surabaya

30 Macam Makanan Khas Surabaya yang Terkenal

Apakah Anda sedang berada di Surabaya dan bingung mencari rekomendasi makanan khas Surabaya? Simak informasi dari Andara bus tentang 30 macam makanan khas Surabaya terkenal.

Berwisata merupakan kegiatan menyenangkan apalagi perginya bersama rombongan mengunjungi tempat wisata baru seperti Surabaya. Pergi ke Surabaya bersama rombongan tentunya membutuhkan kendaraan yang muat untuk orang banyak.

Kendaraan yang cukup untuk orang banyak seperti bus dan hiace. Saat ini jika pergi liburan bersama rombongan ingin naik bus atau hiace dapat dilakukan dengan sewa kendaraan. Banyak penyedia jasa sewa kendaraan bus.

Salah satu agen sewa kendaraan terpercaya adalah Andara bus. Andara bus menyewakan kendaraan lengkap dari hiace ekonomi, hiace luxury, bus pariwisata ekonomi, hingga bus pariwisata luxury dengan mesin prima dan penawaran harga terbaik.

Anda dapat menyewa kendaraan beserta sopir berpengalaman tentunya. Selain itu, apabila Anda bingung mencari destinasi yang tepat, Andara bus akan merekomendasikan tempat wisata terbaik. Anda juga akan diantarkan menuju destinasi wisata kuliner baru yang belum Anda coba bersama rombongan.

Berikut ini informasi dari Andara bus tentang 30 macam makanan khas Surabaya terkenal dapat Anda coba bersama rombongan.

1. Rujak Cingur

makanan khas Surabaya

Rekomendasi makanan khas Surabaya pertama adalah Rujak Cingur. Makanan ini terkenal dengan cita rasa unik dan lezat berkat bumbu petisnya. Rujak Cingur juga sering disebut sebagai Rujak Ulek karena proses pembuatannya yang diulek hingga semua bahan tercampur dengan sempurna. Keunikan utama dari Rujak Cingur terletak pada penggunaan cingur sapi, yakni potongan bibir sapi, sebagai pelengkap dalam bumbu rujak.

Isian dari rujak cingur selain cingur adalah kangkung, kacang panjang, tauge, tahu, lontong, tempe, dan bendoyo. Terdapat juga versi Rujak Cingur yang menambahkan buah-buahan segar seperti bengkuang, nanas, kedondong, dan mangga muda ke dalam rujak.

Rujak Cingur Surabaya biasanya disajikan di atas pincuk atau daun pisang dengan tambahan kerupuk udang agar semakin lezat. Makanan Surabaya ini memiliki rasa pedas, asam, dan aroma khas dari bumbu kacang petis udang pada Rujak Cingur mampu merangsang selera makan dan membuat ketagihan. Harga dari rujak cingur mulai dari Rp 25.000.

2. Rawon Surabaya

makanan khas Surabaya

Rekomendasi makanan khas Surabaya yaitu Rawon Surabaya. Rawon cukup terkenal di Surabaya. Makanan ini semacam sup atau kuah berwarna hitam pekat yang terbuat dari bahan utama berupa daging sapi yang direbus dengan rempah-rempah khas dan telur rebus. Kuah hitam pada rawon berasal dari kluwek, sejenis biji yang memberikan warna gelap dan aroma khas. Selain kluwek bumbu lainnya dalam pembuatan rawon seperti awang, cabai, ketumbar, kemiri, kunir, serai, laos, dan garam yang dihaluskan lalu ditumis harum.

Rawon Surabaya seringkali menjadi hidangan favorit masyarakat Surabaya dan sering dijadikan menu spesial saat perayaan atau acara tertentu. Saat ini jika ingin menikmati Rawon Surabaya tidak perlu kawatir karena banyak warung-warung di Surabaya yang menyajikan rawon. Harga dari rawon ini sekitar Rp 20.000 hingga Rp 40.000 per porsinya.

3. Almond Crispy

makanan khas Surabaya

Rekomendasi makanan khas Surabaya adalah Almond Crispy. Almond Crispy merupakan camilan wajib yang harus dibawa pulang dari Surabaya. Camilan ini berbentuk seperti keripik dengan cita rasa manis, gurih, dan renyah saat digigit. Varian rasa dari Almond Crispy beragam dari green tea, cheese, coklat, dan lain-lain. Harga dari Almond crispy ini mulai dari Rp 60.000.

