cara merawat bus

CARA MERAWAT BUS DENGAN TEPAT

Bersama dengan kereta api, bus adalah salah satu sarana publik negara. Oleh karena itu perlu di perhatikan kesiapan teknis dan kondisi bus  agar tidak terjadi kendala selama perjalanan. Menjaga bus dalam kondisi baik dan tidak hanya  memberikan kenyamanan kepada penumpang. Namun, itu bisa memperpanjang umur bus. Dengan cara ini Anda melindungi bus agar berdiri sebaik mungkin. Yuk ketahui bagaimana cara merawat bus dengan baik melalui ulasan berikut!

1 Lakukan pemeriksaan mesin

Periksa mesin secara rutin dan tentunya sangat teliti sebelum berkendara. Dengarkan suara mesin apakah ada suara yang tidak normal, periksa V-belt dan tangki oli, karena ini akan sangat mempengaruhi performa mesin

 2 Periksa pelumasan

Selain  mencegah  masalah keausan mesin tanpa adanya sistem pelumasan yang baik, komponen mesin tentunya tidak akan bekerja dengan maksimal. Pastikan semua komponen mendapat pelumasan yang tepat, mulai dari mesin hingga transmisi hingga suspensi, karena sering terjadi gesekan antar komponen.

3 Periksa Gearbox dan Gardan

Gearbox dan gardan merupakan salah satu komponen terpenting yang masih menjadi bagian dari sistem penggerak kendaraan, sehingga keberadaan dan perawatannya sangat penting. Pemeriksaan bagian ini meliputi pemeriksaan cardan shaft, axle, dll. untuk memastikan bus berjalan dengan baik.

4 Periksa Baja Bagian Bawah

Meninjau bagian ini sangat penting karena berkaitan dengan keamanan. Ada banyak item yang harus di periksa di bagian ini termasuk ketebalan kampas rem, sistem rem, suspensi dan rem.

5 Sistem Pendingin

Sistem pendingin tidak begitu penting, karena untuk menghindari overheating sangat penting di lakukan pengecekan kondisi air pendingin dan radiator.

 6 Bersihkan filter udara

Untuk menjaga  kondisi mesin agar tetap prima maka perlu di lakukan pembersihan filter udara dari debu dan kotoran yang dapat mempengaruhi kinerja mesin.

 7 Periksa kondisi ban

Periksa kondisi ban, jika karet ban licin (telanjang), maka sangat berbahaya bila berada di jalan licin, misalnya saat hujan. Jadi pastikan ban tidak terbuka agar bus tidak selip saat direm.

8 Periksa sistem kelistrikan

 

Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) biasanya beroperasi pada malam hari karena  sangat membutuhkan penerangan yang memadai. Periksa sistem kelistrikan untuk memastikan pencahayaan dalam kondisi baik.

Cara Merawat Kaca Bus

Salah satu bagian terpenting dari bagian bus adalah kaca bus. Berkendara dalam kondisi  bus yang kotor tentu sangat mengganggu pengemudi.

Kecelakaan yang sering terjadi di jalan salah satu faktornya adalah  kondisi kaca bus yang tidak maksimal. Oleh karena itu, perawatan kaca bus memerlukan perawatan  khusus

Membersihkan kaca bus memang tidak mudah. Sebaliknya, jika Anda menggunakan teknik yang salah  saat membersihkan, akan mengakibatkan goresan pada kaca.

Jika kaca bus tergores, penglihatan pengemudi akan terganggu. Belum lagi malah bisa menimbulkan masalah saat terkena cahaya berlawanan.

Ada beberapa cara atau teknik  yang baik dan cocok untuk membersihkan jendela bus.

Pertama, Bersihkan Dulu Kaca Bus Anda

Sebelum mencuci  jendela, bersihkan kotoran di permukaan kaca. Jika ada debu kering di permukaan kaca, bersihkan terlebih dahulu dengan kain debu lembut atau sejenisnya. Ini mencegah goresan pada kaca bus. Jika ada debu atau kotoran basah di permukaan kaca, gunakan air bersih terlebih dahulu lalu cuci untuk menghilangkan kotoran dari kaca

Jangan Lupa Semprotkan Cairan Pembersih

Langkah selanjutnya, cairan pembersih disemprotkan langsung ke kaca bus. Berbeda dengan kaca di  dalam bus, penyemprotan langsung pada kaca luar memudahkan untuk melepaskan kotoran atau binatang kecil. Yang terbaik adalah tidak meninggalkan cairan apa pun setelah penyemprotan untuk mencegah cairan lengket mongering.

Gunakan Pula Kain Microfiber

Jenis kain ini sangat bagus, tidak hanya halus, tetapi juga dapat menghilangkan serangga dan kotoran dari luar jendela. Tapi tetap tidak meninggalkan goresan. Pastikan kain mikrofiber yang Anda gunakan  belum pernah digunakan untuk mengelap  bagian dalam kaca.

Lakukan Pengelapan Pada Kaca dengan Berpola

Pola yang dimaksud disini adalah pola vertikal kemudian pola horizontal. Selain membersihkan kaca mobil, Anda juga harus mengecek kondisi wiper bus. Periksa kondisinya secara rutin, karena wiper kaca depan yang rusak dapat menggores kaca depan. Pengikis yang rusak dapat dikenali dari karetnya yang tidak lentur dan retak, dan airnya tidak sepenuhnya hanyut saat digunakan. Juga tidak disarankan untuk menggunakan wiper saat kaca bus sudah kering, apalagi jika terkena debu atau kotoran karena menggores kaca. Jika ingin menggunakan wiper pada kaca yang kering, semprotkan cairan wiper secukupnya terlebih dahulu.

Selain hal-hal yang telah di sebutkan di atas, perawatan kaca jendela bus juga memerlukan pemeriksaan rutin terhadap sisa pembersih kaca di dalam dan di luar bus. Jika menggunakan cairan  pembersih kaca, pastikan  sisa cairan sudah kering  Pastikan tidak ada cairan yang tersisa di kaca dan mongering. Karena jika mengering bisa merusak kaca Kerusakan yang di sebabkan, misalnya oleh serangan jamur, kram kaca, kerusakan struktur kaca, pengabutan kaca, dan pelepasan antibeku.

Itulah informasi tentang cara merawat bus dengan tepat yang bisa anda gunakan untuk perawatan bus anda. Bagi anda yang membutuhkan sewa bus Jakarta, jangan lupa untuk menggunakan Andara bus ya!

 

Scroll to Top
Chat Admin Disini