sasis bus terbaik

Ini Dia 9 Merek Sasis Bus Favorit Perusahaan Otobus!

Apakah Anda merupakan pecinta bus? Berikut ini informasi mengenai sasis salah satu part body bus dan merek sasis bus.

Mengenal Sasis pada Bodi Bus

Anda pecinta bus? Tentunya tidak asing dengan bagian penopang bodi bus yaitu sasis.  Sasis bus saat ini telah banyak keluaran dari merek-merek otomotif.

Salah satu part dalam bus atau terkenal dengan sebutan sasis bus terdiri dari dua jenis yaitu ladder frame dan space frame, serta tersedia dalam dua jenis suspensi yaitu leaf spring suspension dan air suspension.

Sasis sendiri biasanya berada pada moncong bus. Melihat emblem yang terpampang di “moncong” bus, Anda barangkali langsung berasumsi kalau emblem tersebut menunjukkan merek bus secara keseluruhan.

Padahal, anggapan tersebut hanya benar sebagian saja. Pasalnya, emblem merek yang terlihat seperti Hino, Scania, atau Mercedes-Benz tersebut sekadar menunjukkan merek atau pabrikan sasis bus.

Sementara itu, bodi kendaraan sebenarnya buatan perusahaan karoseri maupun bengkel sendiri, sebelum akhirnya terbeli oleh perusahaan otobus (PO) untuk beroperasi pada jalanan. 

Sasis sendiri adalah kerangka dalam yang digunakan sebagai dasar dalam produksi, dan nantinya akan disatukan dengan mesin maupun alat elektronik lain untuk penunjang bus supaya bus dapat beroperasi sesuai kebutuhan. Sasis sendiri terdiri atas roda, rem, suspensi, transmisi, dan mesin.

Saat ini, ada beberapa merek sasis yang paling banyak diminati oleh perusahaan karoseri untuk memproduksi bus, yang kemudian dioperasikan oleh PO. Apa saja merek sasis tersebut? Simak daftar dan penjelasannya berikut ini, yuk!

1. Merek Sasis Bus Hino

Bus Hino

Hino merupakan merek asal Jepang yang memang fokus pada pasar kendaraan komersial. Merek ini sebenarnya sudah ada di Indonesia selama lebih dari 2 dekade.

Sebelum menjadi sebesar dan sepopuler sekarang, dulunya Hino terkenal sebagai merek kelas dua. Kelas tersebut berada pada posisi bawah dari merek-merek Eropa yang lebih punya gengsi dan mewah.

Apalagi, Hino masih sangat identik dengan truk, bukan bus, apalagi bus yang nyaman dan mewah.

Akan tetapi, lewat strategi kemitraan, kemudahan mendapatkan suku cadang, dan meningkatnya kebutuhan produksi bus pariwisata maupun AKDP dan AKAP, image Hino perlahan meroket dan bahkan terklaim dapat sejajar dengan merek-merek Eropa lainnya. 

Merek sasis bus Hino ini sudah terbekali mesin Diesel 6 silinder dengan kapasitas 7.684 cc dan torsi 745 Nm. Sasis ini dapat terpasang pada berbagai fitur seperti suspensi udara dan anti-lock braking system (ABS).

2. Merek Sasis Bus Mercedes-Benz

Bus Mercedes-Benz

Nama merek yang satu ini sudah tak lagi asing karena memang sangat populer. Apalagi, kualitas, ketahanan, dan keunggulan sasis bus produksi pabrikan asal Jerman ini sudah teruji selama puluhan tahun.

Dan meskipun Mercedes-Benz jelas-jelas merupakan merek asal Eropa, namanya sudah bisa terkatakan memiliki citarasa lokal, mengingat popularitasnya sebagai pilihan sasis berbagai kendaraan besar, baik itu bus maupun truk.

Karena itu, tak heran jika masih banyak PO yang kesulitan untuk beralih dari armada dengan sasis Mercedes-Benz ke armada yang menggunakan sasis keluaran pabrikan yang berbeda, Malah, ada beberapa PO yang sudah sangat identik dengan sasis Mercedes-Benz pada armadanya.

Salah satu sasis bus terbaik dan terlaris dari Mercedes Benz yakni OC500RF 2542. Merek sasis bus ini mengusung mesin OM 457 LA Euro 3 Diesel, 6- Silinder Segaris, Injeksi langsung dengan Turbo charger dan intercooler.

Pada Merek sasis bus Mercedes benz juga sudah lengkap dengan mesin kapasitas 11.967 cc dapat menghasilkan tenaga puncak 422 dk di 1.900 rpm dan torsi maksimum 1.900 Nm pada 1.100 rpm. Mesin tersebut dapat menyalurkan tenaga lewat transmisi otomatis 6 percepatan sudah lengkap dengan primary retarder.

Sasis Mercedes Benzz biasanya terpasang pada bodi Ultra High Decker, Double Decker, dan Super High Decker.

3. Merek Sasis Bus Scania

Bus Scania

Merek yang satu ini juga berasal dari Eropa, tepatnya Swedia. Dalam beberapa tahun belakangan ini, sasis pabrikan Scania tengah naik daun dan sudah mulai banyak ditemukan di jalanan.

Scania sendiri awalnya memulai karir di Indonesia sebagai sasis untuk armada Transjakarta baru di dalam kategori bus gandeng dan beroperasi nyaris di seluruh koridor Transjakarta.