4. Lontong Balap

makanan khas Surabaya

Rekomendasi makanan khas Surabaya yaitu Lontong Balap. Makanan ini cukup melegenda di Surabaya karena memiliki cita rasa nikmat dan lezat. Lontong Balap sudah ada sejak tahun 1956. Makanan ini berisi lontong, lentho, tahu, kecap, bawang goreng, dan sambal petis yang disiram dengan kuah panas gurih. Jika ingin mencoba lontong Balap Surabaya, Anda dapat menemukan di pinggir jalan yang menjual makanan ini. Harga dari lontong balap bervariasi mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 30.000 tergantung isian dan porsi.

5. Lontong Kupang

makanan khas Surabaya

Rekomendasi makanan khas Surabaya adalah lontong kupang. Makanan ini merupakan salah satu makanan khas daerah pesisir Surabaya. Lontong kupang merupakan makanan yang berisi lontong, kerang kupang, dan bumbu petis disiram kuah panas. Kerang kupang yang digunakan umumnya adalah kupang putih berukuran kecil yang kaya akan protein yang baik untuk kesehatan.

Cita rasa lontong kupang adalah pedas, asam, manis, dan gurih dari berbagai bahan yang digunakan bergabung menjadi sebuah kesenangan di mulut. Lontong Kupang biasanya disajikan bersama sate kerang . Harga dari lontong kupang ini bervariasi mulai dari Rp 15.000 per porsinya.

6. Bebek Sinjay

makanan khas Surabaya

Rekomendasi makanan khas Surabaya yaitu bebek Sinjay. Bebek sinjay sebenarnya berasal dari Bangkalan Madura, namun saat ini banyak ditemukan di Surabaya. Makanan ini memiliki cita rasa bumbu khas yang meresap seperti sambal mangga muda. Daging dari bebek sinjay juga lembut. Nikmat jika disantap bersama nasi hanyat. Jika ingin menikmati bebek Sinjay, Anda dan rombongan dapat membelinya dengan harga mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 50.000 per porsinya.

7. Tahu tek Surabaya

makanan khas Surabaya

Rekomendasi makanan khas Surabaya yaitu Tahu tek Surabaya. Makanan ini terkenal di Surabaya memiliki nama lain tahu telor. Dinamai tahu tek dikarenakan penjual biasanya mengeluarkan bunyi tek-tek dari gunting yang digunakan.

Tahu tek terbuat dari telur dan tahu goreng, lontong yang disiram dengan bumbu petis, bawang, cabai, dan kacang yang diulek. Tidak lupa tambahan sayur kentang, tauge, timun, dan kerupuk lalu disiram bumbu. Cita rasa dari tahu tek ini pedas, gurih, manis, dan nikmat. Harga dari tahu tek bervariasi mulai dari Rp 12.000 hingga Rp 17.000.

8. Tahu Campur Surabaya

makanan khas surabaya

Rekomendasi makanan khas Surabaya selanjutnya adalah tahu campur Surabaya dengan cita rasa kuah bumbu petis pedas khas. Isian Isian dalam Tahu Campur Surabaya umumnya terdiri dari tahu, mie, kubis, tauge, dan perkedel atau lentho. Tidak ketinggalan kerupuk udang, sambal, dan daging sapi dari kuah soto menjadi pelengkap dalam hidangan tahu campur.

Hidangan tahu campur sangat nikmat disantap saat musim hujan, sembari berteduh dan menghangatkan badan. Jika ingin mencoba Tahu Campur Surabaya, dapat Anda dapatkan di daerah Surabaya dengan harga mulai dari Rp 16.000.

9. Nasi Campur Tambak Bayan

Nasi Campur Tambak Bayan

Rekomendasi makanan khas Surabaya selanjutnya ialah nasi campur tambak bayan. enu yang disajikan dalam Nasi Campur Tambak Bayan tidak berbeda dengan nasi campur pada umumnya. Namun, yang membuatnya istimewa adalah rasa lezatnya yang tahan lama sehingga dapat dibungkus dan dinikmati di perjalanan.

Lauk favorit dalam Nasi Campur Tambak Bayan termasuk soun kecap, tahu bumbu Bali, tahu kuning, serta ayam atau daging. Tidak lupa, sambal pedas dan kerupuk menjadi pelengkap. Pilihan dari nasi campur tambak bayan yaitu nasi biasa dan nasi uduk. Harga dari nasi tambak bayan bervariasi mulai dari Rp 25.000 tergantung lauk dan menu yang dipilih.

