Wisata Green Canyon Pangandaran

Mengenal Wisata Green Canyon Pangandaran

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kenampakan alam yang menawan. Hal ini didukung pula dengan fakta bahwa Indonesia merupakan negara tropis. Negara tropis diberkahi dengan sinar matahari yang terik sepanjang. Kondisi seperti ini tentu sangat cocok untuk berwisata dan bertamasya. Indonesia sendiri memiliki berbagai lokasi wisata alam yang menarik, salah satunya yang akan kita bahas adalah wisata Green Canyon Pangandaran.

Sebelum kita masuk pada wisata Green Canyon Pangandaran, mari kita cari tahu sedikit tentang Green Canyon. Green Canyon adalah  berupa ngarai yang berada di hulu sungai, sehingga kecuraman bebatuan tebing di tepi sungai justru menjadi lokasi wisata favorit. Jadi namanya memang hampir sama dengan wisata alam terkenal di Amerika yaitu “Grand Canyon”. Wisata Green Canyon Pangandaran ini juga dikenal dengan nama lokal “Cukang Taneuh” yang artinya adalah jembatan tanah apabila dalam bahasa Sunda. Berikut ini kami sajikan beberapa hal yang berkaitan dengan Wisata Green Canyon Pangandaran.

Wisata Green Canyon Pangandaran

Lokasi Wisata Green Canyon Pangandaran

Pangandaran merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Barat. Pangandaran sendiri berada di semenanjanung pantai selatan Jawa Barat yang mana terletak 91 km dari Kota Ciamis. Karena posisinya yang berada di semenanjung inilah yang menjadikan Pangandaran sebagai salah satu lokasi yang dapat menikmati sunrise dan sunset pada hari yang sama. Sedangkan lokasi wisata Green Canyon berada kurang lebih 31 km dari Pangandaran.

Untuk anda yang ingin berkunjung, berikut akan kami berikan rute terbaik untuk anda. Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi dan berangkat dari Jakarta, maka anda akan menempuh jarak sekitar 358 km atau 6-8 jam perjalanan. Ini dapat anda lalui dengan rute Bandung – Tasikmalaya – Banjar – Pangandaran. Lalu anda lanjutkan menuju Green Canyon 31 km.

Jika anda menggunakan transportasi umum, pilihan yang tersedia adalah bus antar kota. Dari Jakarta, anda dapat naik dari Terminal Kampung Rambutan dan langsung menuju Terminal Pangandaran. Jadwal yang tersedia hanya pada pagi hari dengan rentang waktu keberangkatan 30 menit. Apabila anda dari Bandung, anda dapat menggunakan Bus Budiman dengan rute yang tersedia adalah dari Bandung – Tasikmalaya – Banjar – Pangandaran.

Jangan khawatir apabila anda berangkat dari Yogyakarta, Anda dapat menggunakan bus dengan rute Yogyakarta – Cilacap – Kalipucang – Pangandaran. Setelah anda tiba di terminal Pangandaran, dilanjutkan menggunakan minibus menuju terminal Cijulang dan menggunakan ojek menuju Wisata Green Canyon Pangandaran.

Biaya Tiket Masuk

Sebuah lokasi wisata umunya selalu ada yang namanya retribusi atau tiket masuk. Pada wisata Green Canyon ini, anda harus merogoh kocek sebesar Rp. 150.000 untuk menikmati wisatanya. Biaya sebesar itu sudah termasuk sewa perahu yang akan mengantar jemput anda dengan kapasitas memuat 6 orang. Perahu – perahu ini nantinya akan mengantar anda menyusuri Sungai Cijulang menuju obyek wisata Green Canyon yang ditempuh dalam waktu kurang lebih setengah jam.

Kegiatan di Wisata Green Canyon Pangandaran

Aktivitas yang bisa anda lakukan di Green Canyon tidak hanya sekedar berperahu, tapi kamu juga bisa menikmati aktivitas lain seperti berenang dan arung jeram dengan mengeluarkan tambahan Rp 350.000 untuk biaya sewa alat safety dan pemandu lokal. Arung jeram pada Green Canyon ini sedikit berbeda dari arung jeram biasanya. Karena disini pengunjung kurang lebih 5 orang akan bergandengan tangan membentuk lingkaran, lalu akan mengambang mengikuti arus sungai.

Walaupun begitu, tetap disediakan pemandu agar arung jeram tetap aman. Setiap kapal memiliki pelampung dan pemandu yang tersedia untuk menjamin keamanan dan kenyamanan selama berlayar di Green Canyon. Untuk kegiatan bermain air seperti renang dan body rafting diwajibkan mengantri hingga dipanggil oleh pengelola. Hal ini dilakukan agar pengunjung yang ramai tetap bisa dengan nyaman menikmati wisata Green Canyon.

Aktivitas aquatik ini direkomendasikan untuk orang yang berusia minimal 5 tahun hingga maksimal 60 tahun. Tidak boleh dilewatkan juga oleh pengunjung yaitu wahana Rock Jumping di Green Canyon. Wahana ini cocok untuk anda yang suka sekali memacu adrenalin. Salah satu hal yang membedakan dengan lokasi lain adalah anda akan langsung disambut air yang jernih dan menyegarkan setelah melakukan lompatan dari batu.

Anda tidak perlu risau tentang safety pada wisata Green Canyon karena petugas keselamatan selalu siap sedia dan peralatan keselamatan pun sudah pada kondisi yang siap pakai. Selain melakukan kegiatan diatas, Anda bisa bersantai dan menikmati hujan abadi yang mengelilingi Green Canyon ini. Hujan abadi ini adalah tumpahan air melalui rembesan air dari ngarai lembah, limpasan air yang mengalir ini membentuk pancuran seperti hujan yang tidak pernah kering.

Fasilitas Wisata

Seperti yang biasa kita temui pada obyek wisata lainnya, fasilitas yang tersedia adalah sebeagai berikut:

  • Dermaga perahu
  • Tempat parkir luas
  • Pusat informasi
  • Ruang tunggu
  • Toilet
  • Musala
  • Warung makanan dan minuman
  • Tempat oleh-oleh
  • Restoran seafood
  • Penginapan

Demikian adalah beberapa hal mengenai wisata green canyon pangandaran. Wsiata alam ini memang memberikan suasana yang menenangkan dan nyaman bagi pengunjung. Jadi, jangan anda lewatkan kesempatan untuk berwisata dan menikmati kenampakan alam Indonesia. Terimakasih atas perhatian anda, sampai jumpa pada artikel berikutnya. Selalu percayakan urusan transportasi Anda di Sewa Bus Pariwisata Jakarta, demi kenyamanan dan keamanan perjalanan.

See You.

Scroll to Top
Chat Admin Disini