sewa hiace jakarta

10 Landmark Yang Menjadi Ikon di Jakarta

Ibukota Jakarta adalah kota nomor satu di Indonesia yang memiliki wilayah strategis. Ya, penghargaan sebagai Daerah Khusus ini diperoleh karena DKI Jakarta merupakan Ibu Kota Negara. Sebagai pusat pemerintahan, sudah pasti kota Jakarta memiliki keunikan tersendiri. Banyak warga lokal maupun warga asing yang ingin mengunjungi kota metropolitan ini sekedar untuk berlibur. Apakah anda juga ingin berlibur ke Jakarta? Jangan lupa untuk menggunakan sewa Bus Jakarta Andarabus untuk menemani perjalananmu.

Berikut ini adalah 10 landrmark jakarta  yang bisa anda kunjungi karena merupakan ikon ibu kota indonesia ini.

1. Monas atau Monumen Nasional

Siapa sih yang tidak pernah mendengar kata Monas? Ya, Monas atau Monumen Nasional ini bisa di katakan sebagai landmark kota Jakarta yang sangat populer. Adapun tinggi monument ini adalah 132 meter, sangat tinggi bukan? 17 Agustus 1961 merupakan waktu pertama kalinya monument ini di bangun, pemrakasanya adalah Ir. Soekarno dan di  buka untuk umum mulai tanggal 12 Juli 1975.

Tertarik untuk mengunjunginya? Anda bisa menuju ke Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Lokasinya cukup mudah di jangkau. Anda juga bisa memanfaatkan fitur peta online untuk memperoleh arah.

2. Patung Dirgantara/Patung Pancoran, Jakarta

PANCORAN

Landmark kedua yang sangat populer sebagai ikon kota Jakarta ialah Patung Dirgantara. Berlokasi di Jalan Gatot Subroto, No. 1, RT 2, RW 1, Menteng Dalam, Kecamatan Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Meski sebenarnya patung ini bernama Patung Dirgantara, namun ia lebih di kenal dengan sebutan sebagai patung Pancoran. Perancang patung ini ialah Edhi Sunarso yang di rancang pada tahun 1964 hingga 1965. Berbagan perunggu yang menyebabkan patung ini memiliki berat yang mencapai 11 ton.

3. Bundaran HI serta Monumen Selamat Datang

Jakarta_Bundaran_HI_

Jika kamu sedang berada di sekitar persimpangan antara Jalan M.H Thamring dengan Jalan Imam Bonjol, Jalan Sultan Syahrir serta Jalan Kebon Kacang, maka kamu pasti akan melihat landmark yang satu ini. Nama Bundaran HI yang juga sangat populer ini di karenakan tepat di depat air mancur pada bundaran tersebut terdapat sebuah hotel yang sangat terkenal yaitu Hotel Indonesia. Sedangkan monument Selamat Datang yang juga terdapat di lokasi tersebut ialah monument yang di bangun pada tahun 1962 untuk menyambut tamu kenegaraan. Ya, lebih tepatnya untuk menyambut tamu Asean Games IV yang berlangsung di Jakarta.

4. Gelora Bung Karno

Gelora Bung Karno

Gelora Bung Karno sudah sangat terkenal sejak tahun 1962. Terlebih pada saat itu memang sedang berlangsung pekan perhelatan olahraga Internasional di Indonesia. Sampai saat ini, Gelora Bung Karno atau GBK ini menjadi saksi bisu berbagai pertandingan olahraga internasional yaitu piala AFC, Asian Games serta SEA Games. Kapasitas penonton atau tribunenya cukup banyak yaitu sekitar 88.083 sehingga tidak heran jika stadion Gelora Bung Karno masuk ke dalam stadion sepak bola asosiasi terbesar ke depalan di Asia.

