Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul

7 Camping Ground Hits di Jogja Terindah

Tak hanya wisata budayanya yang patut diacungi jempol, Jogja juga merupakan wilayah yang memiliki keindahan panorama alam yang menakjubkan. Jogja memiliki jarak antar lokasi objek wisata yang terjangkau dan mudah ditempuh, salah satu wisatanya yaitu camping ground Jogja.

Wilayah Jogja dikelilingi berbagai pegunungan, bukit, danau, serta pantai. Hal tersebut menjadikan lokasi ini menjadi destinasi wisata yang lebih unik dan diincar oleh para wisatawan. Karena selain pemandangan yang menawan, Jogja meruapakan Camping Spot yang patut Anda coba karena keterjangkauan dan kemudahan jarak antar lokasi objek wisata.

Rekomendasi Camping Ground Jogja Terindah

Berikut ini adalah 7 Camping Ground terbaik di Jogja yang sedang Hits di berbagai kalangan:

1. Desa Wisata Tinalah

Letak Desa Wisata Tinalah berada di dekat Sungai Tinalah dan Pegunungan Menoreh. Lebih tepatnya berlokasi di Jalan Persandian KM 5, Sendang Sari, Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa Wisata Tinalah merupakan desa wisata yang cocok dijadikan destinasi camping. Spot Camping di Jogja ini kerap didatangi oleh berbagai komunitas ataupun perkumpulan pelajar yang ingin berlibur dengan konsep perkemahan. Harga untuk bisa menikmati fasilitas perkemahan cukup terjangkau yakni mulai dari Rp40.000 sampai Rp115.000 per orang.

Pengunjung akan terpesona dengan pemandangan aliran Sungai Tinalah, deretan pegunungan, serta area persawahan yang hijau, Di sekitar lokasi perkemahan ini, Anda juga akan merasakan ketenangan dan kedamaian dari suhu udara yang sangat segar.

2. Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul

Objek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan gunung purba yang terbentuk kurang lebih 70 tahun lalu. Gunung ini terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul.

Kini, gunung purba tersebut dijadikan tempat wisata Yogyakarta yang menarik bagi para wisatawan. Aktivitas seru yang dapat dilakukan pengunjung di tempat ini yaitu panjat tebing, berkemah, piknik, outbond atau hanya sekedar melihat-lihat keindahan alam.

Tampilan Gunung Api Purba sangat khas dengan tebing-tebing bebatuan besar disertai dengan pepohonan yang hijau. Terdapat area lapang yang dikelola menjadi camping ground di bagian puncaknya yang bernama Gunung Gedhe.

Dari area parkir, Anda harus mendaki kurang lebih 50-60 menit untuk menuju area camping ini. Aksesnya cukup menantang berupa jalan setapak menanjak dengan bebatuan. Cocok bagi Anda yang menggemari aktivitas outdoor dan pendakian.

Tentu suasananya yang tenang dan udaranya yang sejuk. Momen ketika matahari terbit dan terbenam menjadi buruan oleh banyak pengunjung yang datang ke Puncak Gunung Api Purba. Tak hanya itu, Anda juga dapat melihat pesona Embung Nglanggeran, area persawahan dan perkebunan buah warga, melihat Gunung Lima Jari, serta indahnya gemerlap lampu kota akan terlihat di malam hari.

3. Puncak Kosakora

Puncak Kosakara berlokasi di Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mencapai Puncak Kosakora, Anda harus berjalan kaki dari area parkir kurang lebih 2 km dengan medan yang lumayan sempit, menanjak, dan berbatu karang tajam. Tapi, seluruh jerih payah tersebut akan terbayarkan dengan pengalaman camping dan panorama alam menawan dari Puncak Kosakora.

Puncak Kosakora merupakan salah satu camping ground Jogja terbaik yang menyajikan kenyamanan, ketenangan dan panorama alam cantik secara bersamaan. Tempat ini berada di ketinggian 50 mdpl. Di bagian bawahnya akan langsung Nampak pemandangan garis Pantai Ngrumput.

Pantai Ngrumput terhampar luas dengan tebing-tebing karst di beberapa bagiannya. Anda bahkan dapat melihat deretan pantai lainnya dari Puncak Kosakora seperti Pantai Drini, Pantai Watu Kodok, Pantai Kukup, dan Mercusuar di Pantai Baron.

Untuk berkemah di Puncak Kosakora, Anda dapat membawa tenda sendiri. Tapi bila Anda tidak ingin repot menyiapkannya, maka Anda dapat menyewa dari pengelola seharga Rp60.000,00 untuk tenda ukuran kecil. Sedangkan tenda ukuran lebih besar harganya kurang lebih Rp100.000,00. Fasilitas yang telah tersedia di tempat ini adalah toilet, warung makan, tempat penjual kayu bakar, dan area parkir.

Baca Juga: Camping Ground Bali

4. Ledok Sambi

camping ground jogja

Ledok Sambi merupakan salah satu desa wisata yang cukup terkenal di daerah Pakem, Sleman. Jaraknya kurang lebih sejauh 19 km dari pusat kota Jogja. Ledok Sambi mempersembahkan permainya pemandangan pedesaan, hamparan sawah, sungai, dan Gunung Merapi. Suasana udaranya sangat sejuk khas pegunungan.

