BERWISATA DI PINUS PENGGER

Hutan – hutan di Indonesia memiliki keanekaragaman tumbuhan. Mulai dari tumbuhan berukuran mini hingga yang menjulang tinggi. Hutan pinus Pengger  menjadi salah satu hutan di Indonesia yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat wisata. Bermodalkan pepohonan rindang dan menyejukkan, banyak daerah mulai mengembangkan sector pariwisata mereka pada ekosistem hutan.

Jogjakarta menjadi salah satu provinsi yang mana mengembangkan berbagai lokasi hutan pinus untuk menunjang pariwisata. Hutan pinus yang berada di Jogjakarta diantaranya: Hutan Pinus Mangunan, Hutan Pinus Becici, Hutan Pinus Pengger Bantul dan masih banyak lagi. Jadi, di kawasan Jogja tidak hanya menyediakan wisata budaya dan pendidikan, tetapi juga wisata alam yang menyenangkan.

 

Mengenal Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger Bantul adalah salah satu obyek wisata yang terkenal di Jogja dengan keindahan alam asri pepohonan pinus yang teduh dan indah. Kebanyakan obyek wisata yang bertemakan hutan pinus berada di Kabupaten Bantul seperti Hutan Pinus Mangunan dan Hutan Pinus Asri.  Wisata alam di Jogja memang berjumlah sangat banyak dan terdiri dari berbagai jenis seperti bukit, pantai, hutan pinus, kebun buah, green village dan wisata alam lainnya. Obyek-obyek wisata alam ini tersebar di seluruh wilayah Yogyakarta. Selain banyaknya obyek wisata, terdapat pula berbagai fasilitas yang mendukung para wisatawan.

 

Sejarah Awal mula Hutan Pinus Pengger

Awalnya, daerah ini hanyalah merupakan kawasan hutan yang tumbuh banyak sekali pepohonan pinus. Letaknya memang berada di tebing dan perbukitan dengan pemandangan alam di sekitarnya. Setelah terdapat perbaikan infrastruktur seperti jalan, kawasan ini mulai ramai dijadikan lokasi lalu lintas untuk sekedar melihat-lihat pemandangan di sekitar perbukitan. Berkat kreativitas pihak-pihak terkait, lokasi hutan pinus pada kawasan ini disulap menjadi hutan asri yang bisa dikunjungi dengan fasilitas yang mendukung. Akhir terdapat beberapa obyek wisata hutan pinus yang menjadi spot gardu pandang pemandangan Jogja dari ketinggian.

Suasana teduh dan sejuk di Hutan Pinus Pengger disebabkan oleh pohon pinus yang rapat dengan ketinggian yang menjulang. Kontur area Pinus Pengger ini berbentuk perbukitan dan bergelombang yang mana hampir sama dengan Puncak Becici. Maka dari itu, pengunjung diberikan jalan setapak untuk memasuki area hutan pinus agar dapat merasakan suasana alam sekitar. Medan yang berbukit di kawasan ini mengharuskan para pengunjung memilih alas kaki yang tepat, misalnya sandal gunung yang mana memiliki daya cengkeram yang kuat. Jangan menggunakan sepatu atau sandal yang kurang nyaman karena akan meresahkan anda sendiri.

 

Lokasi area Hutan Pinus Pengger

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta menuju ke lokasi wisata ini kurang lebih 24 kilometer. Jika ditempuh dengan kecepatan standar perkotaan memerlukan waktu sekitar 90 menit saja. Lokasi Hutan Pinus Pengger ini berada di bagian paling utara Kecamatan Dlingo. Tepatnya berbatasan langsung dengan wilayah Kecamatan Pathuk Gunung Kidul. Meski demikian masih masuk dalam wilayah Kecamatan Dlingo. Sarana jalan menuju hutan pinus pengger sudah layak untuk dilalui bermacam kendaraan. Berbagai jenis kendaraan mulai dari sepeda motor sampai bus besar, bisa mencapai area parkirnya. Sepanjang perjalanan anda menuju lokasi, anda akan disuguhkan pemandangan pegunungan dan perbukitan nan asri dan menyejukkan. Tentu sangat cocok untuk anda yang berasal dari Jakarta untuk merasakan ketenangan dan kesejukan alami. Mungkin ini menjadi salah satu factor yang melatarbelakangi para wisatawan domestic dan mancanegara untuk berkunjung ke Hutan Pinus Pengger.