Lokasinya berada di Jalan Pintu Satu Senayan, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

5. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

Anda pasti sudah sering mendengar lokasi bernama Masjid Istiqlal bukan? Terlebih seperti ada momentum hari raya Idul Fitri atau Idul Adha dan berbagai kegiatan umat muslim lainnya yang di tayangkan di televise. Masjid Istiqlal sebagai Masjid Nasional Negara Republik Indonesia tentu menjadi pusat berbagai acara keagamaan Islam di lakukan. Lokasinya berada di timur laut Lapangan Medan Merdeka atau lebih tepatnya anda bisa menuju Jalan Taman Wijaya Kusuma Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Sebagai masjid Nasional, anda pasti sudah tidak heran lagi bukan kalau masjid ini di namakan sebagai masjid terbesar di Indonesia. Masjid ini mampu menampung hingga 200.000 jamaah loh. Ukuran yang cukup besar serta desain arsitekturnya yang khas membuat masjid ini di jadikan sebagai salah satu landamark ibu kota yang populer.

6.  Keong Mas TMII

KEONG MAS TMII

Pernah menonton cerita rakyat berjudul keong mas? Jika belum anda bisa melihatnya di wahana Teater Keong Mas yang ada di Taman Mini Indonesia Indah. Ya, keong mas adalah salah satu landmark yang populer karena bangunannya sangat unik berbentuk keong mas. Di tempat ini, anda bisa menyaksikan berbagai film edukatif yang sengaja di putar. Tentu hal ini bisa anda jadikan alternative liburan bersama keluarga. Tertarik berlibur? Yuk, gunakan saja sewa elf Jakarta yang akan menemani liburanmu dengan aman dan nyaman. Lokasi dari wahana ini ialah di Ceger, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

7. Wisma 46

Selanjutnya di daerah Kareng Tengsing, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, anda bisa menemukan city scape yang sangat indah yaitu Wisma 46. Ia berada di kompleks BNI City. Tinggi yang di miliki ialah 262 meter dan terdiri dari 50 lantai. Bahkan pada tahun 1996 ia pernah menududuki sebagai gedung tertinggi di Indonesia.

8. Museum Fatahillah (Kota Tua Jakarta)

Kota Tua menjadi landmark populer dan bersejarah di Indonesia. Bangunan yang masih bertahan dengan tema colonial membuat siapa saja yang berada di lokasi tersebut terbawa pada kenangan masa lampau. Di sini terdapat pula bangunan yang ikonik yaitu Museum Fatahillah. Dahulu, museum tersebut adalah kantor Gubernur Batavia di zaman pemerintahan Hindia Belanda.

9. Simpang Susun Semanggi

semanggi

Landmark ikonik yang terakhir adalah Simpang Susun Semanggi yang di bangun pada 7 Maret 2016. Sebenarnya, fungsi dari bangunan ini ialah untuk mengurangi kemacetan yang ada di kota Jakarta. Namun, bentuk bangunannya yang unik serta lampu yang indah di malam hari membuat bangunan ini juga dikatakan sebagai landmark yang cukup ikonik.

10. Jakarta International Stadium

Jakarta internasional stadium

Landmark Jakarta ke sepuluh sekaligus terbaru ini adalah Jakarta International Stadium. Jakarta International Stadium (JIS) berhasil masuk dalam urutan kelima stadion terbesar di Asia. Memiliki lahan seluas 26 hektare, JIS dapat menampung hingga 82.000 penonton yang memiliki standar stadion sepak bola Internasional FIFA.

JIS memiliki atap yang bisa dibuka-tutup. Ada beberapa stadion dunia yang punya kemampuan serupa. Salah satunya adalah Mercedes-Benz Stadium di Atlanta, Amerika Serikat Atap yang bisa buka-tutup itu membuat stadion ini bakal sangat mendukung untuk menggelar konser. Stadiun JIS ini mulai dibangun pada saat gubernur fauzi bowo tahun 2008 dan selesai serta diresmikan oleh Gubernur Anies Baswedan pada 24 Juli 2022.

Itulah informasi mengenai 10 landmark di Ibukota Jakarta yang ikonik. Ingin mengunjunginya? Yuk, percayakan perjalananmu bersama rombongan dengan menggunakan sewa elf Jakarta.

baca juga:

Scroll to Top
Chat Admin Disini