Curug Cibubuay0

Wisata Curug Cibubuay, Air Terjun Menyegarkan di Sukabumi

Wisata alam di wilayah Jawa Barat memang tidak ada habisnya untuk dijelajahi, salah satunya yaitu Wisata Curug Cibubuay. Beberapa bulan terakhir memang sempat dibatasi oleh pemerintah. Hal ini lantaran adanya pandemi yang menyebar di seluruh Indonesia. Pemerintah mengeluarkan kebijakan agar seluruh lokasi wisata ditutup sementara hingga diberikan himbauan untuk buka kembali.

Saat ini, kebijakan soal penutupan sementara sudah dicabut. Pemerintah mulai menggalakkan kembali kunjungan ke sektor – sektor pariwisata. Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang cukup vital untuk Indonesia sendiri. Karena Indonesia memiliki berbagai lokasi wisata yang menarik untuk wisatawan lokal ataupun wisatawan mancanagera.

Namun, seperti yang beberapa bulan lalu terjadi, lokasi – lokasi tersebut terpaksa vakum dan ditutup sementara agar tidak menimbulkan kerumunan. Pemerintah tidak ingin mengambil resiko dengan tetap membuka lokasi wisata. Dengan adanya aturan untuk dibuka kembali lokasi wisata, membuat para pihak yang bekerja pada bidang pariwisata seperti mendapat angin segar. Mereka sudah vakum lama mengikuti aturan pemerintah, akan segera dapat menggerakkan ekonomi kembali. Salah satu lokasi yang juga akan dibuka kembali yaitu, Curug Cibubuay di kawasan Kota Sukabumi.

Memang Sukabumi memiliki stok wisata alam yang sangat melimpah. Mulai dari wisata dengan tema pegununungan, curug, hingga pantai. Sukabumi sendiri menjadi primadona untuk kawasan wisata Jawa Barat. Padahal Jawa Barat juga memiliki wisata alam dengan berbagai lokasi. Tidak heran jika warga kota atau provinsi lain berbondong – bondong liburan ke Jawa Barat.

Hampir diseluruh wilayah Jawa Barat memiliki udara yang sejuk khas pegunungan. Utamanya bagi warga ibukota yang sering bergelut dengan asap kendaraan dan kemacetan. Berwisata ke Jawa Barat utamanya ke Sukabumi menjadi salah satu cara mencari ketenangan dan refreshing dari hiruk pikuk keramaian kota.

Jika kamu nanti berkunjung ke Sukabumi, jangan lupa untuk berkunjung ke Curug Cibubuay yang seperti tertulis diatas bahwa wisata Curug Cibubuay sudah mulai dibuka kembali setelah sebelumnya ditutup karena pandemi.

Wisata Curug Cibubuay

Wisata Curug Cibubuay masuk kedalam kawasan obyek wisata Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Wilayah Pelabuhan Ratu juga memiliki beberapa pantai yang terhampar di pesisir pantai Jawa Barat. Sukabumi memang memiliki sebutan sebagai kota dengan 1000 air terjun. Hal ini terjadi lantaran Sukabumi memiliki berbagai lokasi dengan curug yang sudah terkenal maupun hanya dikenal oleh warga sekitar.

Warga pada beberapa wilayah Sukabumi biasanya melkukan eksplorasi untuk mencari tahu apabila ada curug yang baru. Salah satu yang sudah dieksplorasi adalah wisata Curug Cibubuay. Wisata Curug Cibubuay sendiri biasa disebut dengan Curug Cipanas atau Curug Tangga. Curug ini sendiri tepatnya berlokasi di Desa Mekar Asih, Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

Untuk kamu yang penasaran dan ingin menikmati hawa pegunungan yang sejuk dan asri, kamu dapat berkunjung ke wisata Curug Cibubuay. Panorama air terjun dan sekitarnya dapat memanjakan mata kamu. Pemandangan disini cocok dinikmati dengan bersantai untuk menghilangkan kepenatan dan kejenuhan dari pekerjaan selama sepekan.

Keunikan Curug Cibubuay

Curug Cibubuay sendiri merupakan aliran dari Sungai Cibubuay. Sungai ini memiliki aliran air yang jernih dan menyegarkan. Sehingga apabila kamu berniat berenang disini, maka kamu dapat melihat bebatuan dasar sungai yang menawan. Berenang disini pun sangat aman dan nyaman karena aliran air yang jernih dan tidak terlalu deras. Memang terdapat hawa yang dingin, tetapi jika kamu sudah bermain dan berendam di dalam air maka hawa dingin tersebut akan sedikit berkurang.

Wisata Curug Cibubuay sendiri memiliki ciri khas yang berupa undakan tujuh tangga air, dari situlah curug ini juga disebut sebagai curug tangga. Selain itu, keunikan yang lain adalah air yang mengalir pada curug ini akan tetap jernih walaupun sudah diguyur hujan.

Suasana yang tenang dibalut dengan gemericik air terjun benar- benar bisa membuat hati tenang dan nyaman. Satu lagi yang tidak kalah unik adalah tersedianya mata air panas yang alami. Mata air panas ini bersumber dari celah bebatuan pada curug. Kehangatan air ini dapat digunakan untuk menghangatkan badan ditengah udara sejuk wisata Curug Cibubuay.

Lokasi

Wisata Curug Cibubuay ini belum banyak didatangi pengunjung, hanya beberapa warga sekitar curug yang menikmati keindahan wisata alam satu ini. Sebenarnya lokasi hanya berjarak kurang lebih 10 km jika dari Pelabuhan Ratu, namun karena aksesnya masih jalanan batu jadi memakan waktu yang relatif agak lama. Tetapi kamu jangan khawatir jika akan berkunjung kesini, karena wisata Curug Cibubuay sudah tersedia di Google Maps. Jadi kamu hanya tinggal mengikuti instruksi dari smartphone kamu.

Informasi terbaru yang didapatkan, menurut Kepala desa Mekar Asih, sebelum dibangun dan ditata Pemerintah Daerah, objek ini sebenarnya sudah biasa di kunjungi warga, hanya jangkauannya masih terbatas warga sekitar. Namun setelah ada pembangunan kawasan, pengunjung mulai banyak yang datang. Tidak sebatas warga sekitar saja,tapi pengunjung dari luar daerah pun banyak yang datang.

Demikian adalah beberapa hal mengenai wisata Curug Cibubuay. Anda dapat mengunjungi Curug Cibubuay bersama keluarga kamu atau dengan pasangan kamu. Curug Cibubuay sangat cocok untuk lokasi berlibur terutama yang ingin menikmati wisata alam yang menawan. Selalu percayakan urusan transportasi Anda di Sewa Bus Pariwisata Jakarta, demi kenyamanan dan keamanan perjalanan.

See You.

Scroll to Top
Chat Admin Disini