Kedungkandang

Rekomendasi 7 Wisata Gunungkidul

Saat berlibur di Gunungkidul, ada beberapa tempat wisata Gunungkidul yang tidak boleh Anda lewatkan seperti Gua Pindul, Air Terjun Sri Gethuk dan Pantai Gesing. Wisata Gunungkidul sangat digemari berbagai kalangan karena menawarkan sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Gunungkidul adalah salah satu kecamatan di D.I. Yogyakarta. Lokasinya di selatan. Jika Anda datang dari pusat kota atau alun-alun Yogyakarta, jarak tempuhnya hanya sekitar 40 km dan jika menggunakan mobil akan memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Rekomendasi Wisata Gunungkidul

Dari sekian banyak tempat wisata di Gunungkidul, ada beberapa yang terkenal dan wajib dikunjungi karena memiliki pemandangan yang indah dan pastinya menjadi tempat yang wajib dikunjungi. Berikut beberapa tempat wisata di Gunungkidul yang wajib Anda kunjungi.

1. Gua Pindul

wisata gunungkidul

Selain wisata gua di Gunungkidul, ada juga Gua Pindul. Sementara Gua Jomblang terkenal dengan skylight-nya, Gua Pindul terkenal dengan pipa-pipa guanya, berkeliling atau turun ke dalam gua menggunakan ban yang mengapung di sungai.

Namun, jika Anda datang di pagi hari di siang hari, Anda pasti bisa melihat pemandangan sinar matahari yang masuk ke dalam goa seperti Goa Jomblang. Sensasi melihat indahnya cahaya dari dalam goa sambil menaiki ban terapung di atas air tentunya akan sangat menakjubkan.

Dalam satu tur, Anda dapat mengikuti 4-5 orang untuk membuat suasana lebih hidup. Wisata Gunungkidul Gua Pindul buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00.

2. Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun berikutnya yang tergolong wisata Gunungkidul sedang hits adalah air terjun Sri Gethuk. Wisata air terjun ini memiliki tampilan yang sangat aneh karena bebatuan di bawah air terjun ini berwarna coklat dengan pepohonan yang menghijau di sekelilingnya.

Hanya saja, air terjun di sini masih mengalir deras meski sedang musim kemarau. Dengan demikian, Anda bisa berkunjung kapan saja. Tapi ingat, saat musim hujan, kolam di bawah air terjun Kedung Kandang bisa mencapai kedalaman hingga 5 meter.

3. Pantai Gesing

wisata gunungkidul

Lalu ada pantai Gesing yang memiliki banyak tempat wisata yang indah untuk difoto. Wisata pantai ini memiliki pemandangan laut yang sangat indah dan hamparan batu karang yang panjang.

Selain itu, ada banyak spot fotografi kontemporer yang bisa Anda kunjungi. Mulai dari kursi perahu, dek kaca dan lainnya. Saat mengambil foto di sini Anda harus berhati-hati dengan ombaknya karena ombaknya cukup besar. Anda bisa datang kapan saja karena wisata satu ini buka 24/7.

4. HeHa Ocean & Sky View

HeHa Ocean & Sky View adalah tempat wisata yang populer di Gunungkidul. Tempat wisata ini memang sengaja didesain mirip Santorini di Yunani, sehingga disebut Santorini oleh Gunungkidul.

HeHa Ocean & Sky View pada dasarnya adalah 2 tempat wisata yang berbeda tetapi masih dikelola oleh pengelola yang sama. Untuk HeHa Ocean View menawarkan pemandangan laut yang indah

Sementara itu, HeHa Sky View menawarkan lebih banyak pemandangan langit dan kota Yogyakarta dari atas. Selain menyuguhkan pemandangan laut yang memukau, terdapat spot foto angkringan, refleksi dan tentunya kesempatan foto yang Instagramable.

5. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglangeran merupakan daya tarik dari Gunungkidul dengan pemandangan yang indah. Objek wisata Gunungkidul ini pada dasarnya merupakan kawasan pendakian yang telah diakui oleh Global Geoparks Network karena keindahan alamnya.

Biasanya wisatawan suka melihat matahari terbit dari gunung ini, jadi tak heran jika beberapa orang datang ke sini untuk berkemah di pagi hari. Untuk mencapai puncak, waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 50-60 menit karena jalur pendakian yang cukup sulit dan melelahkan.

Gunung Api Nglangeran Purba terletak di Desa Nglangeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul.

6. Air Terjun Kedung Kandang

Gunungkidul juga menawarkan wisata air terjun yang luar biasa, yaitu Air Terjun Kedung Kandang. Air Terjun Kedung Kandang merupakan salah satu air terjun yang ada di Gunungkidul yang terlihat indah, kuno dan pastinya enak dilihat jika dijadikan sebagai background foto.

Air terjun di sini memiliki banyak anak tangga dan kolam di bawahnya. Wisata satu ini bisa dikatakan mengalir di tengah bukit karena di sisi kiri dan kanannya terdapat hamparan rumput dan pepohonan hijau yang indah.

Meski bisa datang kapan saja karena buka 24 jam, namun disarankan datang pada pagi dan sore hari agar tidak terlalu panas. Hindari datang pada musim hujan karena jalan menuju air terjun ini akan licin.

7. Puncak Segoro

Puncak Segoro merupakan salah satu tempat wisata di Gunungkidul yang menjadi spot foto favorit para pengunjung. Lokasi Puncak Segoro terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul.

Lokasi objek wisata ini tidak jauh dari teras kaca pantai Nguluran. Di sini, Anda dan keluarga bisa menikmati pemandangan Puncak Segoro dan berfoto di beberapa lokasi. Mulai dari ayunan kayu, kereta emas, dan lainnya.

Demikian informasi tentang rekomendasi wisata Gunungkidul, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi Anda. Selanjutnya ketika ingin melakukan kunjungan ke daerah Gunungkidul, sebaiknya Anda menggunakan armada transportasi roda 4 atau lebih. Selanjutnya urusan transportasi liburan ke Gunungkidul dapat Anda percayakan kepada Andara Bus. Informasi lain tentang fasilitas dan harga sewa armada transportasi dapat Anda lihat pada website Andara Bus atau sewa bus pariwisata Jakarta.

Have A Nice Day 😊

Scroll to Top
Chat Admin Disini