10+ Makanan Khas Solo, Hobi Kulineran Wajib Coba

10+ Makanan Khas Solo, Hobi Kulineran Wajib Coba

Solo merupakan salah satu kota besar di Provinsi Jawa Tengah. Kota dengan citra budaya Jawa yang kental ini memiliki berbagai macam makanan khas Solo yang wajib kamu coba. 

Karakteristik Makanan Khas Solo 

Indonesia merupakan negara dengan beraneka ragam kuliner khas daerah. Tiap daerah memiliki ciri khas makanan yang berbeda. Latara belakang budaya yang berbeda di setiap daerah menjadi salah satu faktor perbedaan ciri khas makanan tersebut. 

Misalnya makanan khas Solo. Beberapa makanan khas dari kota ini merupakan hasil akulturasi dengan budaya lain yang pernah mendiami Solo. 

Contohnya adalah gule dan sate solo yang mendapat pengaruh dari suku Arab, timlo yang mendapat pengaruh dari suku Tionghoa, dan selat solo yang mendapat pengaruh dari bangsa Belanda. 

Selain itu, ciri khas makanan Solo lainnya yaitu memiliki cita rasa manis dan gurih. Makanan Solo juga banyak yang terbuat dari bahan dasar jagung, ketela, dan beras. Kota Solo juga terkenal dengan makanan kudapannya yang gurih dan terbuat dari ketan, singkong, beras, dan parutan kelapa.

Macam-Macam Makanan Khas Solo

Jika kamu memiliki rencana berkunjung ke kota Solo, beberapa kuliner berikut ini wajib kamu cicipi.

1. Nasi Liwet

Makanan yang wajib kamu coba ketika berada di Solo yaitu Nasi Liwet. Nasi pada kuliner ini dibumbui agar terasa gurih, mirip seperti nasi uduk. 

Biasanya, nasi ini disajikan dengan tambahan areh atau sayuran. Nasi Liwet ini disajikan dengan alas daun pisang yang membuatnya semakin lezat dan berbau enak. 

nasi liwet
Sumber : Sajian Sedap

2. Selat Solo

Ada juga Selat Solo yang merupakan hasil akulturasi dengan budaya Eropa. 

Makanan ini berisi daging bistik, wortel, kentang, tomat, buncis, dan telur rebus. Kemudian, makanan ini disajikan dengan tambahan saus di atasnya.

3. Tengkleng

Makanan khas selanjutnya yaitu Tengkleng. Kuliner satu ini hampir mirip seperti gulai. Bedanya, Tengkleng berisi potongan tulang dengan sedikit daging kambing yang melekat. 

tengkleng
Sumber : Sajian Sedap

4. Timlo

Makanan selanjutnya yaitu Timlo dengan cita rasa yang segar. Kuliner ini berisi mie putih, sosis solo, suwiran ayam, irisan telur, dan wortel, lalu ditambah kecap. Makanan ini disajikan dengan siraman kuah kaldu yang lezat. 

5. Sup Matahari

Sup dengan penyajian yang cantik mirip bunga matahari ini memiliki kuah bening dengan rasa gurih dan segar. Di dalam seporsi Sup Matahari berisi wortel, kentang, jamur tiram, telur dadar, jagung, dan daging ayam. 

sup matahari
Sumber : cookpad.com

6. Soto Gading

Kuliner khas Solo selanjutnya yaitu Soto Gading. Soto ini memiliki kuah bening dengan rasa yang gurih dan segar. 

Secara sekilas, makanan ini hampir sama seperti soto lainnya. Namun, soto dengan pilihan lauk yang beragam ini wajib kamu coba ketika berada di Solo.

7. Tahu Kupat

Ada juga kuliner Tahu Kupat. Tentunya makanan ini berbeda dengan Kupat Tahu yang berasal dari Magelang

Tahu Kupat memiliki tambahan isian berupa mie kuning. Selain itu bumbu siram yang terbuat dari kecap khusus membuat cita rasa Tahu Kupat berbeda dengan Kupat Tahu. 

8. Sate Buntel

Kuliner khas Solo dengan nama unik selanjutnya yaitu Sate Buntel. Dalam Bahasa Indonesia, kata buntel memiliki makna bungkus. 

Makanan ini terbuat dari bahan dasar daging kambing yang dicacah lalu dibungkus dengan lapisan lemak yang tipis. Proses pengolahannya yaitu dengan cara dibakar. 

Rasa bakaran lemak yang lezat pada sate ini tentu tidak bisa kamu lewatkan ketika berkunjung ke Solo.

sate buntel
Sumber : Pinterest

9. Sate Kere

Selain Sate Buntel, ada juga Sate Kere khas Solo. Biasanya sate berbahan dasar daging, tetapi berbeda dengan Sate Kere ini. 

Bahan dasar pembuatan Sate Kere ini yaitu tempe gembus. Tempe gembus merupakan olahan dari ampas tahu. 

Awalnya, Sate Kere ini muncul karena keinginan masyarakat menengah ke bawah yang ingin menikmati sate. Sebab, pada zaman dahulu, hanya bangsawan yang bisa menikmati sate. 

Hal tersebut terjadi karena harga daging yang mahal. Oleh karena itulah, masyarakat menciptakan Sate Kere dengan bahan dasar yang lebih murah.

10. Brambang Asem

Makanan selanjutnya yaitu Brambang Asem. Kuliner Solo ini terbuat dari daun ubi jalar yang direbus dan ditambah dengan bawang merah serta cabai. 

Kamu bisa menyantap makanan ini dengan tempe gembus agar terasa lebih nikmat. 

11. Cabuk Rambak

Ada juga kuliner jajanan pasar seperti Cabuk Rambak yang wajib kamu coba. Bahan dasar makanan ini yaitu potongan ketupat yang disiram dengan saus wijen. Biasanya, makanan ini disajikan dengan tambahan kerupuk karak. 

cabuk rambak
Sumber : Hanan Wahidi/Shutterstock

12. Serabi Solo

Makanan khas dari Solo selanjutnya yaitu Serabi Solo. Kuliner satu ini terbuat dari tepung beras yang dimasak pada tungku khusus. Oleh karena itu, rasanya pun lebih legit dan gurih.

13. Lenjongan

Makanan dengan cita rasa manis selanjutnya yaitu Lenjongan. Biasanya, makanan ini disiram dengan gula merah di atasnya. 

14. Tahok

Makanan khas dari Solo yang terakhir yaitu Tahok. Tahok merupakan makanan hasil akulturasi dengan budaya Tionghoa. 

Bahan dasar makanan ini yaitu sari kedelai yang telah dibuat agar-agar dengan tambahan kuah jahe. Sari kedelai yang lembut dengan kuah jahe yang panas ini akan cocok kamu nikmati ketika hujan turun.

Penutup

Itu beberapa kuliner khas kota Solo yang wajib kamu cicipi. Tak hanya makanan berat, ternyata ada juga makanan ringan seperti jajanan pasar khas Solo yang bisa kamu nikmati.

Scroll to Top
Chat Admin Disini