wisata puncak jowin

Puncak Jowin: Lokasi, Harga Tiket Masuk & Daya Tarik

Apakah Anda akan mengunjungi Tulungagung? Kurang rasanya jika tidak mengunjungi salah satu destinasi wisata yang ada di Tulungagung. Simak penjelasan berikut ini tentang destinasi wisata Puncak Jowin.

Mengenal Puncak Jowin

Salah satu destinasi Tulungagung yang wajib untuk dikunjungi yaitu Puncak Jowin. Puncak Jowin ini menjadi salah satu wisata hits yang berada di Kabupaten Tulungagung. Destinasi wisata puncak Jowin menawarkan spot terbaik untuk menikmati sunrise.

Pada Puncak Jowin Tulungagung, pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbit di balut dengan spot – spot instagramable. Puncak Jowin disebut sebagai Sweden Van Java.

Sebagai destinasi wisata yang favorit di Tulungagung, Puncak Jowin tidak pernah sepi pengunjung terlebih di hari weekend maupun liburan panjang. Banyak wisatawan yang datang ke lokas untuk menikmati pemandangan yang elok nan luar biasa.

Sejarah Puncak Jowin

Puncak Jowin menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup baru dan populer di kalangan masyarakat Tulungagung dan sekitarnya. Wisata ini dibuka resmi oleh wakil Bupati Tulungagung pada akhir Desember pada tahun 2022.

Nama Jowin berasal dari singkatan Joho Winong. Hal ini dikarenakan Puncak Jowin berada di Desa Winong salah satu desa yang berada di Kabupaten Tulungagung. Dahulunya puncak jowin merupakan jalur penghubung Desa Winong dan Desa Joho. Daerah tersebut hanya ada jalan setapak yang sulit untuk dijangkau.

Jalan Joho Winong memiliki medan yang sulit dan kemiringan cukup ekstrem. Kemudian warga dan pemerintah berupaya untuk membangun jalan tersebut dengan jalan beton.

Selain menjadi akses antara dua desa yaitu Joho dan Winong, puncak Jowin saat ini menjadi destinasi wisata baru yang ada di Tulungagung. Puncak Jowin juga dahulunya hanya puncak bukit biasa. Namun saat ini tempat tersebut cukup populer di kalangan masyarakat. Banyak pesepeda yang mengunjungi lokasi puncak jowin karena memiliki track yang cukup menantang.

Lokasi Puncak Jowin

Puncak Jowin menjadi destinasi wisata baru berada di Ngledok, Winong, Kec. Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66281. Pengunjung yang ingin mengunjungi tempat ini dapat dengan mudah untuk menemukan rutenya. Selain itu, wisatawan yang akan mengunjungi puncak Jowin dapat menggunakan rute lewat Google Maps karena lokasi mudah ditemukan.

Pengunjung yang ingin mengunjungi Puncak Jowin dapat menggunakan kendaraan seperti bus maupun mobil. Apabila Anda tertarik mengunjungi lokasi puncak jowin dapat menggunakan pelayanan sewa kendaraan dari Andara bus.

Andara bus merupakan penyedia layanan jasa kendaraan terpercaya dapat mengantarkan Anda dan rombongan sampai tujuan dengan pelayanan maksimal. Calon penumpang dari Andara bus akan mendapatkan pelayanan dengan kualitas terbaik dengan berbagai fasilitas yang diberikan.

Harga Tiket Puncak Jowin

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam puncak jowin hanya perlu membayar retribusi tiket masuk sebesar Rp 10.000,00. Selain itu, biaya lain yang diperlukan adalah biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000,00 untuk kendaraan motor, dan Rp 5.000 – Rp 10.000, 00 untuk kendaraan mobil dan kendaraan besar seperti bus.

Jam operasional wisata Puncak Jowin adalah buka selama 24 jam selama setiap hari. Namun Anda jika ingin mengunjungi wisata tersebut hindari hari weekend atau libur panjang karena di lokasi akan ramai oleh pengunjung.

Daya Tarik Wisata Puncak Jowin

Banyak wisatawan yang tertarik ke lokasi ke Puncak Jowin karena tempat ini termasuk destinasi wisata baru. Puncak Jowin juga menyuguhkan pesona keindahan alam yang mungkin tidak dapat ditemui di destinasi wisata lainnya. Beberapa alasan yang menjadi daya tarik wisata ini diantaranya.

1. Memiliki Bangunan Ikon Yaitu Pura

Kawasan Puncak Jowin memiliki daya tarik yaitu kawasan ini memiliki spot layaknya di Bali yaitu bangunan berbentuk pura yang menjulang tinggi. Bangunan Pura menjadi ikon wisata Puncak Jowin.

Banyak wisatawan yang datang untuk melakukan foto di area bangunan Pura. Selain itu, bangunan Pura tersebut sering dijadikan untuk scene video, foto, dan lain-lain.

Selain Bangunan Pura, bangunan yang terkenal di puncak jowin adalah jembatan kayu yang berada di tepi jurang dapat memberikan view secara 350 derajat. Tentunya keamanan dari jembatan tersebut tidak perlu diragukan dan aman untuk anak-anak.

2. Pemandangan Alam nan Eksotis

Puncak Jowin berada di perbukitan dataran tinggi. Mengunjungi puncak jowin wisatawan akan dapat menikmati indahnya pemandangan alam yang cantik. Banyak spot-spot menarik d tempat tersebut.

3. Arena Menantang Bagi Pesepeda

Banyak wisatawan yang suka olahraga bersepeda yang datang ke lokasi Puncak Jowin. Pengunjung datang untuk menaklukan track Puncak Jowin yang berkelok dan menantang. Para pesepeda akan merasa tertantang dengan jalanan yang ada di puncak Jowin.

4. Berburu Sunrise dan Sunset

Pengunjung yang datang ke lokasi puncak jowin dapat menikmati keindahan sunrise maupun sunset. Sunset atau sunrise di puncak jowin sangat indah karena lokasi yang berada di dataran tinggi membuat pemandangan matahari terbit dan tenggelam semakin jelas.

5. Arena Camping

Pengunjung yang datang ke puncak jowin juga dapat melakukan camping. Camping di puncak jowin, pengunjung akan menikmati keindahan panorama yang memanjakan mata. Menginap dengan mendirikan tenda di Puncak Jowin pengunjung akan merasakan di negeri atas awan karena pengunjung dapat melihat awan-awan yang terasa dekat dengan kita.

Sebelum melakukan camping diharapkan pengunjung untuk menyiapkan peralatan camping dan membawa barang-barang yang diperlukan. Pengunjung juga harus melakukan izin terlebih dahulu ke pengelola wisata puncak jowin.

Demikian informasi yang diberikan oleh penulis tentang destinasi wisata Puncak Jowin yang berada di Tulungagung. Semoga informasi yang diberikan oleh Andarabus dapat menambah wawasan serta menambah list liburan saat berada di Tulungagung.

Scroll to Top
Chat Admin Disini