Hutan Pinus Rahong

Mengenal Wisata Hutan Pinus Rahong

Jawa barat memang memiliki alam yang menarik. Kenampakan alam pada berbagai lokasi ini tentu mengundang wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Jawa Barat hampir diseluruh wilayahnya ada wisata menarik. Salah satu yang menarik adalah Hutan Pinus Rahong.

Baru – baru ini memang wanawisata hutan pinus sedang meningkat. Para pengunjung sangat senang sekali mengambil gambar pada spot – spot foto yang sudah disediakan oleh pengelola. Hutan Pinus Rahong sendiri merupakan salah satu obyek wisata yang berdekatan dengan wisata Situ Cileunca.

Wisata Hutan Pinus Rahong

Jika anda tertarik dengan Hutan Pinus Rahong, berikut ini kami berikan beberapa hal – hal mengenai wisata ini:

Lokasi Hutan Pinus Rahong

Rahong merupakan kawasan hutan pinus yang terletak di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Kawasan yang dulunya sering dijadikan tempat membuang sampah ini berubah menjadi kawasan wisata sejak tahun 2009 lalu hingga sekarang. Hutan Pinus Rahong sendiri berjarak kurang lebih sekitar 9 km dari pusat kota Pangalengan.

Rute Menuju Lokasi

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat keluar Gerbang Tol Buah Batu, kemudian belok kanan hingga sampai persimpangan antara Ciwidey dengan Pangalengan. Setelah itu, ambil kiri masuk ke Jalan Raya Pangalengan. Ikuti jalan tersebut hingga bertemu atau memasuki kawasan Situ Cileunca. Tidak jauh dari  wilayah Situ Cileunca, sedikit lagi akan masuk ke wana wisata Hutan Pinus Rahong.

Jika dari jalan raya, anda harus masuk lagi menuju jalan yang lebih kecil.  Walaupun jalan tersebut berukuran kecil, tapi kualitas jalan sudah bagus. Selain keluar dari Gerbang Tol Buah Batu, anda juga dapat keluar  dari Gerbang Tol Soreang – Pasir Koja. Jarak yang akan anda tempuh akan relatif lebih dekat yang mana membuat waktu perjalanan lebih cepat. Jika anda lewat Soreang – Pasir Koja maka setelah dari gerbang tol, ambil kiri menuju arah Pangalengan, kemudian tidak jauh dari Kantor Kecamatan Cangkuang, mulai ambil rute ke arah Dangdeur.

Ikuti jalan tersebut hingga masuk ke Jalan Raya Pangalengan. Setelah itu, rute yang dilalui sama dengan jika anda keluar melalui Gerbang Tol Buah Batu.  Sejauh ini memang paling aman dan nyaman menuju Hutan Pinus Rahong adalah menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini mengingat belum adanya rute angkutan umum menuju lokasi. Bahkan untuk ojek online pun juga belum mencapai lokasi.

Harga Tiket

Wisata ini sendiri dibagi menjadi enam kluster sehingga memilki harga tiket yang berbeda – beda pula. Untuk Hutan Pinus Rahong dan Datar Pinus memiliki HTM sebesar Rp. 5.000. Tarif parkir untuk roda dua sebesar Rp. 5.000 sedangkan untuk roda empat adalah Rp. 10.000.

Untuk Wisata Alam Singkur, Wisata Kampung Singkur, dan Bukit Rahong HTM-nya Rp 10.000 per orang. Ketiga kawasan ini tidak memiliki tempat parkir. Sehingga kamu bisa parkir di area Jembatan Rahong dengan tarif Rp 5.000 untuk roda dua dan Rp 10.000 untuk roda empat.

Jika parkir semalaman karena camping, tarifnya Rp 50.000. Jam operasional wanawisata Rahong ini sebenarnya 24 jam karena ada fasilitas camping. Namun untuk yang ingin bermain saja, kamu bisa datang mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB setiap harinya.

Daya Tarik

  • Tempat Family Gathering yang Asri

Untuk anda yang bingung mencari lokasi untuk family gathering yang nyaman dan menyegarkan, anda dapat langsung ke Hutan Pinus Rahong. Selain karena pesona keindahan alam yang asri, wisata Hutan Pinus ini juga memiliki berbagai fasilitas untuk kegiatan keluarga dan kolega. Hal ini tentu membuat wisata satu ini cocok sebagai tempat rekreasi.

  • Wisata Outbond

Salah satu fasilitas dan daya tarik wisatanya adalah adanya fasilitas outbond, tentu ini mendukung sekali untuk melakukan family gathering. Karena seringkali family gathering disertai dengan aktivitas ourbond. Biasanya outbond ini ditujukan untuk menambah kekompakan para peserta.

  • Lokasi Camping

Untuk anda yang berminat bermalam, disini tersedia tempat untuk camping. Seringkali pada hutan pinus rahong digunakan sebagai tempat camping dari para pelajar pramuka. Karena disini tersedia berbagai fasilitas pendukung perkemahan.

  • Wisata Rafting

Salah satu ciri khas wisata Jawa Barat adalah adanya wisata arung jeram. Hal ini karena sebagian besar wilayah di Jawa Barat memiliki sungai dengan bebatuan yang cocok untuk arung jeram. Wisata ini juga memiliki wahana arung jeram untuk anda yang hobi memacu adrenalin.

  • Turtle Area

Wisata hutan pinus ini sendiri juga memiliki area turtle yang mana menyediakan berbagai wahana permainan menarik. Permainan yang tersedia adalah paintball battle, flying fox serta tempat istirahat.

Demikian adalah beberapa hal – hal mengenai hutan pinus rahong. Untuk anda yang ingin berkunjung ke lokasi, disarankan sudah melakukan vaksinasi minimal dosis pertama. Pengelola selalu menghimbau pengunjung untuk selalu menaati protokol kesehatan. Jadi jangan lupa pergunakan masker dan selalu jaga jarak apabila berkunjung. Terimakasih perhatiannya, sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Selalu percayakan urusan transportasi Anda di Sewa Bus Pariwisata Jakarta, demi kenyamanan dan keamanan perjalanan.

See You.

Scroll to Top
Chat Admin Disini