tempat wisata pangalengan

7 Tempat Wisata Pangalengan Terbaik

Saat ini di Indonesia sudah memasuki akhir semester untuk para pelajar. Beberapa sekolah bahkan sudah mulai melaksanakan Ujian Akhir Semester atau sekarang bisa disebut PAS (Penilaian Akhir Semester). Ini menandakan bahwa sebentar lagi akan mulai memasuki liburan semester bagi mereka. Apalagi ditambah pula dengan libur nataru ( natal dan tahun baru ), tentu membuat durasi liburan yang semakin panjang.

Tetapi, ada yang berbeda pada liburan akhir tahun ini dan tahun lalu. Dikarenakan sedang aadanya pandemi yang melanda seluruh dunia. Kabar baiknya adalah sudah mulai banyak lokasi wisata yang sudah dibuka dan dapat dikunjungi. Salah satu yang sudah dibuka dan cukup menarik adalah tempat wisata Pangalengan.

Pangalengan merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pangalengan sendiri memang sudah terkenal dengan berbagai kenampakan alam dan tempat wisata Pangalengan. Lokasi tempat wisata Pangalengan ini memiliki berbagai area yang menarik. Disini tersedia area perkebunan, peternakan, dan pertanian.

Tempat wisata Pangalengan memang menjadi salah satu destinasi wisata alam yang sering dipilih para wisatawan untuk refresh sejenak dari kepenatan kota. Berikut ini akan kami sajikan untuk anda, beberapa tempat wisata Pangalengan yang menarik untuk dikunjungi:

Rekomendasi Tempat Wisata Pangalengan

Wisata Pangalengan Situ Cileunca

Jika kita membicarakan lokasi wisata di Bandung yang sudah buka saat pandemi, kita langsung saja menuju tempat wisata Pangalengan. Bandung sendiri memiliki beberapa wisata alam berupa danau, kali ini kita akan menuju Situ Cileunca Pangalengan. Situ Cileunca berada area Bandung Selatan.

Wisata Situ Cileunca adalah merupakan sebuah kawasan danau bandung yang memiliki luas sekitar 1.400 hektar, yang populer dengan ikonnya ”Jembatan Cinta” Situ Cileunca. Situ Cileunca dulunya merupakan kawasan hutan belantara, baru pada tahun 1918 dirubah menjadi danau buatan oleh pemerintah Belanda.

Tujuannya adalah menjadi sumber kebutuhan air bagi warga setempat, selain itu danau buatan ini juga sebagai sumber air Pembangkit Listrik Tenaga Air. Seperti danau pada uumunya, Situ Cileunca juga memiliki pemandangan alam yang indah serta hawa sejuk dari perkebunan teh di sekitar danau.

Pemandian Air Panas Cibolang Pangalengan

Tempat wisata Pangalengan yang selanjutnya adalah pemandian air panas Cibolang. Pemandian ini terletak di Desa Wayang Windu, Pangalengan. Air Panas Cibolang tercatat merupakan obyek wisata air panas di bandung selatan yang telah berdiri sejak tahun 1980 an.

Daya tarik wisata dari tempat wisata air panas di Pangalengan ini adalah sumber mata air panasnya dari Gunung Windu ini adalah, selain manfaat zat belerangnya yang bagus buat kesehatan juga keindahan alam sekitar yang indah dan sejuk udaranya.

Di sini terdapat kolam air panas suhu 40 derajat celcius, Kolam Suhu 35 derajat celcius dan  Kolam dangkal Air Hangat Bak Rendam. Fasilitas wisata yang akan membuat nyaman para pengunjung sehingga betah berlama-lama tinggal di sini, juga telah disediakan mulai dari tempat makan, tempat ibadah mushola dan parkiran.

Kebun Teh Malabar dan Kertamanah

tempat wisata pangalengan

Seperti yang disebutkan diawal, tempat wisata Pangalengan menyediakan berbagai area alami yang cocok dikunjungi, salah satunya ialah Kebun Teh Malabar dan Kertamanah. Lokasi dari Kebun Teh Malabar ini adalah berada di sekitar Gunung Malabar, tepatnya di desa Mekarsari, Pacet Pangalengan Kabupaten Bandung.

Daya Tarik wisata utama Wisata Kebun Teh di Pangalengan ini adalah, eksotisme keindahan hamparan hijau kebun teh seluas 2.022 hektar seperti layaknya permadani atau zamrud khatulistiwa. Sebagai bagian sisi keindahan khas bumi priangan, daya tarik Wisata Alam di Bandung selatan yang berada di ketinggian tempat 1.550 mdpl ini memang luar biasa.

