wisata goa maria pohsarang

Goa Maria Pohsarang: Lokasi, Sejarah, Harga tiket masuk & Daya Tarik

Apakah Anda akan pergi ke Kediri dengan menggunakan jasa dari Andarabus? Pergi ke Kediri kurang rasanya jika tidak mengunjungi tempat wisata yang ada di Kediri. Simak tentang salah satu destinasi wisata Goa Maria Pohsarang yang berada di Kediri.

Mengenal Goa Maria Pohsarang

Salah satu destinasi wisata yang indah di Kediri adalah Goa Maria Pohsarang. Tempat ini memiliki nama lain sebagai Goa Maria Lourdes. Goa Maria yang berada di Kediri menjadi salah satu tempat ziarah bagi penganut agama Katolik.

Goa Maria Pohsarang berada di lereng gunung Wilis dengan ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Selain sebagai tempat ziarah bagi agama katolik, tempat ini memiliki pesona keindahan alam luar biasa serta suhu udara yang sejuk karena berada di dataran tinggi.

Goa Maria Pohsarang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena memiliki panorama yang indah. Banyak pengunjung yang datang ke lokasi pada hari weekend maupun liburan panjang. Tempat ini selalu ramai oleh pengunjung.

Sejarah Goa Maria Pohsarang

Pendirian Goa Maria Pohsarang Kediri tidak jauh dari agama katolik. Pada kompleks greja terdapat miniatur Goa Maria Lourdes namun ukurannya terlalu kecil. Oleh sebab itu, kemudian dimulai pembangunan Goa Lourdes tiruan yang ada di Prancis.

Di seputar patung Maria dalam gua terdapat tulisan di atas kuningan dengan menggunakan bahasa Jawa ejaan Belanda yaitu Iboe Maria ingkang pinoerba tanpa dosa asal, moegi mangestonana kawoela ingkang ngoengsi ing Panjenengan Dalem (Bunda Maria yang terkandung tanpa noda asal, doakanlah aku yang datang berlindung kepadaMu).

Disekitaran Goa Maria terdapat bangunan gereja yang mirip dengan museum Trowulan yang sudah hancur karena tidak terawat. Saat ini Pohsarang ini dijadikan tempat ibadah bagi umat katolik, tempat meditasi untuk non katolik, dan juga sebagai destinasi wisata bagi pelancong yang datang ke Kediri.

Lokasi Goa Maria Pohsarang Kediri

Wisata Goa Maria Pohsarang Kediri terletak di Jl. Raya, Sukorame, Puhsarang, Kec. Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64161. Tempat ini berada di lereng Guung Wilis. Goa Maria Pohsarang dari arah pusat kota sekitar 10 km.

Banyak wisatawan yang datang ke lokasi goa pohsarang Kediri. Pengunjung yang ingin mengunjungi tempat ini dapat dengan mudah menemukan lokasi. Wisatawan dapat menggunakan Google Maps untuk menuju Goa Maria Pohsarang Kediri.

Pengunjung yang ingin datang ke lokasi dapat menggunakan kendaraan motor, mobil, atau bus untuk rombongan. Apabila Anda ingin ke wisata Goa Maria Pohsarang kediri, Anda dapat menggunakan jasa dari Andara bus bersama rombongan.

Andara bus merupakan penyedia jasa layanan sewa kendaraan dengan armada lengkap. Pelayanan dari Andara bus juga profesional sehingga calon penumpang akan puas dengan layanan dari Andara bus.

Harga Tiket Masuk Wisata Goa Maria Pohsarang

Memasuki kawasan Goa Maria Pohsarang, pengunjung tidak perlu membayar biaya masuk. Pengunjung hanya perlu menyiapkan biaya retribusi parkir sebesar Rp 2.000,00 sampai dengan Rp 10.000,00 tergantung jenis kendaraan.

Jam Operasional Goa Maria Pohsarang Kediri

Kawasan wisata Goa Maria Pohsarang Kediri dibuka dari pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB. Goa Maria Pohsarang Kediri juga buka dari hari senin hingga minggu.

Daya Tarik Wisata Goa Maria Pohsarang

Goa Maria Pohsarang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari Kediri maupun luar Kediri. Hal ini dikarenakan Goa Maria Pohsarang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Simak Daya tarik Goa Maria Pohsarang Kediri.

1. Wisata Religi Bagi Umat Katolik

Banyak wisatawan yang datang ke wisata Goa Maria Pohsarang Kediri untuk beribadah. Hal ini dikarenakan kawasan ini merupakan tempat peribadatan bagi umat katolik. Di kawasan Goa Maria juga terdapat gereja katolik.

Selain itu, wisata goa maria tidak hanya dikunjungi oleh umat katolik melainkan beberapa wisatawan dengan non katolik. Pengunjung banyak yang melakukan meditasi dan berdo’a di tempat ini.

2. Memiliki Arsitektur Unik

Goa Maria Pohsarang Kediri dibangun dengan arsitektur unik yaitu tulisan dengan bahasa jawa menggunakan ejaan Belanda. Arsitektur di Gereja pohsarang ini memadukan dua hal yaitu Jawa Majapahit dan Katolik yang kental. Hal ini terlihat dari ukiran-ukiran pada dinding-dinding gereja.

3. Spot Foto Menarik

Di kawasan Goa Maria Pohsarang pengunjung akan menemukan macam-macam spot foto menarik yang menambah keestetikan. Panorama keindahan alam juga disuguhkan di kawasan Goa Maria. Selain itu, udara yang sejuk karena banyak pepohonan rindang serta terletak di kawasan dataran tinggi.

4. Taman Hidangan Kana

Di Goa Maria Pohsarang Kediri pengunjung akan menemukan tempat menarik seperti Taman Hidangan kana yang dijadikan sebagai panggung untuk pagelaran drama. Di sekitaran goa juga terdapat gedung serba guna emaus. Pengunjung dapat menemukan relief Yerusalem dan Bukit Golgota yang menjadi tempat Yesus disalib.

5. Toko Oleh-oleh

Pengunjung yang berasal dari luar kota kediri apabila ingin membeli oleh-oleh di tempat ini tidak perlu kawatir karena di kawasan Goa Maria terdapat penjual oleh oleh dan souvenir seperti gantungan kunci, baju, makanan, dan lain-lain.

Demikian informasi mengenai Wisata Goa Maria Pohsarang Kediri yang dapat menjadi pilihan destinasi wisata selama di Kediri dari Andara bus. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan bagi para pembacanya.

Scroll to Top
Chat Admin Disini