camping bandung

7 Spot Camping Terindah di Bandung

Apakah kehidupan Anda sedang dipenuhi kebisingan, riuhnya kendaraan, dan polusi udara kota Bandung? Tentunya hal itu sering membebani pikiran. Untuk menyelesaikan masalah tersebut Anda perlu melakukan kegiatan camping di daerah Bandung. Dengan berkemah, Anda akan lebih dekat denga alam bebas sehingga Anda dapat menenangkan sekaligus menyegarkan pikiran lewat pemandangan alam yang menawan.

Bandung merupakan daerah dataran tinggi sehingga suasana udaranya sangat sejuk. Selain itu ibu kota provinsi Jawa Barat ini cocok dijadikan sebagai tempat berkemah karena keadaanya yang masih asri dan panormanya yang memanjakan mata. Berikut ini merupakan 7 spot camping di Bandung terindah yang dapat Anda kunjungi.

Rekomendasi Spot Camping Bandung Terindah

1. Ranca Upas

Ranca Upas terletak di Jalan Raya Ciwidey-Patengan No.KM. 11, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Untuk dapat mengunjungi destinasi wisata ini hanya membutuhkan 1,5 jam perjalanan dari Bandung. Anda dapat dating ke sini kapanpun karena Ranca Upas terbuka setiap harinya selama 24 jam.

Dengan lahan seluas 215 hektar, Anda bebas menjelajahi alamnya. Berada pada ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut dengan suhu sekitar 17-20℃  menjadikan suasana di daerah ini sangat sejuk dan segar.Anda akan tersegarkan oleh pemandangan yang amat hijau.

Harga tiket masuknya cukup murah yakni Rp22.000 per wisatawan domestik, Rp44.000 per wisatawan mancanegara. Tiket berkemah per satu malam tarifnya hanya Rp.11.000.

Ranca Upas memang dapat disebut sebagai bumi perkemahan dengan berbagai fasilitas yang lengkap seperti kamar mandi umum, masjid, penangkaran rusa, pemandian air panas, persewaan ATV, serta fasilitas outbound. Anda juga dapat menentukan lokasi kemah sesuai kehendak semisal di Karaha Bodas, Cilember, Galunggung, Patuha, atau Kawah Putih.

2. Bukit Moko

camping bandung

Bukit Moko berlokasi di Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Jarak perjalanan dari kota Bandung yaitu sejauh 12,9 km. Anda hanya perlu membayar Rp15.000,00 untuk tiket masuk reguler dan Rp25.000,00 untuk berkemah. Lewat harga tersebut, Anda sudah dapar menikmati suasana bukit yang indah.

Selain menyajikan nuansa alam yang asri dan segar. Di puncak bukit dapat memandang bintang yang cerah bersinar dan keindahan kota Bandung dari atas. Anda akan tertakjub oleh panorama gemerlap lampu-lampu kota dan gugusan bintang yang terang. Terdapat berbagai aktivitas yang dapat Anda lakukan seperti berkemah, trekking hutan pinus, menyaksikan matahari terbit dan terbenam, dan puncak bintang.

Fasilitas yang disediakan cukup lengkap yakni mushola, toilet, warung lesehan. Area camping ground terletak di atas bukit, di mana Anda juga dapat juga menyewa kayu bakar serta tenda.

Baca Juga: Camping Ground Bali

3. Dusun Bambu

camping bandung

Dusun bambu terletak di Jalan Kolonel Masturi No.KM. 11, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Burangrang menjadikan tempat ini memiliki daya tariknya tersendiri seperti berudara sejuk dan berpesona khas tradisional Sunda.

Tempat wisata seluas 15 hektar ini menawarkan berbagai fasilias dan wahana yang dapat dinikmati, tatanannya juga baik. Anda bisa menikmati pemandangan danau dan sungai yang segar, tanaman-tanaman dan pepohonan rindang, serta restoran-restoran lokal yang menyajikan masakan khas Sunda.

Bila anda ingin bermalam di dusun bambu disediakan dua jenis akomodasi yaitu kampung layung dan saying heulang. Kampung Layung berupa akomodasi penginapan yang berkonsep alam dengan fasilitas nyaman. Jika Anda ingin merasakan penginapan kemah bersensasi mewah dan premium, Anda dapat memilih Sayang Heulang.

4. Wisata Batu Kuda

Wisata Batu Kuda terletak di Cibiru Wetan, kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa barat. Akses perjalanan menuju lokasi ini tidak terlalu menyusahakan sebab berada sekiitar 700 meter dari hutan pinus.

