Pantai Glagah

7 Wisata Pantai Jogja Terbaik

Daerah istimewa ini memang sering tersorot sebagai kota budaya dan pusat kuliner lezat, dan kota pelajar. Tapi nyatanya Yogyakarta juga merupakan surganya pantai. Wisata pantai Jogja mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri yang melekat pada setiap pantai di sana.

Rekomendasi Wisata Pantai Jogja

Berikut ini adalah 7 rekomendasi Pantai Jogja terbaik.

1. Pantai Indrayanti

wisata pantai jogja

Pantai Indrayanti beralamat di desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunung Kidul di wilayah DIY Yogyakarta. Jaraknya kurang lebih sekitar 66 KM dari pusat kota Jogja. Letaknya berdekatan dengan beberapa tempat wisata pantai lainnya. Untuk mengunjungi tempat ini diperkirakan Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Kawasan Gunung Kidul memang dipenuhi kumpulan pantai beralaskan pasir putih. Salah satunya yakni Pantai Indrayanti, Pantai ini bisa diumpamakan sebagai Bali yang ada di Yogyakarta. Saat berada di pantai ini, Anda akan langsung disuguhi pemandangan pasir pantai putih yang beradu dengan air laut biru kehijauan. Anda dapat memandang pantai dari atas bukit di sebelah kanan pantai

Pantai Indrayanti memberlakukan peraturan denda bagi siapapun yang membuang sembarangan. Alhasil, pantai ini terlihat lebih terawat dan lebih bersih daripada pantai-pantai lainnya.

Hanya dengan membayar 10 ribu rupiah, Anda sudah dapat masuk menikmati keindahan Pantai Indrayanti beserta pantai-pantai terdekat seperti Pantai Drini, Pantai Kukup, Pantai Baron, Pantai Sundak, Pantai Krakal, Pantai Sepanjang, dan juga Pantai Pok Tunggal

2. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis berlokasi di Desa Parangtritis, Kapanewon, Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya sejauh 27 km dari pusat Kota Yogyakarta memerlukan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

Pantai Parangtritis terkenal berkat berbagai cerita mistis yang berkaitan dengannya. tetapi keindahan alamnya memang patut diacungi jempol. Berbeda dari pantai yang ramai dikunjungi lainnya, Pantai Parangtritis berpasir hitam dan berombak besar. Keunikan dan cerita mitosnya membuat pantai ini terus hidup hingga kini. Ditambah lagi untuk menikmati keindahan pantai ini, Anda hanya cukup membayar sebesar Rp3.500 saja per orang.

Pantai Parangtritis merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan terbenamnya matahari di Yogyakarta, oleh karena itu waktu terbaik berkunjung ke pantai ini adalah pada sore hari. Anda dapat menunggu sunset sambil melakukan aktivitas seperti berjalan-jalan menyusuri pantai, bermain layang-layang hingga menyewa ATV atau menaiki delman sepanjang pinggiran pantai.

Baca Juga: Wisata Pantai Pacitan

3. Pantai Sadranan

wisata pantai jogja

Pantai Sadranan terletak di sebelah timur Pantai Krakal di Gunungkidul. Lebih tepatnya di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus.

Di sini terdapat jejeran toko atau warung yang menjual souvenir, baju renang, makanan sea food dan minuman. Di sepanjang pinggir pantai Sadranan juga terdapat gazebo dan toilet.

Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang pinggir pantai sambil memandang indahnya air laut yang berwarna biru kehijauan, menikmati hamparan pasir putih kecoklatan dan kesejukan angin laut. Pantai ini dikenal sebagai spot yang disukai banyak wisatawan untuk menikmati keindahan bawah laut dengan aktivitas snorkeling dan berperahu.

4. Pantai Drini

wisata pantai jogja

Pantai Drini beralamat di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Jaraknya kurnag lebih 25,2 kilometer ari wonosari membutuhkan waktu tempuh sekitar 44 menit melalui Jalan Baron. Dengan jalan yang lebar dan lalu lintas yang baik, Anda dapat membawa semua jenis kendaraan ke pantai.