Anda dapat membawa tenda dan perlengkapan sendiri. Harga sewa tempatnya yaitu Rp35.000,00 per orang per malam. Bila tidak ingin repot membawa perlengkapan sendiri, Anda dapat menyewa tenda di Ledok Sambi. Sewa tenda kapasitas 4 orang per malamnya seharga Rp120.000,00.

Terdapat berbagai pilihan paket camping mulai dari paket camping untuk perusahaan, kegiatan keluarga, dan kegiatan sekolah. Terdapat berbagai aktivitas edukasi dan seru yang dapat Anda lakukan di Ledok Sambi seperti outbound, naik perahu kayak, melukis gerabah, kaos, batik.river tubing, Paintball.flying fox, menangkap ikan, membajak sawah dan menanam padi,

Ledok Sambi juga sudah banyak tersedia fasilitas pendukung untuk menunjang kenyamanan Anda seperti masjid, area parkir yang luas, toilet, kamar mandi, instalasi outbound, dan tempat makan.

5. Bukit Klangon

camping ground jogja

Bukit Klangon beralamat di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Akses jalannya sudah cukup bagus dan ada petunjuk arah yang cukup jelas. Berjarak kurang lebih 34 km dari pusat kota Jogja dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 60 menit.

Lokasinya yang terletak di ketinggian kurang lebih 1.100 mdpl membuat kawasan ini berhawa sejuk. Pemandangan alamnya juga sangat indah. Anda dapat memandang hijaunya perkebunan milik warga desa, pepohonan yang masih rindang di sekitar area camping, serta Gunung Merapi.

Berdasarkan rating ulasan Google yang cukup tinggi, sebagian besar pengunjung merasa puas dengan pengalaman kemah di Bukit Klangon. Anda hanya cukup membayar Rp15.000,00 per orang untuk berkemah di Bukit Klangon. Terdapat berbagai fasilitas di Bukit Klangon antara lain gazebo, musala, toilet, jeep adventure, warung makan, area parkir, spot foto, hingga porter sepeda. Kegiatan menyenangkan yang dapat Anda lakukan saat berkemah di Bukit Klangon yaitu bersantai, trekking, mendaki puncak gunung atau bukit, bersepeda downhill, berburu foto instagrammable, hingga memetik strawberry.

6. Bumi Perkemahan Ambarbinangun

camping ground jogja

Bumi Perkemahan Ambarbinangun terletak di Jl. Ambarbinangun No. 5C, Kalipakis, Tirtonirmolo. Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda bisa dengan mudah menjangkau tempat ini karena hanya berjarak sekitar 5.3 kilometer dari pusat Kota Jogja. Akses jalannya pun sudah bagus. Anda dapat sampai tujuan dalam waktu 10-15 menit saja apabila tidak terjadi macet.

Lahan Bumi Perkemahan Ambarbinangun sangat luas dan lapang, serta terbagi dalam beberapa area. Cocok bagi Anda yang ingin camping dengan keluarga besar ataupun rombongan berjumlah besar. Di sekitar area camping juga ada banyak pepohonan rindang sehingga suasananya lebih segar. Tempat ini sudah menyediakan banyak fasilitas seperti pendopo, aula, toilet, kamar mandi, area parkir yang luas, serta area untuk outbound.

Anda tidak akan terbebani oleh harga tiket masuk khusus untuk masuk ke Campgrounds Ambarbinangun. Namun, pengelola menerapkan harga untuk paket camping. Anda dapat langsung menghubungi pengelola mengenai informasi harga paket camping di Campgrounds Ambarbinangun ini.

Baca Juga: Camping Ground Pangalengan

7. Lembah Bendo

Letak Lembah Bendo berada di kaki Gunung Merapi. Lebih tepatnya di Jalan Kaliurang, Berolosari, Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Akses jalan untuk menuju ke Lembah Bendo sudah cukup bagus. Tapi, dari tempat parkir Anda masih harus berjalan turun untuk menuju ke area camping. Anda perlu berhati-hati sebab medan akses lewat tangga memang lumayan curam.

Anda akan merasa damai saat berada di sini sebab pemandangan Lembah Bendo masih sangat asri dan permai. Di sekitar area camping masih banyak pepohonan rindang yang membuat tempat ini lebih teduh dan berudara sejuk. Ketika sore suasana Lembah Bendo ini juga akan nampak semakin menarik, selain itu pada malam hari Anda dapat bersantai dengan menyalakan api unggun dan BBQ-an bersama teman atau keluarga.

Pengelola menyajikan fasilitas-fasilitas seperti aula, dapur umum, kamar mandi, area parkir, listrik, musala, dan private outbound area. Anda tidak perlu membayar tiket khusus untuk masuk ke Lembah Bendo. Anda hanya cukup membayar harga paket kemahnya saja dan menegosiasikan harga paket camping pilihan dengan menghubungi pengelola.

Demikian informasi tentang rekomendasi camping ground Jogja, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi Anda. Selanjutnya ketika ingin melakukan kunjungan ke daerah Jogja, sebaiknya Anda menggunakan armada transportasi roda 4 atau lebih. Selanjutnya urusan transportasi liburan ke Jogja dapat Anda percayakan kepada Andara Bus. Informasi lain tentang fasilitas dan harga sewa armada transportasi dapat Anda lihat pada website Andara Bus atau sewa bus pariwisata Jakarta.

Have A Nice Day 😊

baca juga :

Scroll to Top
Chat Admin Disini