7 Kelas Bus beserta Fasilitasnya yang Bisa Dipilih untuk Bepergian

7 Kelas Bus beserta Fasilitasnya yang Bisa Dipilih untuk Bepergian

Di tengah kemajuan transportasi publik di Indonesia, bus masih menjadi primadona untuk sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain terjangkau, bus menawarkan rute yang lebih banyak dari jenis kendaraan darat lainnya dan menjangkau daerah-daerah terpencil. Kali ini AndaraBus perusahaan Sewa Bus Pariwisata Jakarta akan berbagi tentang 7 kelas bus dan fasilitasnya yang dapat anda pilih untuk berpergian simak selengkapnya dibawah ini

Pilih-pilih fasilitas bus yang sesuai

Selain itu, bus yang diproduksi di Indonesia terbilang variatif. Tak hanya dari ukuran, bus-bus yang beroperasi pun diklasifikasikan berdasarkan kelas atau fasilitas. Perbedaan tersebut menentukan harga tiket yang nantinya akan Anda bayar. Supaya Anda nyaman sampai tujuan, berikut tujuh tipe bus sesuai kelas beserta layanan yang akan Anda terima.

1. Bus ekonomi

Bus ekonomi

Dibandingkan kelas bus lainnya, bus ekonomi adalah yang paling murah dan memiliki peminat banyak. Anda mungkin tak akan menerima fasilitas seperti AC, tetapi sejumlah penyedia bus sudah melengkapi armadanya dengan reclining atau footrest. Semenetara formasi kursi penumpang dalam kabinnya adalah 3-2.

2. Bus AC ekonomi

Bus AC ekonomi

Jika Anda memang tak tahan dengan suhu panas dan harus menempuh perjalanan panjang, maka bus AC ekonomi dapat menjadi solusi untuk transportasi. Sesuai namanya, kendaraan ini dilengkapi AC untuk menjaga suhu dalam kabin. Namun selebihnya Anda akan menerima fasilitas dan layanan standar selayaknya bus ekonomi lainnya.

3. Bus bisnis RS tanpa AC

Bus bisnis RS tanpa AC

Naik ke level selanjutnya, ada bus bisnis RS atau patas tanpa AC. Anda memang tak akan menerima kesejukan dari pendingin, tetapi transportasi publik tersebut sudah punya RS atau reclining seat. Jenis kursi yang satu ini memungkinkan penumpang untuk memajukan atau memundurkannya agar bisa beristirahat tenang dalam posisi yang diinginkan.

4. Bus bisnis RS dengan AC

Bus bisnis RS dengan AC

Kemudian, ada bus bisnis RS dengan AC buat Anda yang membutuhkan fasilitas lebih lengkap. Reclining seat dan AC sangat mempengaruhi kenyamanan penumpang yang hendak bepergian jarak jauh. Masing-masing perusahaan penyedia pun memiliki ketentuan terkait pengaturan RS. Ada yang memakai formasi seat 2-2, ada juga yang 3-2.

5. Bus kelas VIP

Bus kelas VIP

Dari namanya, Anda pasti bisa menebak semewah apa fasilitas dan layanan yang ada dalam jenis bus ini. Sebagian besar bus kelas VIP sudah menyertakan AC, selimut, hingga prasmanan untuk kebutuhan makan. Jumlah kursi penumpangnya pun bervariasi dan lebih terbatas, dari 32 hingga 40 seat tergantung ketentuan masing-masing perusahaan.

6. Bus kelas eksekutif

Bus kelas eksekutif

Punya bujet lebih buat merasakan layanan yang lebih berkelas? Anda dapat memilih bus kelas eksekutif (executive class) yang fasilitasnya akan bikin Anda terkesan. Sebut saja legrest sebagai sandaran kaki supaya Anda tak pegal-pegal dan snack untuk ngemil. Ada pula yang menyediakan Wi-Fi untuk Anda yang ingin berselancar di dunia maya.

7. Bus kelas super eksekutif

Bus kelas super eksekutif

Terakhir, ada bus kelas super eksekutif (super executive class) yang jumlah armadanya tidak sebanyak jenis bus-bus sebelumnya. Hal ini disebabkan hanya segelintir perusahaan yang menyediakannya. Dengan konfigurasi seat 2-1 yang nyaman dan empuk, Anda akan menerima sejumlah fasilitas dan layanan premium yang tak akan didapatkan di kelas bus lainnya.

Beberapa kelas bus di atas disiapkan untuk bus pariwisata dan antar kota. Khusus untuk bus kota, akan ada kelas tersendiri yang disesuaikan dengan pengaturan seat. Ada kursi yang menempel ke dinding, ada yang di tengah, ada pula yang bagian tengahnya dikosongkan.

Semoga Anda menemukan kelas bus yang tepat dari informasi ini, ya!

 

Tentang Andara BUS – Perusahaan Sewa Bus Pariwisata

Andara Bus By AJB Tours and Trans merupakan perusahaan Sewa Bus Pariwisata Jakarta Terkemuka. Kami menyediakan jasa sewa bus pariwisata untuk keperluan perjalanan wisata / pribadi maupun bisnis. Seperti tour, study tour, ziarah / religi, KKL, gathering, outbound, pernikahan, arisan, rombongan mudik dan lainnya. Kami bekerjasama / rekanan dengan berbagai PO Bus Pariwisata terkemuka di Jabodetabek, Jawa, Bali, Sumatra dan Sulawesi sehingga kami dapat memberikan pilihan armada dan layanan yang luas untuk klien kami.

Dengan harga yang sangat bersaing / negotiable, menyesuaikan dengan kualitas dan budget anda, kami akan mencarikan armada untuk kebutuhan perjalanan wisata anda. Tanpa harus repot bernegosiasi / tawar menawar / menelepon satu per satu PO Bus, pusing membandingkan harga sewa yang ditawarkan, ragu dengan kualitas dan fasilitas armadanya. Silahkan hubungi kami yang akan memberikan informasi lengkap untuk anda.