ziarah wali songo

9 Destinasi Ziarah Wali Songo Yang Tersebar Di Pulau Jawa

Apakah anda tahu bahwa di Pulau jawa tersebar wisata ziarah wali songo? Berikut informasinya untuk anda tentang destinasi ziarah wali songo.

Mengenal Wali Songo

Wali Songo merupakan sebutan bagi jasa-jasa tokoh dalam proses Islamisasi di Indonesia. Jumlah Wali ini ada sembilan dan menyebar di Pulau Jawa, Indonesia.

Wali Songo mulai menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa usai kerajaan Majapahit runtuh. Setelahnya, kemudian Kerajaan Demak yang berlandaskan Islam mulai berdiri.

Nama Wali sendiri diartikan sebagai orang yang telah mencapai derajat tinggi dan memiliki pengetahuan agama yang luar biasa. Wali songo merupakan sembilan orang yang telah mencapai tingkat wali, atau suatu derajat tingkat tinggi yang mampu mengawal babahan hawa sanga atau mengawal sembilan lubang dalam diri manusia.

Wali songo menyebar di beberapa wilayah Pulau Jawa, dan saat ini makam dari wali songo sebagai destinasi ziarah. Berikut sembilan destinasi ziarah wali songo di pulau Jawa yang wajib anda kunjungi.

1. Makam Sunan Gresik

ziarah wali songo

Sunan Maulana Malik Ibrahim atau dikenal dengan Sunan Gresik merupakan merupakan wali songo pertama. Beliau wafat pada 1419 usai mendirikan pondokan tempat belajar agama di Leran.

Sunan Gresik dikenal juga sebagai Maulana Maghribi. Beliau merupakan keturunan arab yang lahir pada abad ke 14 di Uzbekistan, Asia Tengah. Sunan Gresik berada di nusantara pada awal abad ke-14. Beliau menyebarkan agama islam di gresik, Jawa Timur.

Sunan Gresik meninggal di Gresik dan saat ini makamnya menjadi destinasi ziarah. Beliau dimakamkan di sebuah bangunan berbentuk pendopo yang juga menjadi area makam istri dan anaknya.

Alamat untuk datang ziarah ke makam sunan gresik berada di Jl. Malik Ibrahim No.52-62, Gapuro Sukolilo, Bedilan, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61119.

2. Makam Sunan Ampel

ziarah wali songo

Sunan Ampel yang memiliki nama asli Raden Muhammad Ali Rahmatullah atau juga dikenal dengan Raden Rahmat. Beliau merupakan anak dari Sunan Gresik sekaligus keponakan dari Prabu Brawijaya.

Nama Ampel merupakan daerah yang bernama Ampel Denta yang juga daerah rawa yang dihadiahkan raja Majapahit kepadanya. Sunan Ampel melakukan aktivitas dakwah dengan mendirikan pesantren Ampel Denta. Beliau meninggal sekitar tahun 1481 dan dimakamkan di kawasan ampel.

Saat ini makamnya sebagai destinasi ziarah, makamnya berada di Jl. Nyamplungan, Ampel, Kec. Semampir, Kota SBY, Jawa Timur 60151.

3. Makam Sunan Bonang

ziarah wali songo

Raden Makdum Ibrahim atau dikenal dengan Sunan Bonang. Beliau merupakan cucu dari Sunan Gresik dan merupakan putra dari sunan Ampel. Sunan Bonang memulai karir dakwah di Kediri kemudian beliau berpelancong ke Jawa Tengah dan mendirikan pesantren di Desa Bonang, Lasem dengan sebutan Watu Layar.

Sunan Bonang berdakwah melalui seni termasuk gamelan. Beliau di akhir hayatnya melakukan dakwah di beberapa tempat dan dimakamkan di Tuban.

Saat ini makam dari sunan Bonang sebagai destinasi wisata ziarah yang berada di Gg. IV, Kutorejo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62311

4. Makam Sunan Giri

ziarah wali songo

Nama Sunan Giri yang memiliki banyak nama lain diantaranya adalah Joko Samudro, Muhammad Ainul Yaqin, dan Raden Paku. Beliau merupakan seorang raja yang memerintah kerajaan Giri, Kedaton, Gresik dan dikenal dengan nama Prabu Satmata.