10. Sego Sambal Surabaya

Sego Sambal Surabaya

Rekomendasi makanan khas Surabaya adalah sego sambal Surabaya. Sego Sambal ini cukup terkenal di Surabaya merupakan sebutan lain dari nasi penyet. Menu dari Sego Sambal adalah sambal dan lalapan.

Sambal yang sering disajikan dan tersedia biasanya terdiri dari sambal terasi, sambal bawang, sambal matang, dan sambal tomat mentah. Perbedaan utama antara satu Sego Sambel dengan yang lain biasanya terletak pada pilihan menu yang tersedia. Ada Sego Sambel Iwak Pe yang menggunakan ikan pari sebagai menu utama, selain ayam, tahu, tempe, dan telur. Jika ingin menikmati Sego Sambal Surabaya, Anda dapat merogoh kocek antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per porsi tergantung lauknya.

11. Soto Lamongan Cak Har

Soto Lamongan Cak Har

Rekomendasi makanan khas Surabaya adalah Soto Lamongan Cak har. Soto ini memiliki cita rasa lezat. Nasi Soto lamongan Cak har memiliki ciri khas kuah soto kuning dengan suwiran ayam, tomat, bihun, sambal, dan taburan koya. Harga dari soto Lamongan Cak Har cukup terjangkau muali dari Rp 22.000 sudah termasuk nasi dan balungan yang dapat dinikmati.

12. Mie Akhirat

mie akhirat

Rekomendasi makanan khas Surabaya Mie Akhirat. Mie ini merupakan mie dengan tingkat kepedasan. Terdapat dua jenis mie yang dapat Anda coba, yaitu Mie Surga yang berwarna putih dan Mie Neraka yang berwarna hitam. Selain mie, biasanya ditambahkan topping seperti jamur, daging, siomay, dan pangsit yang semakin meningkatkan kenikmatan rasa Mie Akhir. Harga dari Mie Akhirat beragam mulai dari Rp 12.000 per porsinya.

13. Bebek Mercon

Bebek Mercon

Rekomendasi makanan khas Surabaya wajib dicoba adalah bebek mercon. Bebek mercon memiliki cita rasa yang pedas sehingga yang mengonsumsi akan merasakan seperti meledak-ledak seperti petasan.

Menu makanan bebek mercon dimasak dengan cara digoreng atau dibakar. Makanan ini disajikan dengan setumpuk sambal nasi hangat, lalapan, dan tahu goreng. Harga dari bebek mercon bervariasi mulai dari Rp 40.000.

14. Sirup Mangrove

Sirup Mangrove

Ke Surabaya tentunya wajib mencoba sirup Mangrove. Sirup mangrove merupakan oleh-oleh khas Surabaya yang terbuat dari pohon mangrove bogem. Jenis minuman ini memiliki rasa manis dan dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit. Harga dari sirup mangrove ini antara Rp 50.000 untuk ukuran 600 ml.

15. Sate Lisidu

Sate Lisidu

Rekomendasi makanan khas Surabaya adalah Sate Lisidu. Sate ini cukup legendaris karena memiliki cita rasa lezat dan bentuk unik yaitu menyatu dan memanjang. Daging yang sering digunakan dalam Sate Lisidu adalah daging ayam, terutama daging ayam kampung, sehingga rasanya lebih enak.

Sebelum dibakar, daging sate dikukus terlebih dahulu, sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk dipanggang di atas arang. Dengan tambahan bumbu kacang yang kental dan marinasi daging yang sempurna, Sate Lisidu menjadi sangat lezat ketika disantap. Selain daging, Anda juga dapat menikmati sate jeroan seperti sate hati ayam dan lainnya. Harga dari sate lisidu ini tejangkau mulai dari Rp 25.000.

16. Nasi Goreng Jancuk

Nasi Goreng Jancuk

Rekomendasi makanan khas Surabaya yaitu Nasi goreng Jancuk. Makanan ini sama seperti nasi goreng biasanya, bedanya adalah setiap porsinya menggunakan banyak cabai. Bahkan untuk tingkat kepedasan tertinggi, satu porsi Nasi Goreng Jancuk dapat menggunakan lebih dari 20 hingga 30 cabai rawit. Harga dari nasi goreng jancuk ini sekitar Rp 25.000 per porsinya.

17. Pecel Semanggi

Pecel Semanggi

Rekomendasi makanan khas Surabaya adalah pecel Semanggi. Makanan ini menggunakan daun semanggi sebagai pengganti sayuran. Penggunaan daun semanggi ini memberikan cita rasa yang unik dan berbeda dari pecel pada umumnya.