Pemberian nama tempat wisata ini berdasarkan sebuah batu yang berbentuk menyerupai kepala kuda yang ada di area tersebut. Selain kekhasan dari cerita mistisnya, wisata batu kuda menyimpan estetika alam yang begitu indah. Destinasi wisata ini dipeuhi oleh pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi dan lebat.

Anda hanya perlu membayar Rp10.000,00 pada hari libur dan Rp7.500,00 pada hari kerja untuk mengunjungi tempat wisata ini.

Di sini pihak pengelola sudah menyediakan berbagai fasilitas yang sering dibutuhkan seperti tenda sewa, peralatan outbound, toilet, parkir, mushala dan warung-warung dengan harga terjangkau.

Batu kuda termasuk cagar budaya yang diawasi oleh Perhutani langsung, jadi pastikan bahwa Anda juga menjaga keasrian hutan dan tidak merusak hutan.

5. Glamping Lakeside Rancabali

Glamping Lakeside Rancabali terletak di Jalan Raya Ciwidey-Patengan, Situ, Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Tempat ini memang berada tepat di tepi danau Situ Patenggang dan perkebunan teh.

Keunggulan Glamping Lakeside Rancabali adalah disediakannya glamping dengan pemandangan danau yang juga didukung oleh perkebunan teh. Pemandangan sangat instagramable dan khas sehingga cocok bagi Anda yang hobi berfoto. Spot camping di Bandung ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah saja, tapi juga menyajikan udaranya yang begitu segar.

Sesuai dengan namanya, Anda dapat melakukan glamping (glamorous camping) di sini. Anda tidak perlu ribet membawa perlengkapan kemah karena sudah diediakan berbagai pelengkapan. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya, seperti rafting, paintball, archey battle, dan offroad. Harga per malam untuk satu tenda yakni sekitar Rp1.140.000-Rp2.040.000.

Baca Juga: Camping Ground Jogja

6. Grafika Cikole Terminal Wisata

Grafika Cikole berlokasi di Jalan Tangkuban Perahu KM. 8, Cikole, Lembang, Bandung Barat. Karena letaknya yang dekat di jalan raya, Anda tidak perlu mendaki atau melewati medan berat untuk sampai ke sini.

Tiket masuknya seharga Rp 20.000 per orang. Anda tidak perlu ribet menyiapkan peralatan kemah karena di sini terdapat sewa perlatan camping yang lengkap dengan harga yang bervariasi.

Wisata Grafika ini merupakan tempat wisata yang fasilitasnya sangat lengkap mulai dari adanya restoran, penginapan serta berbagai fasilitas wisata lainnya seperti Grafika Bird Park, Urban Camp, Spot Foto untuk Pre-Wedding, Jungle Trekking, Penangkaran Rusa Timor, dan lain-lain. Anda juga dapat melakukan kegiatan outbound seperti flying fox, paintball, dan turun tebing.

7. Trizara Resort Glamping Lembang

Trizara Resort Glamping terletak di Jalan Pasir Wangi, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Lokasinya ini strategis dan dekat terhadap spot wisata terkenal seperti Gunung Tangkuban Perahu. Karena buka setiap hari selama 24 jam, Anda dapat mengunjungi kapanpun. Harga glamping mulai dari Rp950.000 sampai Rp2.500.000.

Udara di kawasan ini sangatlah sejuk. Pemandangan alam berupa hamparan pegunungan dan gunung tangkuban perahu. Selain dapat menengok pemandangan eksotis, anda juga dapat melakukan outbound.

Kamar tenda dibagi menjadi dua yaitu untuk pelancong individu dan untuk rombongan. Disediakan fasilitas-fasilitas yang terdapat di dalam tenda seperti tempat tidur dengan ranjang yang nyaman, hingga kamar mandi pribadi.

Demikian informasi tentang rekomendasi spot camping Bandung, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi Anda. Selanjutnya ketika ingin melakukan kunjungan ke daerah Bandung, sebaiknya Anda menggunakan armada transportasi roda 4 atau lebih. Selanjutnya urusan transportasi liburan ke Bandung dapat Anda percayakan kepada Andara Bus. Informasi lain tentang fasilitas dan harga sewa armada transportasi dapat Anda lihat pada website Andara Bus atau sewa bus pariwisata Jakarta.

Have A Nice Day 😊

Scroll to Top
Chat Admin Disini