Pineus Tilu Camp Ground

7 Tempat Camping Pangalengan Terbaik

Pangalengan merupakan salah satu kecamatan yang terdapat di Bandung, daerah yang satu ini populer sebagai daerah penghasil olahan susu sapi berkualitas dan juga sebagai spot camping Pangalengan. Namun, Pangalengan juga patut diacungi jempol untuk alamnya yang masih asri, oleh sebab itu sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot camping. Selain itu, tempatnya yang berada di ketinggian lebih dari 984 meter di atas permukaan laut menjadikan daerah ini berudara sangat sejuk dan dingin sehingga cocok sebagai pendukung aktivitas camping.

Rekomendasi Camping Pangalengan Terbaik

Berikut 7 rekomendasi tempat camping terbaik di Pangalengan

1. Sunrise Point CUKUL

camping pangalengan

Sunrise Point Cukul beralamat di Jalan Cukul, Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 50 km dari kota Bandung.

Tempat ini merupakan tempat berkemah favorit bagi orang-orang yang ingin mengabadikan keindahan alam terutama fotografer. Sunrise Pointcukul memberikan panorama terbaik mengenai terbit dan terbenamnya matahari. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan indahnya gugusan galaksi seperti bintang yang kelap-kelip dan bulan yang terang benderang.

Sunrise Point Cukul juga berada di area perkebunan teh PTPN VIII. Jadi, dengan mata telanjang, Anda bisa melihat aktivitas memetik teh yang sangat indah.

Biaya masuknya adalah Rp 10.000. Untuk mendirikan tenda di sini, Anda harus membayar Rp 40.000, harga tersebut sudah termasuk beberapa perlengkapan yang sudah disiapkan oleh pengelola.

2. Taman Langit Pangalengan (Sunrise Point & Camping Ground)

camping pangalengan

Taman Langit Pangalengan berlokasi di Kp. Puncak Mulya, Jl. Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Jaraknya hanya berkisar 9 kilometer dari pusat Pangalengan.

Taman Langit Pangalengan merupakan salah satu camping ground terbaik di Pangalengan. Pengalaman Anda memandang pemandangan akan menjadi berkesan karena Taman Langit Pangalengan mempersembahkan panorama layaknya kahyangan berupa panorama kebun teh yang tertutup oleh kabut dan pemandangan perbukitan. Di pagi hari, pemandangan ini warnanya seperti hijau kebiruan. Pada sore hari warnanya berubah menjadi jingga. Sedangkan di malam harinya, Anda juga dapat menikmati pemandangan berbintang yang berkesan.

Terdapat juga jembatan kayu panjang dengan tangga untuk menjelajahi keindahan  perkebunan. Di sini, Anda juga bisa berfoto selfie dengan background pegunungan.

Harga tiket masuk dan harga kemah di Taman Langit Pangelengan pun cukup murah yakni Rp10.000,00 dan Rp25.000,00. Harga tersebut belum termasuk sewa tenda dan perlengkapan lainnya.

3. Hutan Pinus Rahong

Hutan Pinus Rahong berada di Pulosari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Dari pusat kota Pangalengan, jarak menuju Hutan Pinus Rahong hanya sekitar 9 km. Kawasan ini juga mudah dijangkau.

Resor ini dinaungi oleh banyak hutan pinus. Pohon pinus ini menaungi kawasan wisata dan mengeluarkan aroma yang harum. Wisata di Hutan Pinus Rahong terdiri atas Bukit Rahong, Hutan Pinus, Datar Pinus, Wisata Kampung dan Alam Singkur.

Selain dapat menikmati keindahan Hutan Pinus Rahong, wisatawan juga bissa mencoba berbagai permainan seperti offroad, flying fox, paintball shooter, arung jeram dilengkapi dengan asuransi dan peralatan,

Untuk berkemah di Hutan Pinus Rahong, Anda dapat membayar kurang lebih Rp 50.000. Harga tersebut belum termasuk sewa peralatan dan tenda mulai dari Rp 150.000,00. 350.000,00 Rp. Jika Anda ingin memiliki fasilitas seperti hotel, Anda bisa menyewa tenda atau kereta luncur. Sedangkan untuk kabin berkapasitas 20 orang dengan karaoke, toilet dan TV. Sedangkan untuk glamping sendiri biayanya sekitar Rp 600.000/malam.

Baca Juga: Camping Ground Jogja

4. Situ Cileunca

Situ Cileunca beralamat di Jalan Situ Cileunca, Danau Pangalengan, Wanasari, Bandung Selatan, Jawa Barat. Objek wisata satu ini merupakan tempat terbaik untuk menikmati pemandangan menawan Danau Situ.

