sejarah gunung sagara

Gunung Sagara Garut: Sejarah, Jam Buka, dan Harga Tiket Masuk

Apakah Anda sedang berada di Garut? Kurang rasanya jika tidak mengunjungi Gunung Sagara Garut. Berikut informasinya untuk Anda tentang Sejarah, jam buka, serta harga tiket masuk di Gunung Sagara Garut.

Gunung Sagara Garut

Mengenal salah satu objek wisata di Garut yaitu Gunung Sagara berada di perbatasan Kabupaten Garut dan Tasikmalaya. Gunung Sagara merupakan gunung yang terletak di wilayah timur Kabupaten Garut memiliki pesona alam yang indah nan elok. Objek wisata Gunung Sagara saat ini cukup populer di kalangan pendaki yaitu anak muda. Pemandangan yang disuguhkan seperti danau Talaga Bodas terlihat dari puncaknya menjadi magnet kuat bagi para pecinta alam.

Wisata gunung Sagara memiliki panorama alam yang asri dan sejuk menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke daerah tersebut. Selain itu, Talaga bogas garut atau dikenal dengan danau Talaga bodas memiliki air kawah berwarna biru toska dan suguhan pemandangan Gunung Galunggung menjadi daya tarik para pelancong wisata.

Gunung Sagara Garut memiliki trek pendakian pada wisata gunung yang cukup mudah. Trek yang akan dilalui memiliki jalan yang terus menanjak dari basecamp yang tersedia hingga menuju puncak gunung.

Walaupun memiliki trek yang dirasa cukup menantang, nantinya akan merasa puas karena mata akan dimanjakan dengan keindahan alam yang begitu indah pada perjalanan menanjak. Gunung Sagara garut ini memiliki ketinggian yang mencapai 2132 mdpl yang lumayan menantang.

Sejarah Gunung Sagara Garut

Sebuah gunung di Garut yaitu Gunung sagara memiliki nama lain disebut dengan anak gunung kumbang. Gunung Sagara Garut memiliki sejarah berawal dari mitos-mitos yang berkembang di tengah tengah penduduk sekitar. Nama Sagara karena memiliki kesamaan dengan sagara atau lautan yang jika diarungi dengan tidak bijaksana dapat menyesatkan.

Terdapat pula nama sagara berasal dari sebuah danau terpendam yang ada dalam perut gunung yang sebagian besar hutannya masih alami.

Mitos dari Guung sagara garut adalah para pendaki dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau. Pihak pengelola gunung sagara juga tak segan untuk meminta para pendaki mengganti baju mereka yang berwarna hijau apabila ingin melanjutkan pendakian.

Lokasi Gunung Sagara

Gunung Sagara berlokasikan tepat di Kampung Sagara, Desa Tenjonagara, Kecamatan Sucinaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Letak Gunung Sagara sekitar 18 km dari pusat Kabupaten Garut. Gunung Sagara mudah ditemui karena berada di perbatasan Kabupaten Garut dan Tasikmalaya.

Jam Buka Wisata Gunung Sagara

Objek wisata alam Gunung Sagara buka setiap hari. Gunung Sagara beroperasional selama 24 jam nonstop karena membuka jalur pendakian. Siapapun dapat mendatangi lokasi Gunung Sagara.

Untuk sampai pada puncak Gunung Sagara, pengunjung yang melakukan pendakian dari basecamp menuju pos 1 akan disuguhkan dengan pemandangan perkebunan kopi dan sayuran dari warga lokal. Selain itu, trek pendakian masih terbilang ringan. Dengan melewati jalur pendakian, pengunjung akan menemukan mata air di pos 1.

Harga Tiket Masuk Gunung Sagara Garut

Datang ke lokasi gunung Sagara Garut Anda hanya perlu menyiapkan untuk biaya retribusi berupa Simaksi sebesar Rp 20 ribu rupiah per orang, Parkir motor Rp 5 ribu rupiah untuk satu kendaraan, dan parkir mobil Rp 10 ribu rupiah.

Fasilitas Gunung Sagara

Saat datang di Gunung Sagara, selain dapat melakukan pendakian dan membangun tenda tentunya fasilitas yang disediakan oleh pengelola cukup lengkap. Beberapa fasilitas yang dapat dinikmati seperti area parkir kendaraan yang luas dan aman, beberapa toilet umum, warung makan, mushola, pusat pendaftaran simaksi, serta penginapan rumah warga.

Apabila Anda tidak ingin mendirikan tenda di puncak gunung sagara, Anda dapat menginap di penginapan rumah warga agar tidak ribet. Menghabiskan waktu di gunung sagara bersama rekan atau keluarga dapat membuat pikiran serta tubuh lebih rileks.

Daya Tarik Wisata Gunung Sagara

Apabila mengunjungi gunung Sagara Garut, pengunjung akan senang karena dapat menikmati alam yang indah. Berikut ini apa saja yang menjadi daya tarik wisata gunung Sagara.

1. Menikmati View dari Puncak

Daya tarik dari wisata gunung Sagara Garut adalah menikmati panorama alam yang menyejukkan pandangan mata. Menikmati view dari puncak, pengunjung dapat menyaksikan danau talaga bodas dengan latar belakang gunung Galunggung. Pengunjung juga akan disuguhkan indahnya sunrise yang indah.

2. Melakukan Camping

Di Gunung Sagara Garut, pengunjung dapat mendirikan tenda di dekat puncak. Apabila ingin bermalam di gunung jangan lupa untuk menyiapkan kebutuhan logistik dan perlengkapan camping serta camilan.

3. Pendakian

Pengunjung juga dapat melakukan pendakian di gunung dengan ketinggian 2000an mdpl. Trek pendakian gunung sagara garut terdapat dua jalur yaitu via tajur dan via sagara yang dilengkapi basecamp. Pengunjung yang melakukan pendakian juga akan menemukan pemandangan perkebunan kopi, sayuran, serta menemukan mata air.

Pengunjung juga akan menemukan makanan hutan yang dapat dimanfaatkan seperti begonia. Begonia adalah tanaman yang dapat dimakan batangnya. Tanaman ini memiliki rasa masam dan mengandung banyak air.

4. Lautan Awan

Daya tarik Gunung Sagara Garut adalah dapat menikmati lautan awan yaitu panorama lereng gunung dan hutan yang memukau serta dapat melihat hamparan lautan awan. Lautan awan dapat dinikmati dengan momen sunrise.

Demikian informasi mengenai gunung sagara garut, sejarah, jam buka, serta daya tariknya dari andarabus. Semoga dari informasi ini dapat menambah salah satu destinasi wisata saat berada di Garut.

Scroll to Top
Chat Admin Disini