Pule Payung

Rekomendasi 7 Wisata Kulon Progo

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan masakannya tetapi juga tujuan wisata yang menarik. Salah satu tempat wisata yang menarik wisatawan adalah wisata Kulon Progo.

Tempat wisata ini memiliki karakter dan sejarah yang unik, sehingga menarik bagi pengunjung untuk dikunjungi dan tidak hanya penduduk lokal tetapi juga orang asing. Setelah memulai pembangunan bandara baru, Bandara Internasional Yogyakarta Baru di pantai Kulon Progo, banyak destinasi baru bermunculan dan siap melayani wisatawan.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan di wisata Kulon Progo ini, mulai dari mengunjungi tempat wisata alam, menikmati adrenalin, wisata kuliner, berenang di kolam alami hingga berfoto di lokasi yang bisa dilihat.

Rekomendasi Wisata Kulon Progo

Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten di Provinsi DIY yang memiliki banyak objek wisata. Di Kulon Progo, Anda bisa menikmati berbagai tempat wisata yang lengkap mulai dari wisata gunung, wisata pantai, wisata kota dan wisata sejarah.

Agar tidak bingung dengan destinasi wisata Kulon Progo terlebih dahulu, yuk simak rekomendasi tempat yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga.

1. Puncak Widosari

wisata kulon progo

Anda merupakan pemburu matahari terbenam dan fajar? Semuanya bisa dilihat di Puncak Widosari ini. Berlawanan dengan imajinasi kita, puncak ini bukanlah gunung, melainkan batu raksasa setinggi menara.

Untuk sampai ke tempat wisata Kulon Progo ini, Anda harus sedikit berjuang untuk sampai ke sana. Kami harus melewati sederetan anak tangga yang agak curam dan berkelok-kelok. Selain menikmati indahnya sunrise dan sunset, Anda juga bisa menikmati keindahan Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan pantai selatan Jogja.

2. Air Terjun Kembang Soka

wisata kulon progo

Jika Anda bosan dengan suasana perkotaan, maka tempat wisata di Kulom Progo ini cocok untuk Anda. Saat Anda mengunjungi Air Terjun Kembang Soka, Anda akan disambut oleh air yang mengalir deras dan udara yang sejuk. Jalur air terjun ini juga memiliki banyak lantai sehingga saat air terjun memiliki nilai keindahan tersendiri.

Ada juga ayunan untuk Anda yang ingin duduk dan berfoto di tepi air terjun. Jika tidak membawa makanan, jangan khawatir, disana juga terdapat warung makan dan tentunya makanan khas Yogyakarta yaitu gudeg.

3. Goa Kebon

Tempat wisata yang satu ini bisa dibilang sebagai hidden gem Kulon Progo lho. Memang lokasinya berada di taman yang rimbun atau taman dengan berbagai macam tanaman dan bunga sehingga sangat sedikit orang yang mengetahuinya.

Sesampai di sana Anda akan disambut dengan menuruni tangga dan Anda harus menuruni beberapa anak tangga tersebut untuk mencapai mulut Goa Kebon. Di pintu masuk goa, Anda akan menikmati suara gemericik air dari air terjun yang jernih dan menyegarkan.

Nilai menarik dari Goa Kebon, selain pemandangannya yang indah, sumber air terjun ini konon tidak pernah habis meski musim kemarau telah tiba. Selain itu, tempat ini juga memiliki stalaktit dan stalagmit yang bisa dijadikan latar belakang pengunjung untuk berfoto selfie.

4. Pantai Glagah

Pantai Glagah yang terletak di Kabupaten Kulon Progo Wisata ini terkenal sebagai salah satu pantai dengan ombak besar. Oleh karena itu, tidak heran jika di kawasan pantai ini terdapat 4.444 individu tetrapoda yang tersusun dari struktur beton berkaki empat.

Fungsi strut ini yaitu sebagai pemecah gelombang agar tidak menembus lebih dalam ke pantai. Di tengah rantai empat roh, jalan beton panjang mengarah ke tengah laut, yang juga merupakan pintu masuk ke dermaga. Banyak pengunjung yang benar-benar memanfaatkan kawasan hewan berkaki empat ini untuk memancing sambil menikmati semilir angin laut dan deburan ombak.

5. Rafting Kalibawang

Apakah Anda menyukai tantangan dan permainan air yang ekstrem? Sangat sayang jika Anda melewatkan wisata Kulon Progo ini. Anda bisa menikmati keseruan yang memacu adrenalin. Sambil bermain air, tentunya Anda bisa menikmati keindahan tebing-tebing yang mengelilingi sungai.

Mengarungi sungai yang berarus deras, seorang pemandu akan menemani anda di depan dan belakang perahu dan jangan khawatir, Sungai di Kulon Progo ini juga telah menjalani beberapa uji kelayakan untuk wisata arung jeram.

6. Kalibiru

wisata kulon progo

Liburan di Yogyakarta wajib untuk singgah di Kalibiru, sebuah objek wisata menarik yang terletak di kawasan wisata Kulon Progo. Bagi Anda yang suka berfoto-foto lalu mempostingnya di akun media sosial pribadinya, tempat ini patut untuk dicoba. Salah satu wisata Kulon Progo yang menyediakan banyak sudut instagram untuk wisatawan.

Tempat favorit yang tidak boleh Anda lewatkan, sebab adanya latar belakang dengan Waduk Sermo. Tapi butuh sedikit kerja keras untuk sampai ke tumpuan di pangkal pohon ini. Anda harus menaiki tangga untuk sampai ke puncak pohon, kemudian mengambil beberapa foto yang bagus.

7. Pule Payung

Dinas Pariwisata Kulon Progo tampak senang menghadirkan tempat dengan spot foto dataran tinggi. Wisata lainnya yang wajib kita coba adalah sky swing di Bukit Pule Payung. Selain itu masih banyak spot lain yang menarik untuk Anda kunjungi, seperti foto pada ketinggian, bersepeda di atas tali, dan lain-lain.

Demikian informasi tentang rekomendasi wisata Kulon Progo, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi Anda. Selanjutnya ketika ingin melakukan kunjungan ke daerah Kulon Progo, sebaiknya Anda menggunakan armada transportasi roda 4 atau lebih. Selanjutnya urusan transportasi liburan ke Kulon Progo dapat Anda percayakan kepada Andara Bus. Informasi lain tentang fasilitas dan harga sewa armada transportasi dapat Anda lihat pada website Andara Bus atau sewa bus pariwisata Jakarta.

Have A Nice Day 😊

Scroll to Top
Chat Admin Disini