sasis bus premium

Mengenal 4 Sasis Bus Premium di Indonesia

.Bus premium semakin banyak di gunakan di Indonesia karena infrastruktur jalan tol yang dapat di terima. Bus yang di lengkapi platform berkualitas itu kini menjadi salah satu penopang utama Perusahaan Otobus (PO) saat melaju di jalan tol Trans Jawa sepanjang kurang lebih 1.167 km. Beberapa merek sasis bus berkualitas tinggi yang di pasarkan di Indonesia sendiri kebanyakan adalah merek Eropa.  Salah satu ciri  sasis bus yang berkualitas tinggi adalah tri-axle atau tiga gardan. Jumlah gardan yang lebih banyak dari bus biasa di maksudkan agar bus dapat menampung  penumpang dan kapasitas muat lebih banyak. Juga, untuk ukuran bus menjadi sedikit lebih panjang. Ada 4 merek yang memproduksi sasis bus berkualitas di Indonesia, yakni Mercedes-Benz, Scania, Volvo, dan MAN. Yuk, mengenal 4 sasis bus premium tersebut melalui ulasan berikut!

Mercedes-Benz OC 500 RF 2542

Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 memiliki mesin diesel OM 457 LA Euro 3, injeksi 6 silinder segaris, injeksi langsung, turbocharger, dan interradiator. Mesin berkapasitas 11.967 cc ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 422 hp. pada 1.900 rpm dan torsi maksimum 1.900 Nm pada 1.100 rpm. Mesin mentransmisikan tenaganya melalui transmisi otomatis 6 kecepatan dengan retarder utama. Performa tersebut di berikan pada kecepatan maksimal 120 km/jam.

Scania K410iB

Di Indonesia, merek bus asal Swedia ini di distribusikan oleh PT United Tractors. Seperti Mercedes-Benz OC 500 RF 2542, Scania K410iB adalah salah satu merek bus berkualitas tinggi yang banyak di minati oleh organisasi manufaktur negara. Di atas kertas, Scania K410iB memiliki mesin 13.000 cc, 6 silinder lurus, turbocharged, dan intercooler. Dari segi performa, mampu menghasilkan tenaga maksimal 410 hp pada 1.900 rpm dan torsi maksimal 2.000 Nm antara 1.000 hingga 1.350 rpm.

Volvo B11R

Jenis Volvo B11R di pasarkan oleh PT Indotruck Utama Spesifikasi Volvo B11R yang di gunakan pada bus AKAP (Antar Kota-Antar Provinsi) berbeda dengan spesifikasi bus Transjakarta Bedanya di performa.

Volvo B11R untuk AKAP di luncurkan di  Busworld South East Asia 2019 di Jakarta Bus ini memiliki mesin 11.000 cc yang di kawinkan dengan gearbox i-Shift AMT 12 percepatan. Transmisinya menggunakan teknologi Triptone yang dapat di gunakan pada mode manual dan otomatis.

Di bandingkan kompetitornya,  Volvo B11R memiliki salah satu keluaran tenaga tertinggi dengan 430 hp. dan torsi maksimum 2.000 Nm Performa B11R versi AKAP adalah hal terpenting yang di tawarkan  Volvo.

MAN R37

Performa Volvo B11R tidak cukup? Ada MAN R37 dengan spesifikasi yang  lebih gila lagi. Merek sasis bus premium asal Jerman ini sebenarnya kurang populer di Indonesia. Ini hanya di gunakan oleh beberapa produsen, salah satunya adalah PO Nusantara.

Di lihat dari data teknisnya, MAN R37 dibekali mesin common rail D2676  berkapasitas 12.419 cc, Euro 3 Tenaga maksimal mesin ini sebesar 460 hp pada 1.900 rpm dan torsi  2.100 Nm di kisaran 1.000 hingga 1.400 rpm. Sebagai informasi lebih lanjut, PT Duta Putra Sumatera (DPS) memasarkan MAN R37 sebagai agen tunggal Merek Bus dan Truk (ATPM) MAN di Indonesia.

Kelebihan Bus Pariwisata

Bus Premium seringkali di gunakan untuk perjalanan wisata atau sering kita sebut sebagai bus pariwisata. Lalu, apa saja sih kelebihan serta kekurangan bus pariwisata? Ini dia jawabannya!
1. Memiliki Fitur yang Lengkap

Beberapa keuntungan jika menggunakan bus pariwisata premium adalah anda bisa mendapatkan berbagai fitur yang lengkap. Antaranya ialah interior yang mewah, reclining seat, AC personal, berbagai fitur hiburan seperti PS, MP3, P4 hingga TV, adanya WiFi serta di lengkapi adanya GPS.

  1. Memiliki Kenyamanan yang Tinggi
  2. Pelayanan yang Ramah
  3. Sudah Pasti Modern dan Inovatif
  4. Harga Cukup Terjangkau

Tips Wisata dengan Bus Pariwisata

Anda berencana untuk berwisata? Yuk, perhatikan berbagai tips berikut!

Sesuaikan Dulu Armada dengan Kebutuhan Anda

Sebelum wisatawan menyewa coach, ada baiknya tentukan terlebih dahulu budget liburan yang diinginkan. Jika wisatawan ingin liburan dengan budget murah, bisa memilih bus wisata dengan harga yang terjangkau. Namun, jika wisatawan lebih menyukai kenyamanan, sebaiknya memilih gerbong yang eksklusif dan dilengkapi dengan segala fasilitasnya.

Jangan Lupa Pastikan Jumlah Penumpang

Apabila wisatawan menentukan armada sesuai dengan kebutuhannya, wisatawan harus mencocokkan jumlah rombongan rombongan liburan di dalam bus wisata yang akan disewa. Saat ini, berbagai jenis gerbong dapat digunakan, mulai dari minivan hingga  bus berukuran sedang hingga bus besar, yang tentunya memiliki kapasitas penumpang yang berbeda-beda

Pastikan Fasilitas Apa Saja Yang Tersedia

Apakah wisatawan sudah menemukan bus wisata yang  sesuai dengan kebutuhan dan jumlah penumpangnya? Selanjutnya, wisatawan bisa mengecek perlengkapan apa saja yang tersedia di armada tersebut. Jika wisatawan menginginkan perjalanan yang nyaman dan menyenangkan bisa memilih bus wisata yang  dilengkapi dengan segala fasilitasnya seperti AC, televisi, DVD player dan karaoke.

Koneksi bus sangat penting dan layak disebut. Fasilitas yang lengkap dapat menghadirkan kenyamanan dan kebosanan bagi para traveller dan traveller lainnya saat melakukan perjalanan terutama  jarak jauh

 

Itulah informasi tentang 4 sasis bus premium di Indonesia. Anda berencana berwisata? Yuk, pakai jasa sewa bus Jakarta aja!

 

Scroll to Top
Chat Admin Disini