Jenis Bus Di Indonesia

Akhir-akhir ini, pengembangan bus di Indonesia begitu pesat sehingga telah membuat banyak model tersedia dan semakin meningkatkan kenyamanan perjalanan.

Peraturan Pemerintah No. 55 tahun 2012 tentang kendaraan yang mengatur ketentuan baru untuk jenis kendaraan yang dapat diproduksi di Indonesia. Ini digunakan sebagai peluang bagi perusahaan yang memperluas kegiatan mereka.

Bus dengan model baru bebas untuk bepergian di jalan-jalan antar provinsi. Kita sekarang dapat melihat bahwa banyak badan yang muncul yang menawarkan bus Dek Tinggi (HD) atau yang biasa disebut bus lantai tinggi. Model High Deck, SHD (Super High Decker) dan DD (Double Deck). Perbedaan antara bus HD dan non-HD dapat dilihat dari namanya. Jelas, bus HD lebih tinggi daripada non HD.

Mungkin di antara Anda, Anda tidak tahu perbedaan antara model bus yang tersedia di Indonesia. Nah, kali ini, PusatSewabus.com ingin tahu lebih banyak tentang bus non HD, HD, SHD, HDD, DG dan DD, semoga dengan artikel singkat yang kami tulis, penggemar bus dapat dengan mudah mengetahui apa yang membedakannya dari jenis bus ini. Mari kita bahas satu per satu.

Jenis Bus Non HD / Bus Normal

 

Mungkin Anda sering naik bus sebelum 2009 dan menemukan benjolan  di sebelah kursi pengemudi.Selain itu, bus ini sering digunakan untuk perjalanan ekonomi.Bus yang dimaksud adalah bus non-HD alias Normal Deck Bus. Bus Non HD memiliki karakteristik ketinggian sekitar 3000 mm hingga 3300 mm, ketinggian kursi pengemudi sejajar atau lebih tinggi dari kursi penumpang, bagasi tidak terlalu lebar dan penampilan bodywork utamanya persegi panjang, dan memiliki fitur khusus yang ada mesin ‘di sebelah pengemudi.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Bus Jalur Pantura

Jenis Bus High Deck (HD)

model Bus High Deck

 

Seperti namanya, High Deck Bus adalah jenis bus yang memiliki lantai lebih tinggi daripada Non HD. Bus ini mulai beroperasi pada tahun 2009. Ini dimulai dengan munculnya Marcopolo Baru dari badan Adiputro, Trisakti Phoenix dan Laksana Legacy.Sejauh ini, masih banyak yang menggunakan bus ini.Bus-bus ini, yang sering dalam HD pendek, semakin banyak muncul di Indonesia ketika peraturan pemerintah nomor 55 tahun 2012 diterapkan.Untuk membedakan antara bus HD dan non-HD, yaitu bahwa bus HD memiliki karakteristik ketinggian bus antara 3400 mm dan 3500 mm, sulit untuk membedakan dengan jelas bus HD dan non-HD dari luar.

Jenis Bus Super High Deck (SHD)

Bus kelas super eksekutif PO ROSALIA INDAH

 

Sekarang model bus terbaik saat ini. Bus SHD dipresentasikan di GIIAS 2015. Pertama kali dibangun pada sasis Scania K360iB, kemudian menjadi armada unggulan beberapa PO di Indonesia. Sebagian besar dibangun di atas Hino RK8, Mercedes Benz OH1839 dan sasis Scania K360iB.

Karakteristik Jetbus SHD adalah memiliki ketinggian sekitar 3900 mm, boot yang lebih luas, dan bahkan sepeda motor dapat dimasukkan. Fitur yang paling mencolok dari bus ini adalah dapat dilihat dari kaca depan yang menggunakan kaca ganda dan memiliki pemisah penghalang atau batang kaca depan. Di bagian belakang, panggangan lebih tinggi dari bus Dek Tinggi biasa.

                Baca Juga : Bus Trayek Terjauh

Tampilan panjang dari bus SHD, bodi bus terlihat gagah dan elegan. Pantas saja jadi primadona di jalanan.Berbicara tentang interior, bus SHD dirancang dengan mewah dan nyaman, memungkinkan penumpang untuk merasa puas menikmati pemandangan selama perjalanan. Dilengkapi dengan sejumlah fungsi dan fasilitas keamanan yang sangat canggih. Desain interior bus sangat menarik.

sewa bus pariwisata jakarta andara

Andara Bus By AJB Tours and Trans ADALAH perusahaan Sewa Bus Pariwisata Jakarta Terkemuka. Kami menyediakan jasa sewa bus pariwisata untuk keperluan perjalanan wisata / pribadi maupun bisnis. Seperti tour, study tour, ziarah / religi, KKL, gathering, outbound, pernikahan, arisan, rombongan mudik dan lainnya. Kami bekerjasama / rekanan dengan berbagai PO Bus Pariwisata terkemuka di Jabodetabek, Jawa, Bali, Sumatra dan Sulawesi sehingga kami dapat memberikan pilihan armada dan layanan yang luas untuk klien kami.

Dengan harga yang sangat bersaing / negotiable, menyesuaikan dengan kualitas dan budget anda, kami akan mencarikan armada untuk kebutuhan perjalanan wisata anda. Tanpa harus repot bernegosiasi / tawar menawar / menelepon satu per satu PO Bus, pusing membandingkan harga sewa yang ditawarkan, ragu dengan kualitas dan fasilitas armadanya. Silahkan hubungi kami yang akan memberikan informasi lengkap untuk anda.

Tinggalkan Balasan