13 Oleh-oleh Khas Jogja Selain Bakpia

13 Oleh-oleh Khas Jogja Selain Bakpia

Yogyakarta merupakan kota yang tak pernah sepi oleh wisatawan. Ketika berkunjung ke kota istimewa ini, belum lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh khas Jogja untuk keluarga atau teman. 

Selain memiliki banyak destinasi wisata, Jogja juga dikenal dengan suasana kotanya yang nyaman serta makanan khasnya yang enak. Tak hanya itu, Jogja juga memiliki berbagai jenis oleh-oleh, mulai dari makanan, baju, hingga kerajinan tangan. 

Oleh karena itu, tidak jarang orang terdekat kita tidak sabar untuk mendapatkan oleh-oleh saat kita berkunjung ke Jogja. 

Daftar Oleh-Oleh Khas Jogja

Salah satu oleh-oleh khas dari kota Jogja yaitu bakpia. Anda akan menemukan berbagai macam merek bakpia di kota ini. 

Selain bakpia, apakah ada oleh-oleh khas Jogja lainnya yang bisa diberikan ke orang-orang terdekat? Tentu saja ada. 

Berikut adalah beberapa daftar oleh-oleh yang bisa Anda temukan di Jogja.

1. Gudeg Bu Tjitro

Salah satu makanan yang tidak bisa dipisahkan dari Jogja yaitu gudeg. Makanan ini sudah menjadi makanan khas dan wajib Anda coba ketika berkunjung ke kota ini. 

Kabar baiknya, Anda bisa membawa makanan ini untuk dijadikan oleh-oleh, loh. Saat ini ada Gudeg Bu Tjitro yang menyediakan gudeg dalam bentuk kaleng.

Gudeg dalam kemasan kaleng ini tentu akan memudahkan Anda untuk membawanya. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir gudeg akan basi atau tumpah dan mengotori tas.

oleh-oleh khas jogja

2. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Makanan khas Jogja lainnya yaitu oseng-oseng mercon. Sama seperti oleh-oleh gudeg sebelumnya, Oseng-Oseng Mercon Bu Narti ini juga hadir dalam kemasan kaleng. 

Anda bisa menjadikan oseng-oseng mercon ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman. 

Untuk menikmati makanan ini, Anda bisa menyantapnya secara langsung. Namun, jika ingin terasa lebih nikmat, Anda bisa memanaskannya terlebih dahulu.

3. Kopi Merapi

Selain oleh-oleh makanan, ada juga oleh-oleh minuman khas Jogja, yaitu Kopi Merapi. 

Biji kopi yang digunakan pada produk ini berasal dari Sleman, Yogyakarta. Beberapa jenis biji kopi dari daerah ini yaitu greenbean, robusta, serta arabika.

Produk kopi ini hadir dalam kemasan yang mudah dibawa atau dimasukkan ke dalam tas maupun koper. Kemasan kopi ini juga hadir dalam berbagai ukuran dari 8 gram, 75 gram, hingga 200 gram.

oleh-oleh khas jogja

4. Japanese Pillow

Oleh-oleh selanjutnya yang bisa Anda bawa ke kota asal yaitu Japanese Pillow. Anda bisa menemukan roti ini di outlet Kenes Bakery. 

Japanese Pillow ini merupakan roti sobek dengan tekstur yang lembut dengan berbagai jenis isian. 

Beberapa pilihan rasa yang bisa Anda coba yaitu Smoke Beef Cheese Mayo, Italian Beef, atau Nutella Cheese.

5. Coklat Monggo

Rekomendasi oleh-oleh selanjutnya yaitu Coklat Monggo. Coklat ini merupakan salah satu merek coklat yang populer di Jogja. 

Selain membeli produk coklat, di toko sekaligus pusat industri Coklat Monggo ini Anda bisa mencoba aktivitas lain. Misalnya seperti mencoba membuat coklat atau mengunjungi museum yang berisi informasi mengenai coklat.

6. Geplak

Jika Anda berkunjung ke daerah Bantul, Anda bisa membeli oleh-oleh Geplak Mbok Tumpuk. Produk geplak ini begitu terkenal di kalangan wisatawan. 

Makanan dengan cita rasa manis ini terbuat dari campuran kelapa dan gula. Geplak juga memiliki berbagai macam warna cantik dan beragam rasa seperti original, stroberi, coklat, dan pandan.

7. Bakpia Kukus Tugu

Makanan selanjutnya yang bisa Anda jadikan oleh-oleh yaitu Bakpia Kukus Tugu. Jangan salah, produk bakpia ini berbeda dari bakpia kebanyakan. 

Jika biasanya bakpia dimasak dengan cara dioven, maka Bakpia Kukus Tugu ini dimasak dengan cara dikukus. 

Selain bakpia kukus, Anda juga bisa membeli brownies yang tak kalah enaknya.

8. Belalang Goreng

Jika Anda ingin memberikan oleh-oleh yang sedikit ekstrim dan anti mainstream, Anda bisa membeli belalang goreng. Anda bisa menemukan makanan ini di pinggir jalan sekitar Gunung Kidul

Makanan yang unik ini memiliki tekstur yang renyah dan cita rasa gurih.

9. Dagadu

Selain oleh-oleh makanan dan minuman, Anda juga bisa membelikan produk kaus Dagadu. Dagadu ini sudah ada sejak tahun 1994 dan begitu terkenal di kalangan wisatawan. 

Kaus Dagadu identik dengan warna yang beragam bertuliskan kata-kata dengan desain yang unik. Untuk mendapatkan produk kaus Dagadu yang asli, sebaiknya Anda membelinya di Malioboro Mall atau Yogyatourium Dagadu Djokdja.

10. Naturalan

Ada juga produk kerajinan khas Jogja bernama Naturalan yang cocok dijadikan oleh-oleh. 

Beberapa produk yang ada di Naturalan yaitu kursi, meja, keranjang, serta bantal kursi. Semua produk tersebut terbuat dari bahan-bahan alam yang ramah lingkungan.

11. Kaloka Pottery

Ada juga produk kerajinan cangkir dan piring dari tanah liat dari Kaloka Pottery yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. 

Anda tidak perlu khawatir cangkir dan piring tersebut akan rusak atau pecah. Sebab, Kaloka Pottery memiliki standar pengemasan yang aman.

12. Dowa Bag

Rekomendasi oleh-oleh selanjutnya yaitu Dowa Bag. Produk tas di toko ini merupakan tas rajutan yang dibuat secara handmade tanpa bantuan mesin. 

Oleh karena itu, tidak heran apabila tas ini memiliki detail yang begitu rapi.

13. Batik Kayu

Jika biasanya batik digambar di atas kain, produk batik ini justru digambar di atas kayu. 

Ada beragam produk batik kayu yang bisa Anda beli. Misalnya gantungan kunci, mangkok, piring, serta pajangan dinding. 

Penutup

Itu dia beberapa oleh-oleh yang bisa Anda beli di Jogja. Semoga bisa membantu Anda untuk menemukan oleh-oleh yang menarik untuk orang-orang di rumah, ya.

Scroll to Top
Chat Admin Disini