Teleng Ria cenderung lebih ramai daripada pantai-pantai lain.

Selain lokasinya yang dekat, Pantai Teleng Ria ini menyajikan berbagai wahana dan fasilitas. Di sini, Anda dapat belajar berselancar, bermain di waterpark mini Kampoeng Air, atau berfoto di Kampoeng Cemara yang khas dan Instagramable.

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Teleng Ria, mulai dari bukit karang, biru laut, pasir lembut, hutan cemara serta berbagai fasilitas umum di sana, Anda hanya akan dikenai biaya Rp 10.000 per orang. Sedangkan pada hari libur seharga Rp 15.000. Harga-harga tersebut terhitung terjangkau dan wajar dibayarkan bagi pesona alam dan kebersihan Pantai nya.

2. Pantai Klayar

Pantai Klayar berada di Kalak, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Dari kota pacitan berjarak kurang lebih 40 kilometer ke arah barat. Perjalanan menuju ke Pantai Klayar yang melalui jalan berliku-liku, naik turun, dan dihiasi dengan deretan bukit-bukit, serta gua-gua kecil.

Walaupun jaraknya cukup jauh dan medannya cukup menantang, usaha Anda akan terbayarkan oleh keindahan objek wisata Pantai Klayar yang beralaskan pasir putih super lembut, dihiasi menjulangnya pepohonan kelapa, serta bukit-bukit di pinggir pantai yang untuk memandang keindahan Pantai Klayar dari atas. Di sini Anda juga dapat menyaksikan seruling samudera berupa ombak yang menyembur dari celah karang. Keindahan Pantai Klayar sudah dilengkapi dengan infrastruktur dan beragam fasilitas yang telah dibangun di sana.

Objek wisata Pantai Klayar mematok harga tiket masuk yang terjangkau bagi berbagai kalangan. HTM wisata Pantai Klayar pada hari kerja seharga Rp 5.000 untuk anak-anak dan Rp 7.000 untuk orang dewasa. Sementara untuk hari libur sebesar Rp 7.000 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk orang dewasa.

3. Pantai Buyutan

Lokasi Pantai Buyutan terletak di Desa Widoro, Donorojo, Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan. Kecamatan Donorojo menjadi salah satu kecamatan di Pacitan yang memiliki pantai-pantai dengan panorama yang mengagumkan.

Pemandangan ekstotis berupa air yang nampak biru dan beraneka ragam bebatuan karang sukses menarik perhatian para wisatawan untuk datang berkunjung ke Pantai Buyutan. Anda dapat menyaksikan contoh unik dari batuan yang berbentuk seperti mahkota dewa.

Pantai Buyutan juga mempunyai pasir putih sangat lembut yang tidak jauh berbeda dari Pantai Klayar, tetangga dekatnya. Pasir yang sangat lembut terasa nyaman di telapak kaki. Anda dapat puas bermain pasir dan air di sini.

Harga tiket masuk Pantai Buyutan ini terbilang murah, Anda cukup membayar seharga Rp5.000 untuk dapat menikmati dan mengekplorasi seluruh area pantai.

4. Pantai Banyu Tibo

pantai pacitan

Pantai Banyu Tibo beralamat di Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Untuk sampai di Pantai ini yang berjarak kurang lebih 40 kilometer dari pusat kota pacitan akan menghabiskan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Sama halnya dengan Pantai Pacitan lainnya, Pantai ini mempunyai pemandangan pasir putih yang menawan dan bukit-bukit karang yang mengelilinginya.

Yang menjadi ciri khas atau pembeda pantai ini yakni “Banyu Tibo” berasal dari bahasa jawa yang artinya “Air Jatuh”. Sesuai dengan namanya, Pantai ini memang mempunyai air jatuh berupa air terjun yang mengalir langsung menuju ke curah laut. Pantai Banyu Tibo ini menjadikan air terjun sebagai daya tarik utamanya.

Harga Tiket Masuk Pantai Banyu Tibo sangatlah murah, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk orang dewasa dan Rp 3.000 untuk anak – anak.

