Jenis-Jenis Bus Yang Ada Di Indonesia

Saat ini bus memang salah satu alat transportasi yang sedang digandrungi masyarakat. Harganya yang terjangkau serta fasilitas yang lengkap membuat tidak ada keraguan di hati untuk memilih bus sebagai alat transportasi untuk bepergian. Utamanya untuk perjalanan jarak jauh dan dengan jumlah penumpang yang cukup banyak. Semakin digandrunginya bus, maka model dan fasilitas bus pun tentu kini sudah sangat beragam. Berbagai macam model dan jenis bus tentunya memiliki tujuan yang berbeda-beda tergantung pada kebutuhan penggunanya.

Ketika ingin menyewa bus untuk berbagai keperluan, tentunya Anda akan menghubungi dan mengunjungi tempat sewa bus. Tempat sewa bus pariwisata jakarta tentunya menyediakan berbagai macam jenis dan model bus yang berbeda-beda. Ketika Anda awam mengenai jenis-jenis bus maka Anda pasti bingung memilih jenis bus pariwisata mana yang cocok untuk keperluan perjalanan Anda. Untuk itu, sebaiknya Anda simak informasi mengenai jenis-jenis bus yang ada di Indonesia berikut ini sebelum Anda memutuskan untuk menyewa bus pariwisata.

Secara garis besar, macam-macam bus di Indonesia diklasifikasikan menjadi beberapa kategori. Diantaranya adalah jenis bus berdasarkan ukurannya serta jenis bus berdasarkan fasilitasnya (kelas). Pada artikel ini kami akan menyuguhkan informasi mengenai jenis-jenis bus yang ada di Indonesia berdasarkan ukurannya dan berdasarkan fasilitasnya (kelas).

Jenis Bus Berdasarkan Ukurannya

  • Big Bus

Big bus merupakan jenis bus pariwisata yang memiliki ukuran super besar daripada jenis bus pariwisata yang lainnya. Jenis dari big bus memiliki berbagai macam jenis, diantaranya:

    • Bus Semi HD atau Non HD

Merupakan salah satu jenis bus yang cukup langka di Indonesia saat ini memiliki tinggi 3,3 meter serta berkapasitas penumpang antara 50 orang (2-2) sampai 60 orang (2-3).

    • Bus High Deck (HD)

High Deck Bus memiliki tinggi 3,5 meter, panjang 1 meter, serta lebar 2,5 meter. Kapasitas penumpang dari bus ini adalah antara 50 orang (2-2) sampai 60 orang (2-3).

    • Bus Super High Deck (SHD)

Bus ini merupakan jenis bus yang saat ini populer di Indonesia. Tinggi dari bus ini sekitar 3,7-3,9 meter dengan panjang 12-13,5 meter (untuk bus yang berchasis MB O500RS memiliki panjang 12,8 meter, sedangkan bus triple Axie memiliki panjang 13,5 meter).

    • Bus High Deck Double Glass (HDD)

Merupakan salah satu varian dari bus High Deck namun terdapat sekat pemisah kaca (topi) pada bagian depan bus tersebut. Bus ini memiliki tinggi 3,5-3,7 meter, lebar 2,5 meter, dan panjang bus 12 meter (khusus Mercedes Benz OC 500 RS 1836 / O500R memiliki panjang 12,8 meter).

    • Bus Double Decker (DD)/Bus Tingkat

Tinggi total dari bus ini sekitar 4,15 meter dengan 2 tingkat deck yang dihubungkan melalui tangga. Bus ini diatur agar semua operasinya serba otomatis yang meliputi kemudi sudah dibuat power stering, electronic stability, dan program keakuratan serta kestabilan kemudi ketika bus sedang berjalan. Penumpang bus Double Decker (DD) ini akan sangat dimanjakan dengan segala kemewahan fasilitas yang ditawarkan. Memiliki kursi penumpang sebanyak 47 buah saja dengan kapasitas angkut 250 ton. Bus ini digunakan sebagai bus AKAP (Angkutan Kota Antar Provinsi).

    • Bus Ultra High Decker (UHD)

Ultra High Decker merupakan salah satu varian bus High Decker (HD) keluaran terbaru. Bus ini dikeluarkan pada tahun 2018 dalam acara GIAAS. UHD Bus memiliki tinggi total 4 meter dengan adanya ruang bagasi yang sangat luas dengan tinggi bagasi tersebut adalah 1,8 meter. Mesin bus UHD dirancang diatas chasis premium Mercedes Benz dengan kapasitas 11.967 cc.