Sama halnya seperti pantai Gunung Kidul pada umumnya, Pantai ini mempunyai bentangan pasir putih dan air laut biru yang saking jernihnya, Anda dapat melihat karang di dalamnya. Perbedaanya terdapat pada sebuah pulau karang kecil di tengah pantai yang seolah-olah menjadi pembatas pantai. Karena bila diperhatikan sisi barat wisata pantai Jogja ini memiliki ombak besar. Sementara di sisi timur justru mempunyai karakter ombak lebih tenang.

Fasilitas-fasilitas yang terdapat di Pantai Drini juga lumayan lengkap seperti tempat parkir, toilet, mushola, spot foto, sewa tikar dan payung, pasar ikan, warung jajanan, mainan dan oleh-oleh pedagang.

Harga tiket masuknya cukup murah yakni hanya Rp10.000 per orang

5. Pantai Wediombo

wisata pantai jogja

Pantai Wediombo berlokasi di Desa Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul. Objek wisata ini berada dekat dengan Pantai Siung, selain itu jaraknya sekitar 34,4 kilometer dari Wonosari dengan waktu tempuh selama 55 menit.

Pantai Wediombo mempersembahkan pemandangan yang menawan. Anda akan langsung disuguhkan oleh pantai pasir putih yang bersih dengan air laut berwarna biru jernih dengan ombak yang sangat tenangketika sampai di Pantai Wediombo.

Garis pantai Wediombo lumayan panjang. Pepohonan rimbun di sepanjang pantai dan perbukitan hijau menciptakan suasana rindang dan asri. Bahkan terdapat laguna berair biru jernih. Pantai ini memang benar-benar penuh dengan kekayaan alam yang menakjubkan.

Selain panorama yang menawan, pantai ini juga terlihat bersih. Di Pantai Wediombo terdapat toilet, mushola, tempat makan, toko suvenir.

6. Pantai Glagah

Pantai Glagah beralamat di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kulon Progo, Yogyakarta. Dari Wates berjarak sekitar 10,9 kilometer dengan jarak tempuh kurang lebih 20 menit.

Pantai Glagah mempunyai hamparan luas pasir hitam, laguna di pinggir pantai, dan gumuk pasir dengan rerumputan alang-alang. Apalagi panorama terbit dan terbenamnya matahari yang mengesankan. Maka tak heran bila Pantai Glagah menjadi pantai Kulon Progo yang menarik untuk dikunjungi. Kegiatan favorit yang sering pengunjung lakukan adalah berjalan-jalan di sekitar pantai, memancing, menyaksikan panorama alam dan matahari.

Di sepanjang jalan, Anda akan menemukan jejeran toko souvenir, kios makanan dan minuman. Sementara untuk fasilitas umum terdapat toilet dan mushola. Di sepanjang Pantai Glagah juga dipasangi banyak tetrapoda ditempatkan untuk keamanan pengunjung di pantai.

Baca Juga: Wisata Jogja Terbaik

7. Pantai Watu Lawang

Pantai Watu Lawang merupakan salah satu pantai selatan Gunungkidul yang lokasinya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus. Objek wisata Pantai Watu Lawang mempunyai garis pantai yang panjang serta wilayah yang luas. Pantai ini dikelilingi oleh pasir putih dengan perbukitan batu karang yang terlihat seperti pintu sehingga pantai ini dinamakan “Watu Lawang” artinya “Pintu Batu”. Ada juga batu karang yang yang mulai menumbuhkan pepohonan dan rerumputan hijau. Selain itu, air lautnya berwarna hijau cerah dengan karang yang terlihat di dasar laut. Ombaknya cukup tenang  untuk Anda bermain air.

Tak hanya bermain air, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan lain seperti fotografi, menyaksikan matahari terbit dan terbenam, serta berkemah. Pantai ini juga mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Terdapat tempat parkir, mushola, toilet, warung dan akomodasi. Untuk berteduh dan beristirahat, Anda juga bisa menyewa gazebo.

Demikian informasi tentang rekomendasi wisata pantai Jogja, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi Anda. Selanjutnya ketika ingin melakukan kunjungan ke daerah Jogja, sebaiknya Anda menggunakan armada transportasi roda 4 atau lebih. Selanjutnya urusan transportasi liburan ke Jogja dapat Anda percayakan kepada Andara Bus. Informasi lain tentang fasilitas dan harga sewa armada transportasi dapat Anda lihat pada website Andara Bus atau sewa bus pariwisata Jakarta.

Have A Nice Day 😊

Scroll to Top
Chat Admin Disini