Sunan Giri mondok di pesantren milik sunan Ampel. Beliau juga memperdalam keislaman sebelum mendirikan pesantren di Giri. Beliau melakukan dakwah dengan cara pendekatan karya seni dan permainan anak dan nembang Padang Bulan dan Cublak-cublak Suweng.

Sunan Giri meninggal di Giri, dan makamnya saat ini menjadi destinasi wisata ziarah. Lokasinya berada di Jl. Sunan Giri, Pedukuhan, Kebomas, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur

5. Makam Sunan Drajat

ziarah wali songo

Raden Qasim, Sunan Mayang Madu, Pangeran Kadrajat, Maulana Hasyim, dan Raden Syarifuddin merupakan nama dari Sunan Drajat. Sunan drajatnya belajar keislaman dari ayahnya yaitu Sunan Ampel. Beliau melancarkan aksi penyebaran agama Islam ke desa Drajat, Lamongan, Jawa Timur. Sunan Drajat juga mendirikan mushola atau surau yang dimanfaatkan sebagai tempat berdakwah. Setelah beliau meninggal, makamnya dijadikan destinasi ziarah wali songo. Lokasinya berada di Jl. Raya Dagan, RT.003/RW.002, Drajat, Kec. Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62264.

6. Makam Sunan Kalijaga

ziarah wali songo

Sunan Kalijaga merupakan anak dari Tumenggung Wilatikta Bupati Tuban saat itu. Beliau memiliki nama asli Raden Said atau Jaka Said. Sunan Kalijaga dahulunya merupakan sosok yang terkenal dengan keburukan sikapnya yaitu suka mencuri, berjudi, dan melakukan perbuatan tercela lainnya.

Sunan Kalijaga mendapatkan pengaruh dari Sunan Bonang menjadi ulama. Beliau juga mendirikan masjid agung demak dan menentukan kiblat agar sesuai dengan arah Ka’bah.

Sunan Kalijaga meninggal di Demak dan saat ini makamnya sebagai tempat ziarah wali songo. Lokasi makam Sunan Kalijaga berada di Jl. Raden Sahid, Kadilangu, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah 59517.

7. Makam Sunan Kudus

ziarah wali songo

Sunan Kudus merupakan bangsawan dengan nama Ja’far Shadiq. Ayahnya merupakan seorang panglima kerajaan Demak bernama Usman Haji Bin Ali Murtadha. Sunan Kudus juga menjadi imam besar masjid Agung Demak dan hakim di Kerajaan Demak. Beliau berdakwah di kawasan Tajud yang saat ini berganti nama menjadi Kudus. Sunan kudus melakukan dakwah selama ini dan menutup usia di Kudus. Makamnya menjadi tempat ziarah wali songo yang berlokasikan di Gg. Kauman, Pejaten, Kauman, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59315.

8. Makam Sunan Muria

ziarah wali songo

Wali songo termuda yaitu Sunan Muria memiliki nama asli Raden Umar Said dan Raden Prawoto. Beliau adalah sosok penting penyebaran agama islam di Jawa.

Sunan Muria melakukan dakwah dengan wayang. Dakwahnya meluas hingga kawasan Jepara disekitaran Kudus. Beliau Wafat pada 1551 Masehi dan makamnya berada di lereng Gunung Muria. Lokasi tepatnya berada di Colo, Kec. Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59353.

9. Makam Sunan Gunung Jati

ziarah wali songo

Syarif Hidayatullah atau dikenal dengan Sunan Gunung Jati merupakan tokoh wali songo sekaligus sultan Cirebon. Beliau merupakan cucu dari Prabu Siliwangi Kerajaan Padjajaran.

Sunan Gunung Jati mengembara dan menekuni ilmu agama dengan belajar di Mekah dan beberapa tempat seperti pesantren Ampel Denta. Sunan Gunung Jati melakukan dakwah di kawasan Cirebon dan Banten. Beliau wafat dan makamnya saat ini menjadi destinasi ziarah wali songo. Lokasi makam sunan gunung jati berada di Jl. Alun-Alun Ciledug No.53, Astana, Kec. Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45151.

Demikian informasi tentang destinasi wisata ziarah wali songo. Semoga dari informasi yang diberikan dari andarabus dari menambah wawasan para pembaca. Mohon maaf apabila terdapat salah kata atau penulisan. Selamat berkunjung ke destinasi pilihan anda !

Scroll to Top
Chat Admin Disini