5. Pantai Srau

pantai pacitan

Pantai Srau terletak di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Dari pacitan berjarak tempuh kurang lebih 21 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Lokasinya yang tersembunyi dan jauh dari pusat kota membuat pantai ini tidak terlalu ramai. Meski begitu, kecantikan Pantai Srau tidak kalah dari yang lain, malahan Pantai ini cocok untuk menyendiri dan lebih mendekatkan diri pada Alam.

Panorama alamnya lengkap dengan pasir putih, air yang jernih, serta bukit dan batu karang. Di sini terdapat berbagai aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan seperti bermain air dan pasir, memancing, berkemah, memandang panorama terbit dan terbenamnya matahari, serta memburu foto yang Instagenic.

Ketika berkunjung ke Pantai Srau Anda akan disuguhkan oleh tiga pantai sekaligus. Pantai Srau terbagi atas tiga bagian yang masing-masing mempunyai pesona yang menawan. Sering mendapatkan sebutan sebagai Pantai Srau I, II, dan III.  Pantai Srau mempunyai kawasan garis pantai pasir putih yang luas dan panjang, karena hal tersebut Pantai Srau cocok dibilang sebagai surganya pasir putih di Jawa Timur.

6. Pantai Kasap

Pantai Kasap berlokasi di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Kasap yang berjarak sejauh 26,5 kilometer dari pusat Kota Pacitan, Anda perlu menempuh waktu kurang lebih 45 menit.

Destinasi wisata Pantai Kasap terlihat asri dan masih alami. Pantai ini sering kali mendapatkan anggapan sebagai raja ampatnya Jawa Timur. Sebutan ini memang ada benarnya jika melihat dari kenampakan Pantai Kasap yang hampir serupa dengan pulau yang terdapat di Papua tersebut mulai dari batu-batu karang, air laut yang berwarna biru, dan pasir pantainya yang berwarna putih mengkilau.

Meski di kelola seadanya, Pantai Kasap telah mempunyai fasilitas-fasilitas yang memadai seperti toilet, mushola, area parkir yang luas, warung makan, gardu pandang, serta area kemah.

Anda cukup membayar seharga Rp7.000 untuk memasuki Pantai Kasap.

7. Pantai Taman Ngadirojo

Pantai Taman Ngadirojo beralamat di Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. Objek wisata ini berjarak sekitar 33 kilometer dari pusat Pacitan.

Pasir Pantai Taman sendiri berwarna putih, khas dengan karakteristik pantai Pacitan. Pantai Pacitan ini memiliki suatu patung penyu raksasa yang berada di tepian pantai taman banyak menarik perhatian pengunjung. Di sini Anda juga dapat melihat dan belajar mengenai konservasi penyu di pantai ini.

Selain pemandangan yang menawan, Pantai Taman ini telah menyediakan berbagai fasilitas-fasilitas pendukung kepada pengunjung seperti gazebo, toilet umum, lahan parkir, tempat penginapan, serta warung-warung makan.

Kegiatan biasa yang sering pengunjung lakukan di pantai antara lain berjemur, bermain pasir dan air laut. Selain itu ketika Anda berada pada wisata Pantai Taman ini, Anda tidak hanya bisa melakukan aktivitas umum tersebut tetapi anda juga dapat memperoleh pengalaman cukup berbeda dengan menjajal kegiatan ekstrim yang menguji nyali dan memacu adrenalin berupa flying fox. Bukan hanya sekedar flying fox biasa, tapi flying fox di pantai ini merupakan wahana flying fox terpanjang di Indonesia, dengan panjang berkisar 415 meter dari ketinggian 74 meter.

Harga tiket masuk Pantai Taman Ngedirojo sangat terjangkau yakni hanya seharga Rp5.000 per orang.

Demikian informasi tentang rekomendasi pantai Pacitan, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi Anda. Selanjutnya ketika ingin melakukan kunjungan ke daerah Pacitan, sebaiknya Anda menggunakan armada transportasi roda 4 atau lebih. Selanjutnya urusan transportasi liburan ke Pacitan dapat Anda percayakan kepada Andara Bus. Informasi lain tentang fasilitas dan harga sewa armada transportasi dapat Anda lihat pada website Andara Bus atau sewa bus pariwisata Jakarta.

Have A Nice Day 😊

Scroll to Top
Chat Admin Disini