Hanya dengan membayar harga terjangkau sebesar Rp 215.000.00 untuk minimal tiga orang, Anda sudah dapat berkemah dengan perlengkapan tenda dome, matras, bantal, selimut, sarapan dan makan malam, istirahat, teh, kopi, api unggun, serta perahu ke danau. Bagi Anda yang menginginkan akomodasi mewah, Anda bisa memesan cottage yang terbagi menjadi jenis rumah adat Lombok atau rumah Klumpu.

Tak hanya menikmati fasilitas dasar, Anda juga dapat melakukan aktivitas hiburan lainnya seperti tur Pangelengan, offroad, panahan, mountain biking, outbound, dan arung jeram

5. Pineus Tilu Camp Ground

Pineus Tilu Camp Ground terletak di Pulosari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Berjarak 47 kilometer dari kota bandung.

Pineus Tilu Camp Ground menyajikan sensasi khas camping di tepi Sungai Palayangan. Apalagi, ada deretan pinus yang mengelilingi area perkemahan. Aroma segar khas berasal dari sungai yang bercampur dengan pinus. Pasalnya, air sungai berasal dari Situ Cileunca. Sehingga, debit airnya tidak deras.

Anda tidak diperbolehkan membawa tenda sendiri sebab di sana sudah menyediakan sembilan penyewaan tenda yang ukurannya sudah disesuaikan dengan alas dek kayu demi keamanan pengunjung. Terdapat berbagai fasilitas di dalam tenda seperti kasur, matras, sleeping bag, lampu, stop kontak, dan meja kopi. Lampu-lampu gantung temaram yang menerangi area berkemah memberi suasana yang mewah dan menawan.

Harga paket camping Pangalengan satu ini yaitu pada hari kerja yakni Rp500.000,00 dan pada hari libur sebesar Rp650.000,00.

Baca Juga: Camping Ground Bali

6. Artapella Hill

Artepella Hill terletak di Sukapura, Kertasari, Bandung, Jawa Barat. Artapella Hill merupakan sebuah gunung yang lokasinya berada pada perbatasan Pangalengan-Kartasari.

Di sini anda akan menemui kabut putih yang menutupi perbukitan dan hamparan tanah hijau nan luas. Udara di Artapella Hill lumayan dingin sebab ketinggiannya mencapai 2.194 meter. Kegiatan kemah dilakukan di Puncak Sulibra seluas 40 hektar. Anda dapat mencapai puncak melalui jalur Pacet Kertasari atau jalur Pangalengan. Tidak terdapat bangunan di daerah camping ini  sehingga tempat ini cocok bagi Anda yang menyukai kesunyian. Puncak Sulibra memang spot yang disukai banyak pengunjung untuk untuk melihat hamparan Bandung Selatan, matahari terbit, dan matahari terbenam.

7. Cileunca Lakeside

camping pangalengan

Cileunca Lakeside terletak di Kp. Parabon Desa Wanasari, Warnasari, Kec. Pangalengan, Bandung Selatan, Jawa Barat. Berkemah di Cileunca Lakeside cocok untuk mengakrabkan hubungan dengan keluarga, teman ataupun rekan kerja. Bahkan harga akomodasi akan lebih terjangkau bila mengajak lebih dari 5 orang.

Tempat ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang memburu spot kemah untuk outing kantor atau wisata keluarga. Terdapat berbagai aktivitas kelompok seru yang dapat Anda lakukan di sini seperti off road atau mountain biking, paintball, kayaking dan rafting.

Terdapat beberapa pilihan akomodasi inap mulai dari cottage yang berada di tepi danau. Lalu, glamorous camping atau glamping dengan berbagai fasilitas termasuk transportasi perahu. Terakhir, terdapat kemah biasa dengan sarapan.

Harga paket wisata di Cileunca Lakeside sebesar Rp225.000,00 per orang.

Demikian informasi tentang rekomendasi spot camping Pangalengan, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi Anda. Selanjutnya ketika ingin melakukan kunjungan ke daerah Pangalengan, sebaiknya Anda menggunakan armada transportasi roda 4 atau lebih. Selanjutnya urusan transportasi liburan ke Pangalengan dapat Anda percayakan kepada Andara Bus. Informasi lain tentang fasilitas dan harga sewa armada transportasi dapat Anda lihat pada website Andara Bus atau sewa bus pariwisata Jakarta.

Have A Nice Day 😊

Scroll to Top
Chat Admin Disini