Selain itu, daya tarik wisata pangalengan kebun teh lainnya adalah, Kebun Teh Malabar ini juga merupakan salah satu lokasi Tempat Wisata Edukasi di Bandung serta sejarah dengan keberadaan pemilik lahan K.A.R Bosscha ( pendiri Observatorium Bosscha )

Curug Penganten

Tempat wisata Pangalengan memang memiliki berbagai lokasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, seperti Curug Penganten atau Air Terjun Penganten. Keunikan dan daya tarik pada curug ini adalah ada dua curug yang berdampingan sehingga menyerupai sepasang pengantin di pelaminan. Hal ini juga yang membuatnya dinamai curug Penganten.

Lokasi wisata alam air terjun di Pangalengan ini berada di balik rimbunnya pepohonan besar khas hutan tropis yang hijau. Selain itu airnya yang jernih, akan membuat anda kagun dengan curug di bandung ini. Tempat ini sangat cocok bagi anda pecinta alam, dan menjadi laternatif wisata curug di bandung yang banyak sekali. Jika anda tertarik berkunjung ke sini, alamat curug panganten ini terletak di desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, tepat di areal kawasan Kebun Teh Kertamanah.

Wisata Pangalengan Riung Gunung

Inilah rekomendasi tempat wisata alam yang menawarkan spot foto instagramable di tengah kawasan perkebunan teh di pangalengan. Jembatan kayu Nuansa Riung Gunung panjangnya 400 meter membelah areal kebun teh memudahkan pengunjung untuk menikmati suasana dan berfoto dengan background kebun teh.

Bagi pengunjung yang mau menginap di kawasan wisata kebun teh Pangalengan ini, pengelola sedaiakan areal camping ground di Nuansa Riung Gunung Pangalengan ini dengan biaya mulai 400 – 600 rb. Harga di atas, di luar harga tiket masuk Nuansa Riung Gunung sebesar 10 rb / orang dan Biaya tiket masuk areal camping Nuansa Riung Gunung 25 rb / orang. Fasilitas di destinasi wisata alam bandung selatan ini cukup lengkap sudah ada area parkir kendaraan, toilet, hammock dll.

Pineus Tilu Riverside Camp

Ada yang kurang rasanya jika berwisata ke Jawa Barat namun tidak menikmati wisata airnya. Pineus Tilu menawarkan wisata air yang nyaman untuk anda dan keluarga.  Lokasi wisata ini sedang ramai – ramainya di 2021 karena menawarkan tempat perkemahan di tepi sungai, tepatnya sungai Palayangan daerah Pangalengan. Area perkemahan ini diapit oleh hutan pinus yang lebat yang mana tentu menawarkan udara yang sejuk.

Selain berkemah, di tempat ini anda bisa refreshing di tengah hutan dan menghabiskan malam hari dengan api unggun. Menikmati waktu kebersamaan dengan anak dan keluarga di tempat wisata rafting pangalengan ini dijamin sangat seru dan menyenangkan. Biaya camping di pineus tilu riverside camp pangalengan sangat terjangkau mulai 500 rb / tenda yang telah termasuk tiket masuk.

Sungai Palayangan

tempat wisata pangalengan

Tempat wisata Pangalengan yang kami rekomendasikan selanjutnya adalah Sungai Palayangan. Lokasi ini menjadi favorit para penggemar arung jeram, inilah sungai Palayangan, sebuah Tempat Outbound di Bandung, terutama sebagai tempat atau lokasi wisata adventure Arung Jeram atau populer kegiatan Rafting.

Daya tarik tempat wisata arung jeram Pangalengan, yaitu pada debit airnya cukup stabil serta aman dan bisa diarungi sepanjang tahunnya. Yang lainnya menjadikan Sungai Palayangan ini sebagai Tempat Rafting di Pangalengan Bandung selatan yang sangat menarik dan menantang adalah alur sungainya yang berkelok-kelok sepanjang 5 KM.

Popularitas Sungai Palayangan sebagai tempat Rafting ternyata sudah dikenal wisatawan luar kota bandung. Jadi jangan heran tempat ini akan ramai di saat libur akhir pekan apalagi musim liburan.

Demikian adalah rekomendasi tempat wisata untuk anda kunjungi nanti pada libur natal dan tahun baru. Jangan khawatir, semua lokasi diatas sudah mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Mari segera berkunjung dan menggerakkan kembali geliat pariwisata Indonesia. Selalu percayakan urusan transportasi Anda di Sewa Bus Pariwisata Jakarta, demi kenyamanan dan keamanan perjalanan.

See You.

Scroll to Top
Chat Admin Disini