Selain itu, bumbu yang digunakan juga dibuat khusus dengan kacang, gula merah, petis, dan ubi rambat untuk memberikan kelembutan rasa. Pecel Semanggi biasanya disajikan dengan pincuk dan diisi dengan daun semanggi, tauge, dan daun pepaya, serta dilengkapi dengan kerupuk karak sebagai sendok. Harga dari pecel Semanggi terjangkau mulai dari Rp 10.000 per porsinya.

18. Nasi Krawu

Nasi Krawu

Rekomendasi makanan khas Surabaya adalah Nasi Krawu. Nasi Krawu sebenarnya berasal dari Gresik. Makanan ini dibuat dengan cara dikrawuk dalam bahasa jawanya atau dalam bahasa indonesia diambil semua bahan dengan menggunakan tangan.

Lauk yang biasa digunakan dalam Nasi Krawu meliputi suwiran daging sapi, babat, kikil, telur, sambal terasi, dan serundeng kelapa gurih. Nasi Krawu ini disajikan di atas pincuk atau daun pisang sehingga rasanya begitu lezat. Harga dari nasi krawu ini terjangkau mulai dari Rp 20.000.

19. Bubur Madura

bubur madura

Rekomendasi makanan khas Surabaya yaitu Bubur Madura. Makanan ini memiliki cita rasa manis dan nikmat. Bubur Madura biasanya diisi dengan bubur sumsum, candil, bubur mutiara, dan bubur ketan hitam yang disiram dengan gula merah. Kadang-kadang, untuk memberikan rasa gurih, ditambahkan santan sehingga menciptakan rasa manis-gurih yang lezat. Harga dari bubur madura terjangkau sekitar Rp 10.000 per porsinya.

20. Surabi Gatel

Surabi Gatel

Rekomendasi makanan khas Surabaya selanjutnya oleh Surabi Gatel. Surabi Gatel merupakan jajanan tradisioanl dengan variasi rasa seperti original, keju, strawberry, durian, oreo, dan lain-lain. Tidak lupa, tambahan topping seperti marshmallow, coklat, dan keju yang membuat Surabi Gatel semakin lezat. Makanan ini cukup hits diberbagai kalangan. Harga dari Surabi Gatel cukup terjangkau mulai dari Rp 10.000 per porsinya.

21. Es Cream Zangrandi

es cream zangrandi

Rekomendasi makanan khas Surabaya adalah Es Cream Zangrandi. Bagi pecinta es cream mencoba es cream Zangrandi akan membuat anda senang. Kedai es ini sudah berdiri sejak tahun 1933. Cita rasa es krim ini nikmat yaitu manis dan dingin es dapat meredakan gerah. Harga dari es cream Zangrandi cukup merogoh kocek yaitu mulai dari Rp 30.000.

22. Nasi Cumi

Nasi Cumi

Rekomendasi makanan khas Surabaya yaitu Nasi Cumi. Nasi cumi merupakan makanan di Surabaya wajib dicoba. Sajian nasi cumi dimakan dengan lauk serundeng, empal, telur, dan peyek udang. Selain itu, lebih nikmat jika diberi sambal pencit atau sambal mangga muda. Harga dari Nasi cumi terjangkau mulai dari Rp 18.000.

23. Bakso Omen

bakso omen

Rekomendasi makanan khas Surabaya yaitu Bakso omen dengan cita rasa daging lembut dan kuah gurih. Makanan ini wajib dicoba saat berada di Surabaya. Variasi pilihan bakso omen beragam mulai dari bakso keju, bakso telur, bakso urat, bakso jamur, dan berbagai isian lainnya. Bakso ini dijual saat malam hari sekitar pukul 19.30 WIB. Harga dari bakso omen beragam mulai dari Rp 1000 tergantung jenis bakso yang dipilih.

24. Kepiting Cak Gundul

Kepiting Cak Gundul

Rekomendasi makanan khas Surabaya adalah Kepiting Cak gundul. Warung kepiting Cak gundul sudah ada sejak tahun 1992. Menu yang disediakan beragam tidak hanya kepiting namun juga berbagai seafood seperti kerang, udang, cumi, dan lain sebagainya.

Anda dapat menikmati olahan kepiting diatas meja. Menu favorit di Kepiting Cak gundul adalah asam manis dan bumbu kare. Harga dari menu kepiting Cak Gundul ini cukup terjangkau, mulai dari Rp50.000,00 tergantung pada jenis dan ukuran kepiting yang dipilih.

