Tips Mengatasi Mabuk Darat

9 Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan Darat Saat Naik Bus

Anda sering mabuk saat melakukan perjalanan terutama saat naik bus? Berikut tips mengatasi mabuk perjalanan darat.

Tips Mengatasi Mabuk Darat

Ketika melakukan perjalananan darat terkadang kita akan merasakan mual ketika melewati jalan yang berkelok-kelok. Kondisi ini tentunya tidak mengenakkan. Bahkan dapat membuat mabuk. Mabuk perjalanan darat merupakan kondisi ketika seseorang merasa tidak nyaman saat melakukan perjalanan darat seperti ketika naik mobil, naik bus, naik kereta api. Mabuk perjalanan dapat dialami siapa saja dari anak-anak hingga lansia.

Saat mengalami mabuk perjalanan, akan menemukan beberapa gejala seperti kepala pusing, keringat dingin, merasa ingin muntah, mual, sakit perut, bahkan hingga kesulitan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Penyebab Mabuk Perjalanan Darat

Seseorang dapat merasakan mabuk perjalanan darat ketika tubuhnya yaitu pusat pengatur keseimbangan dan posisi tubuh berada di telinga bagian dalam dan otak tepatnya pada otak kecil. Tubuh bergerak atau berada di posisi tertentu seperti misalnya ketika berjalan, duduk, berbaring, berdiri, atau berputar, sistem saraf tubuh bekerja dan mengirim sinyal menuju otak dan telinga bagian dalam.

Ketika bepergian dan berada di kendaraan, kita terdiam namun sistem pengaturan posisi dan keseimbangan tubuh juga tetap bekerja. Sebagian orang mungkin ada yang lebih sensitif dan tidak mampu mengolah seluruh sinyal saraf yang diterima dengan baik.

Oleh sebab itu, mereka mungkin akan merasa lebih mudah mual, tidak enak badan, dan pusing ketika bepergian. Kondisi inilah yang menyebabkan mabuk perjalanan darat.

Faktor Resiko Penyebab Mabuk Perjalanan Darat

Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko mengalami perjalanan darat seperti membaca buku atau bermain gawai ketika dalam perjalanan, mengalami migran, riwayat mabuk perjalanan atau vertigo, mengalami perubahan hormonal seperti mengonsumsi pil KB, menstruasi, kehamilan, dan memiliki gangguan pada telinga bagian dalam.

Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan Darat

Mengalami mabuk akan tidak mengenakkan. Mabuk sebenarnya bukan kondisi yang cukup berbahaya namun mabuk bisa mengganggu kenyamanan perjalanan. Berikut ini tips mengatasi mabuk yang dapat anda lakukan. Simak penjelasan berikut ini.

1. Mengonsumsi Jahe atau permen mint

air seduhan jahe atau mengonsumsi teh hangat, atau mengonsumsi permen mint dapat membantu mencegah gejala mual dan muntah akibat mabuk perjalanan darat. Rasa dan aroma dari jahe dan perment mint mampu menenangkan tubuh.

2. Menggunakan Minyak Angin atau Aromaterapi

Menghirup aromaterapi atau minyak angin dapat menjadi salah satu alternatif pengusir mabuk darat. Menggunakan minyak angin atau aromaterapi dapat meredakan rasa mual dan pusing terutama ketika sedang melakukan perjalanan darat dan mengalami mabuk.

Aroma minyak terapi yang didapatkan dari minyal essensial tertentu seperti minyak kayu putih, lavender, lemon, atau rempah rempah adas dan kapulaga. Aroma ini dapat membantu untuk mengurangi rasa mual dan tidak nyaman ketika perjalanan darat.

3. Memperhatikan Makanan dan Minuman yang dikonsumsi

Saat melakukan perjalanan darat anda harus memperhatikan makanan dan minuman yang anda konsumsi. Cobalah untuk minum air putih, jus rendah gula, atau kopi dengan dosis kecil. Untuk makanan mungkin makanan ringan adalah pilihan yang tepat.

Hindari makanan berat yang pedas, berlemak, dan mengonsumsi makanan yang amis seperti telur. Makanan yang pedas dan berlemak juga sulit dicerna dan menyebabkan mual di perjalanan darat.

Hindari konsumsi alkohol karena dapat menyebabkan kecemasan, sulit tidur, dan dapat memicu mabuk perjalanan darat.

4. Istirahat Sejenak dengan Memejamkan Mata

Tips mengatasi mabuk perjalanan dengan menutup mata dan bernapas secara perlahan. Anda juga dapat mencoba menghirup udara dengan tenang. Kemudian anda juga dapat beristirahat sejenak apabila memungkinkan ketika perjalanan jauh. Saat kendaraan terhenti di rest area anda dapat menggunakan waktu untuk berjalan kaki disekitaran rest area sambil menghirup udara segar.

5. Ubah Posisi tubuh

Posisi tubuh sangat mempengaruhi ketika sedang bepergian dengan kendaraan darat. Posisis tubuh dengan menghadap belakang atau samping dapat memperparah mabuk perjalanan. Oleh sebab itu, anda coba untuk mengubah posisis tubuh menghadap ke depan.

6. Mengonsumsi Obat Mabuk Perjalanan

Untuk meredakan mabuk perjalanan, anda dapat mengonsumsi obat mabuk perjalanan seperti dimenhydrinate atau scopolamine. Jenis obat tersebut dapat membantu anda untuk terlelap dan terhindar dari mabuk perjalanan. Anda juga disarankan untuk mengonsumsi obat ketika sebelum berangkat dan tidak sedang mengendarai kendaraan sebagai sopir.

7. Berangkat Malam Hari

Untuk mengatasi mabuk perjalanan darat, sangat disarankan untuk berangkat malam hari. Hal ini adalah untuk menghindari mabuk. Ketika berangkat malam hari mungkin anda akan tertidur dan lelap. Ketika malam juga otak akan beristirahat.

8. Tidak Membaca Buku ketika Bepergian

Membaca buku saat melakukan perjalanan dapat menyebabkan mabuk perjalanan darat. Ketika membaca buku, anda akan terfokus pada buku dan melihat ke bawah, kondisi ini akan menyebabkan anda pusing dan merasa mual. Lebih baik nikmati perjalanan anda dengan melihat pemandangan untuk menghindari mabuk perjalanan darat.

9. Memilih Tempat Duduk Bagian Depan atau Samping Jendela

Ketika melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan darat, untuk menghindari mabuk disarankan untuk duduk di bagian depan atau samping jendela. Kondisi ini dikarenakan tempat duduk anda lebih stabil dan sedikit goncangan. Ketika berada di samping jendela, anda dapat menikmati aliran udara segar ketika jendela dibuka untuk meminimalisir rasa mual mabuk perjalanan darat.

Demikian informasi mengenai tips mengatasi mabuk perjalanan darat naik bus atau mobil dari andarabus. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda. Mohon maaf apabila terjadi kesalahan kata dan kalimat. Sehat selalu!

Scroll to Top
Chat Admin Disini