Scania juga pada awalnya cenderung lebih fokus pada segmen heavy duty truck untuk kebutuhan pertambangan.

Meski begitu, seiring dengan berjalannya waktu bisa Anda amati sendiri bahwa sasis produksi Scania secara perlahan namun pasti sudah mulai terlihat familiar pada segmen bus. Hal ini dipelopori oleh PO Harapan Jaya, yang tercatat menjadi PO pertama yang menggunakan bus dengan sasis Scania, sebelum akhirnya diikuti oleh PO Nusantara dan sederet PO besar lainnya.

Salah satu merek bus premium dengan sasis Scania adalah Scania K410iB mengusung mesin 13.000 cc, 6 silinder segaris, Turbo charger, dan intercooler. Sasis ini dapat menghasilkan tenaga maksimal mencapai 410 dk pada 1.900 rpm dan torsi puncak 2.000 Nm pada rentang 1.000-1.350 rpm.

4. Merek Sasis Bus Isuzu

Bus Isuzu

Nama Isuzu sebenarnya sudah mulai meredup, terutama karena banyak yang beranggapan bahwa sasis garapan Isuzu sebenarnya hanya diperbaharuhi dengan cara rebody, alias hanya tampilan luarnya saja agar bisa mengikuti tren yang modern dan kekinian.

Sementara itu, dari segi teknologi dan mekanismenya, sasis Isuzu masih sama saja. Meski demikian, masih ada beberapa PO yang menggunakan bus dengan sasis yang diproduksi oleh Isuzu, seperti PO Gunung Mulia, Sumber Alam, dan Samarinda Lestari.

Alasan PO tersebut tertarik menggunakan merek sasis bus isuzu karena sudah terbekali mesin 6 silinder dengan kapasitas 7.790 cc, tenaga 250 horsepower, dan torsi 1.450 hingga 2.400 rpm.

5. Sasis Bus Volvo

 Sasis Bus Volvo
Sasis Bus Volvo

Selanjutnya merek sasis Volvo berasal dari pabrikan asal Swedia. Merek sasis bus ini berhasil meramaikan pasar sasis tahun 2000an.

Sasis terkenal dari Volvo adalah B7R, B11R, dan B8RL. Merek sasis volvo sudah berbekal mesin diesel kapasitas 11.000 cc dengan torsi 2.000 Nm, tenaga 430 horsepower, dan air suspensi.

6. Sasis Man R37

merek sasis bus

Merek sasis bus terkenal lainnya adalah sasis Man R37 berasal dari Jerman. Beberapa Perusahaan otobus yang menggunakan sasis ini yakni PO Nusantara.

Sasis Man R37 memiliki mesin D2676 Common-rail, berkapasitas 12.419 cc, Euro 3. Pada mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal 460 dk di 1.900 rpm dan torsi pucak 2.100 Nm di rentang 1.000-1.400 rpm.

7. Golden Dragon

sasis bus golden dragon

Merek sasis dari China yaitu Golden Dragon. Mesin sasis bus ini memiliki konfigurasi 6 silinder kapasitas 8.424 cc dengan tenaga 226 horsepower dan torsi 1.280 Nm dengan fitur keselamatan terbaik.

Beberapa operator bus yang menggunakan Golden Dragon adalah Bejeu, Medan Jaya, Sumber Alam, Siliwangi Antar Nusa, dan Damri.

8. Yutong

merek sasis bus

Selanjutnya merek sasis bus mungkin saat ini tidak begitu terkenal berasal dari China adalah Yutong. Meskipun namanya asing pada telinga, merek ini terkenal dengan kemewahan dan kenyamanannya.

Yutong ini memproduksi semua jenis bus mulai dari bus listrik ukuran sedang hingga berat.

9. Daimler

sasis bus daimler

Jerman memiliki merek casis bus selain Mercedes Benz juga memiliki merek bernama Daimler. Merek ini sudah teruji dan diakui oleh dunia serta berhasil memasarkan 32.612 unit bus ke seluruh dunia.

 

Baca juga:

sewa bus pariwisata jakarta andara

Tentang Andara BUS – Perusahaan Sewa Bus Pariwisata

Andara Bus By AJB Tours and Trans merupakan perusahaan Sewa Bus Pariwisata Jakarta Terkemuka. Kami menyediakan jasa sewa bus pariwisata untuk keperluan perjalanan wisata / pribadi maupun bisnis. Seperti tour, study tour, ziarah / religi, KKL, gathering, outbound, pernikahan, arisan, rombongan mudik dan lainnya. Kami bekerjasama / rekanan dengan berbagai PO Bus Pariwisata terkemuka di Jabodetabek, Jawa, Bali, Sumatra dan Sulawesi sehingga kami dapat memberikan pilihan armada dan layanan yang luas untuk klien kami.

Dengan harga yang sangat bersaing / negotiable, menyesuaikan dengan kualitas dan budget anda, kami akan mencarikan armada untuk kebutuhan perjalanan wisata anda. Tanpa harus repot bernegosiasi / tawar menawar / menelepon satu per satu PO Bus, pusing membandingkan harga sewa yang ditawarkan, ragu dengan kualitas dan fasilitas armadanya. Silahkan hubungi kami yang akan memberikan informasi lengkap untuk anda.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Chat Admin Disini