Macam-Macam Bus Pariwisata

Untuk tujuan pariwisata, saat ini masyarakat Indonesia banyak yang berminat menggunakan bus sebagai solusi terbaik karena selain harga sewanya yang relatif murah, bus juga lebih efisien jika digunakan untuk mengangkut banyak penumpang serta dapat dengan mudah ditemukan dengan banyaknya agency atau PO Bus yang menyediakan jasa sewa bus pariwisata. Dengan melakukan sewa bus, berkunjung ke tempat wisata tertentu atau ke lokasi tertentu akan lebih mudah.

Kelebihan dari melakukan sewa bus untuk keperluan pariwisata adalah anda tidak perlu repot-repot berganti transportasi karena bus yang anda sewa akan mengantarkan kemana saja anda mau, bisa minta berhenti kapan saja untuk keperluan membeli sesuatu di swalayan atau untuk beribadah, dan lain-lain. Selain itu, anda bisa membawa rombongan keluarga anda, teman-teman anda dengan jumlah yang cukup banyak untuk melakukan kegiatan wisata atau kunjungan.

Kali ini, kami akan berbagi informasi menarik seputar macam-macam bus pariwisata yang recommended untuk menemani perjalanan wisata anda. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Macam-Macam Bus Pariwisata

Saat ini sudah marak kita jumpai perusahaan bus yang bisa menyewakan bus untuk kegiatan pariwisata, hal ini berkaitan dengan minat masyarakat kita yang semakin tinggi untuk menggunakan bus sebagai transportasi untuk melakukan kegiatan wisata.

Para perusahaan bus penyedia jasa pariwisata ini semakin hari semakin meningkat jumlahnya sehingga banyak terjadi persaingan antar perusahaan. Persaingan tersebut diwujudkan dengan pengadaan program paket perjalanan wisata dengan harga yang sangat terjangkau serta kualitas yang sangat bagus. Berbagai fasilitas disiapkan oleh perusahaan demi meningkatkan kenyamanan serta kepuasan penumpang.

Dengan banyaknya jumlah perusahaan penyedia jasa sewa bus pariwisata, tentunya kita harus semakin teliti dan cermat dalam memilih jasa sewa bus agar tidak tertipu dengan agen-agen tidak bertanggung jawab serta kita harus mengetahui jenis-jenis bus sehingga dapat menemukan kenyamanan serta kepuasaan saat melakukan kegiatan wisata. Mengetahui

Macam-Macam Bus Pariwisata
Sumber Gambar : Gunungharta.com

juga dapat membantu anda dalam menentukan berapa bus yang akan digunakan yang disesuaikan dengan kapasitas armada serta jumlah penumpang yang akan menggunakan bus tersebut. Berikut merupakan macam-macam bus pariwisata yang perlu anda ketahui.

1.    Big Bus

Big bus merupakan bus pariwisata yang didesain dengan model bus yang besar sesuai dengan nama yang digunakan. Dengan model bus yang besar tersebut maka big bus ini memiliki ruang kapasitas penumpang yang lebih banyak dan lebih besar jika dibandingkan dengan bus-bus pariwisata lainnya. Bus jenis ini mampu menampung penumpang berjumlah 59 orang dan memiliki 2 macam konfigurasi yaitu konfigurasi 2-2 dan konfigurasi 2-3. Adapun yang dimaksud konfigurasi ialah lokasi atau desain tempat duduk di armada tersebut. Jika konfigurasinya 2-2 maka tempat duduknya berjumlah 2 untuk sebelah kiri dan berjumlah 2 juga untuk sebelah kanan. Sedangkan konfigurasi 2-3 berarti terdapat 2 bangku di sisi kiri sedangkan untuk sisi kanan terdapat 3 bangku. Bus model ini dapat anda pilih jika anda hendak berlibur dengan jumlah rombongan yang banyak seperti rombongan PKK, Karang Taruna, Study Tour sekolah dan lain-lain.

2.    Medium Bus

Dengan melihat namanya, kita pasti sudah membayangkan bud dengan kapasitas medium yaitu tidak banyak dan tidak juga sedikit. Ya, bus dengan ukuran medium ini biasanya memiliki kapasitas antara 25, 27, 29 dan 31. Bus jenis ini cocok sekali jika digunakan untuk berwisata dengan keluarga besar yang berjumlah 20 orang lebih. Banyak masyarakat yang menyewa big bus namun terjadi kekurangan jumlah tempat duduk sedangkan jika menambahkan jenis big bus lagi akan menambah banyak sekali pengeluaran maka solusi yang paling tepat ialah menggunakan medium bus.

3.    Micro Bus

Pada urutan pertama dan kedua kita sudah membahas tentang bus yang berkapasitas besar dan bus berkapasitas medium. Kali ini kita akan membahas bus dengan kapasitas yang kecil yaitu micro bus. Biasanya bus kecil ini mampu mengangkut sekitar 16 hingga 19 orang saja. Desainnya sendiri tidak jauh beda dengan armada elf yang juga mampu mengangkut sekitar 16 orang penumpang. Micro bus ini sangat cocok bagi anda yang hendak bepergian atau berwisata dengan rombongan yang tidak terlalu banyak seperti teman atau kerabat dekat dan keluarga yang tidak terlalu banyak.

 

Itulah beberapa jenis atau macam-macam bus pariwisata yang dapat anda pertimbangkan ketika akan berlibur atau berwisata. Jangan lupa untuk memastikan berapa jumlah orang yang akan berlibur serta berapa budget yang harus anda siapkan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk menggunakan jasa sewa bus pariwisata Jakarta.

Tinggalkan Balasan