Akses naik bus bagian depan dipermudah dengan cara kursi dari driver dirancang lebih rendah daripada kursi penumpang. Untuk pintu tengah akan dibangun dengan menggunakan tangga. Kapasitas angkut bus ini mencapai 59 orang.

Konfigurasi tempat duduk penumpang terbagi menjadi 2 jenis, yaitu konfigurasi seat 2-2 (2 kanan dan 2 kiri) dengan kapasitas 40-47 seat dan konfigurasi seat 3-2 (3 kanan dan 2 kiri).

  • Medium Bus

Bus ini biasa disebut juga dengan istilah bus ¾. Kapasitas bus ini sedang yaitu 25, 27, 29, hingga 31 seat. Bus ini memiliki panjang 7,5 meter, lebar 2,2 meter, dan tinggi 3 meter.

    • Micro Bus/Mini Bus/ELF

Sesuai namanya, bus ini adalah bus dengan ukuran yang kecil atau yang biasa kita kenal dengan nama ELF. Umumnya ukuran ELF adalah panjang 5,5 meter, lebar 1,7 meter, dan tinggi 2,6 meter. Ada 2 jenis ELF yaitu ELF long dan ELF sort. Perbedaan mendasar pada keduanya adalah ukuran dimensi dan kapasitasnya. Elf long memiliki kapasitas 16-19 seat, sedangkan ELF sort berkapasitas 13-15 seat. Beberapa jenis ELF yang terkenal di Indonesia antara lain Isuzu ELF, Toyota HIACE, dan Mercedes Benz Sprinter.

    • Mini Van Toyota Hiace

Kendaraan ini juga merupakan salah satu keluaran pabrikan Isuzu. Mirip dengan ELF sort, Mini Van Toyota Hiace juga memiliki kapasitas kurang lebih 15 seat.

Jenis Bus Berdasarkan Fasilitasnya

jenis bus pariwisata

  1. Ekonomi

Bus ini merupakan jenis bus yang cukup terjangkau harganya, alias murah. Jenis bus ini biasanya ada di terminal-terminal sehingga masyarakat luas dapat menaikinya dengan mudah ketika hendak bepergian jauh misalnya mudik. Formasi seat pada bus ini umumnya 3-2 (3 kanan-2 kiri).

  1. AC Ekonomi

Fasilitas dari bus AC Ekonomi ini mirip dengan fasilitas pada bus kelas ekonomi. Namun terdapat tambahan fasilitas AC didalamnya. Harga yang harus dibayar untuk menaiki bus ini pun sedikit lebih mahal dari pada bus Ekonomi biasa.

  1. Bisnis RS/Patas Non AC

Bus ini memiliki fasilitas kursi RS (Reclining Seat) yaitu kursi penumpang yang bisa dimaju mundurkan untuk dibuat sebagai sandaran punggung penumpang.

  1. Bisnis AC/Patas AC

Bus ini memiliki fasilitas AC dan kursi RS.

  1. VIP Class

Fasilitas pada bus ini adalah adanya AC, kursi RS, serta adanya fasilitas tambahan berupa selimut dan makan prasmanan. Kapasitas penumpang bus ini biasanya 32-40 orang.

  1. Executive Class

Bus ini memiliki fasilitas seperti bus kelas VIP namun terdapat tambahan fasilitas ekstra yaitu adanya legrest / footrest (sandaran kaki) serta tambahan snack untuk camilan. Ada pula beberapa yang menambahkan fasilitas Wi-Fi didalamnya.

  1. Super Executive Class

Bus ini memiliki konfigurasi 2-1 dengan tempat duduk yang sangat nyaman dan sangat empuk. Kelas bus ini biasanya diterapkan pada bus pariwisata antar kota. Fasilitas seat menempel ke dinding samping bus dan ditengahnya dilapangkan untuk tempat berdiri.

Nah, sekarang Anda sudah paham kan mengenai jenis-jenis bus pariwisata yang ada di Indonesia? Anda yang awalnya awam mengenai jenis bus pun kini tentunya sudah paham jika Anda hendak memilih bus sesuai kebutuhan dan jumlah orang yang hendak naik bus. Setelah Anda memahami jenis-jenis bus, kini saatnya Anda menentukan tempat sewa bus yang tepat. Tempat yang tepat itu adalah Andara Bus. Andara Bus menyediakan berbagai jenis bus pariwisata sesuai kebutuhan Anda, tentunya dengan harga yang ramah di kantong.

Tinggalkan Balasan