25. Nasi Empal

Nasi Empal

Rekomendasi makanan khas Surabaya wajib dicoba adalah nasi empal. Nasi empal nikmat dihidangkan bersama tempe kering, tumis kacang panjang, lalapan, dan sambal. Rasa empal suwir yang empuk dan gurih, disertai dengan bumbu yang lezat, sangat nikmat saat dinikmati bersama dengan lauk pauk lainnya. Cita rasa nasi empal ini nikmat, Anda dapat menikmati nasi empal dengan harga mulai dari Rp 30.000 setiap porsinya.

26. Sate Karak

Sate Karak

Rekomendasi makanan khas Surabaya yaitu Sate Karak. Makanan khas ini terbuat dari daging sapi dan jeroan yang disajikan dengan karakan atau beras ketan hitam.

Rasa daging sate yang dibakar terasa sangat lezat dan empuk karena menggunakan bumbu yang telah diwariskan turun-temurun selama tiga generasi. Dengan tambahan ketan hitam dan parutan kelapa, sate Karak menjadi pilihan makanan lezat di Surabaya. Harga dari Sate karak ini terjangkau mulai dari Rp 13.000 per porsinya isi 10 tusuk.

27. Cakue Peneleh

cakue peneleh

Rekomendasi makanan khas Surabaya adalah Cakue Peneleh. Cakue Peneleh merupakan camilan legendaris sejak tahun 1988. Makanan ini memiliki cita rasa gurih dan nikmat. Camilan Cakue Peneleh memiliki isian yang menggugah selera seperti cacahan daging ayam atau udah yang dimasukkan ke dalam belahan cakue kemudian digoreng hingga renyah.  Harga dari Cakue Peneleh ini mulai dari Rp 7000. Selain Cakue peneleh, jajanan tradisional yang menemani cakue peneleh seperti roti goreng, kompyang, bika ambon, onde-onde, ote-ote yang memiliki cita rasa menarik seperti cakue peneleh.

28. Sate Kelopo

sate kelopo

Rekomendasi makanan khas Surabaya adalah Sate kelopo. Meskipun disebut Sate Klopo atau sate kelapa, bahan utama sate ini tetap menggunakan daging atau jeroan yang dilumuri dengan bumbu kelapa.

Proses pembuatan sate kelopo adalah potongan daging ayam atau sapi dibakar bersama lemak dan jeroannya, sate ini ditaburi serundeng kelapa yang gurih. Aroma arang dan rasa pedas bumbu kacang pada sate ini cocok dengan cita rasa gurih kelapa pada setiap potongan daging sate. Harga dari Sate Kelopo ini bervariasi mulai dari Rp 10.000 per porsi isi 10 tusuk.

29. Belut Khas Surabaya

makanan khas Surabaya

Rekomendasi makanan khas Surabaya oleh Belut khas Surabaya. Belut spesial Surabaya wajib dicoba karena memiliki cita rasa nikmat mampu memanjakan lidah. Belut khas Surabaya disajikan dengan cara digoreng atau dibakar dan disantap bersama nasi hangat serta pilihan sambal dan lalapan. Harga dari Belut khas Surabaya cukup terjangkau yaitu Rp 30.000 per porsi bersama nasi, lalapan, dan sambal.

30. Bebek Palupi

makanan khas Surabaya

Rekomendasi makanan khas Surabaya yaitu bebek Palupi wajib untuk dicoba. Warung Bebek Palupi sudah berdiri sejak tahun 1996 dan menjadi warung makan legendaris di Surabaya. Rasa bebek khasnya membuat Warung Bebek Palupi terkenal di seluruh Surabaya dan sekitarnya.

Warung bebek Palupi menyediakan menu bebek goreng, nasi, sambal, dan lalapan, rasanya luar biasa. Rahasia kenikmatan Bebek Palupi terletak pada penggunaan daging bebek muda yang dimasak pada suhu tertentu sehingga menghasilkan daging yang empuk. Selain itu, dengan bumbu khusus, tidak ada bau amis pada daging bebek, hanya wangi rempah yang menggugah selera. Harga dari bebek palupi terjangkau mulai dari Rp 20.000 per porsi dengan nasi hangat.

Sekian informasi yang dapat diberikan oleh Andara bus tentang 30 macam makanan khas Surabaya terkenal. Andara bus merupakan penyedia jasa sewa terpercaya. Anda dapat percayakan perjalanan Anda bersama Andara bus.

Scroll to Top
Chat Admin Disini