 

Jam Operasional Hutan Pinus Pengger

Jam Buka wisata Hutan Pinus Pengger dimulai dari pukul 5 pagi hingga pukul 11 malam. Hutan Pinus Pengger memiliki rentang waktu operasi yang cukup panjang. Hal ini memudahkan untuk anda apabila ingin berkunjung karena memiliki jam operasional yang fleksibel. Biaya untuk menikmati pesona Hutan Pinus Pengger cukup murah yakni hanya Rp 2.500 per orang. Parkir motor Rp2.000, parkir mobil Rp5.000 dan parkir bis Rp20.000. Sedangkan jika ingin berfoto di spot-spot selfie, kamu cukup memasukkan uang seikhlasnya sebagai biaya pemeliharaan spot dan pengembangan ke depan tempat wisata ini.

 

Harga Tiket Masuk

Untuk beberapa kegiatan tambahan di wisata ini ditentukan dengan biaya sebagai berikut:

Jelajah Alam : Rp. 10.000/orang

Sepeda Hutan : Rp. 10.000/orang

Panjat Tebing : Rp. 15.000/orang

Sewa Panggung Sekolah Hutan Komersial : Rp. 3.000.000/kegiatan

Sewa Panggung Sekolah Hutan  Non Komersial : Rp. 1.000.000/kegiatan

Tempat kegiatan non-panggung : Rp. 200.000/kegiatan

Hammock : Rp. 10.000/orang

Flying Fox : Rp. 15.000/orang

Aula : Rp. 250.000/4jam

Camping Ground : Rp. 15.000/orang/hari

Warung : Rp. 100.000/bulan

Foto Session dan Prewedding : Rp. 200.000/kegiatan

Video Clip : Rp. 250.000/kegiatan

Film Komersial : Rp. 1.000.000/hari

 

Fasilitas di Hutan Pinus Pengger

Fasilitas penunjang rekreasi di Hutan Pinus Pengger sudah cukup lengkap, guna mendukung kenyamanan  para pengunjung yang ingin mengunjungi wisata ini. Di area wisata ini sudah tersedia fasilitas berupa: Mushola, Food court atau pusat kuliner, Tempat parkir, Toilet. Fasilitas yang membuat tempat ini khas dibandingkan tempat lain adalah adanya Spot selfie yang mengakomodasi aktivitas bersosial-media. Fasilitas lain juga tersedia: Area camping, Jalur tracking, Area permainan berupa ayunan, Warung, dan Tempat beristirahat seperti gazebo.

Pengelola wisata ini banyak berkreasi untuk menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Instalasi yang sudah dipasang memiliki bentuk yang beranekaragam yang mana dibentuk dari ranting – ranting pohon. Salah satu yang menjadi ciri khas adalah instalasi berbentuk tangan raksasa yang juga dapat berfungsi sebagai gardu pandang. Dengan latar belakang kota Jogjakarta, menjadikan spot ini menjadi spot foto favorit bagi wisatawan. Terkhusus untuk anda pemburu sunset, Pinus Pengger dapat masuk kedalam list anda untuk anda kunjungi. Ketika anda menikmati sunset disini, anda akan lebih puas karena memiliki pemandangan yang luas dan tidak terhalang apapun.

Untuk anda yang berdomisili di Jakarta dan ingin berkunjung, anda dapat memilih berbagai moda transportasi yang tersedia, mulai dari angkutan darat berupa bus AKAP hingga kereta api atau bisa juga menggunakan angkutan udara dengan pesawat terbang. Untuk angkutan darat sebenarnya anda dapat menggunakan mobil pribadi, tetapi biasanya mobil pribadi kurang bisa menampung rombongan dalam jumlah besar. Kami Sewa Elf Jakarta yang tergabung dalam Andara Bus siap melayani anda. Andara Bus menyediakan berbagai armada dengan kualitasi terbaik di kelasnya. armada kami siap menjadi rekan perjalanan anda ke berbagai tujuan, khususnya untuk area Jogjakarta. Jadi, anda hanya tinggal naik dan menunggu perjalanan sampai ke tujuan.

Tinggalkan Balasan