oleh-oleh khas jambi

12 Oleh-oleh Khas Jambi yang Terkenal

Apakah Anda sedang berada di Jambi? Ke Jambi kurang rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas Jambi. Simak informasinya dari Andara bus.

Kegiatan berwisata adalah kegiatan yang disenangi banyak orang apalagi setelah penat melakukan aktivitas sehari-hari. Berwisata berkunjung ke luar kota lebih asyik jika pergi bersama anggota rombongan keluarga, teman, atau rekan.

Pergi keluar kota bersama rombongan tentunya membutuhkan kendaraan yang muat untuk orang banyak. Kendaraan yang muat untuk rombongan ialah bus, hiace, dan elf. Saat ini jika membutuhkan kendaraan besar untuk kegiatan berwisata atau acara lainnya seperti pernikahan tidak perlu kawatir karena sudah banyak penyedia jasa sewa kendaraan.

Jasa Sewa Kendaraan Andara Bus.

Mengenal Jasa sewa kendaraan terpercaya yang ada di Jakarta ialah Andara bus. Andara bus menyediakan berbagai kebutuhan kendaraan seperti bus dengan tipe ekonomi dan tipe luxury, hiace luxury, dan elf luxury.

Jasa sewa Andara bus memiliki armada terlengkap yang dapat klien pilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Tentunya armada yang disediakan juga terjamin keamanan dan kenyamanan dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan perjalanan.

Andara bus selain memberikan armada dan pelayanan terbaik, driver dan crew yang bertugas tentunya profesional. Selain itu, Andara bus juga akan merekomendasikan tempat wisata jika klien bingung memilih tujuan.

Apabila pergi ke Jambi, Jasa sewa kendaraan Andara bus merekomendasikan oleh-oleh khas Jambi cocok untuk dibawa pulang untuk orang terkasih.

Berikut ini Andara bus akan merekomendasikan 12 oleh-oleh khas Jambi untuk Anda. Simak penjelasan yang diberikan oleh Andara bus ini.

1. Bolu Kojo

oleh-oleh khas Jambi

Oleh-oleh khas Jambi pertama ialah Bolu Kojo. Bolu Kojo merupakan makanan yang khas daerah Palembang dan juga Jambi. Kedua daerah ini memiliki perbedaan dalam penyajian Bolu Kojo Jambi disajikan polos tanpa hiasan, sementara bolu khas Palembang memiliki lapisan.

Bolu Kojo terbuat dari campuran tepung terigu dan daun pandan ini memiliki rasa manis serta tekstur yang lembut. Aroma khas pandan membuat siapa pun yang menciumnya pasti akan merasa lapar. Bolu Kojo adalah sejenis kue kering ini bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah karena dapat bertahan beberapa hari tanpa menggunakan bahan pengawet.

2. Duku Kumpeh

oleh-oleh khas Jambi

Oleh-oleh khas Jambi kedua ialah Duku Kumpeh menjadi favorit para wisatawan yang ingin membawa oleh-oleh khas Jambi. Buah ini berbeda dari duku biasanya karena ukurannya lebih besar, manis, dan sedikit asam yang menggiurkan.

Duku Kumpeh banyak ditanam di Kecamatan Kumpeh, Muaro Jambi, yang juga menjadi asal julukannya karena buah ini banyak tumbuh dan berbuah di daerah Muaro Jambi. Keunikan dari Duku Kumpeh ini tidak memiliki biji sehingga mudah dimakan.

3. Dodol Nanas

oleh-oleh khas Jambi

Oleh-oleh khas Jambi selanjutnya ialah Dodol nanas yang menjadi incaran para wisatawan. Dodol merupakan salah satu jenis camilan legit yang populer di Indonesia. Makanan khas ini terbuat dari tepung ketan, santan, dan gula merah.

Dodol Nanas menjadi olahan dodol yang terkenal di kota Jambi. Hal ini disebabkan buah nanas merupakan salah satu komoditas utama di Jambi sehingga banyak jenis olahan yang dibuat dari bahan dasar nanas. Dodol ini tidak menggunakan bahan pengawet atau zat kimia berbahaya, uniknya Dodol Nanas masih bisa bertahan lama sehingga cocok sebagai oleh-oleh saat berada di Jambi.

4. Lempok Durian

oleh-oleh khas Jambi

Oleh-oleh khas Jambi selanjutnya ialah Lempok Durian. Jambi dikenal dengan duriannya sehingga semakin banyak olahan yang dibuat dari bahan dasar durian. Rasa manis yang khas dari buah durian membuat cemilan khas Jambi yaitu lempok durian ini menjadi favorit banyak wisatawan.

Lempok durian yang juga dikenal sebagai dodol durian khas Jambi merupakan kue tradisional memiliki cita rasa yang legit dan manis membuat banyak wisatawan membawa pulang oleh-oleh ini. Kue yang satu ini bisa dengan mudah ditemukan di pusat oleh-oleh Jambi.

5. Kue Gandus

oleh-oleh khas Jambi

Oleh-oleh khas Jambi selanjutnya ialah Kue Gandus. Kue Gandus terkenal di kalangan masyarakat Jambi maupun di luar daerah. Jajanan Kue Gandus tidak memiliki rasa manis sedikit pun ketika digigit. Kue ini memberikan cita rasa unik berupa pedas gurih karena kue Gandus terbuat dari tepung beras, garam, dan sagu. Sebagai tambahan, adonan Kue Gandus juga diberi bawang merah, bawang putih, dan cabai halus.

6. Pempek Jambi

oleh-oleh khas Jambi

Oleh-oleh khas Jambi keenam oleh Pempek Jambi. Selain Palembang, Jambi juga memiliki pempek khas yang lezat. Cita rasa pempek Jambi tidak kalah nikmat dengan pempek Palembang.

Pempek khas Jambi memiliki perbedaan yang cukup mencolok dengan pempek dari Palembang. Walaupun dari bentuknya terlihat mirip, tetapi olahannya dan cara penyajiannya berbeda dengan pempek khas Palembang.

Perbedaan yang cukup mencolok adalah pada cuka pempek itu sendiri, di Jambi cuka pempek tidak merusak gigi, sementara cuka dari pempek Palembang terkenal dapat merusak gigi. Selain itu, pempek Jambi hanya disajikan pada acara-acara besar saja.

7. Kopi Bubuk Cap AAA

oleh-oleh khas Jambi

Oleh-oleh khas Jambi selanjutnya ialah Kopi Bubuk Cap AAA. Kopi bubuk ini hanya bisa ditemukan di daerah Jambi, karena kopi ini hasil dari olahan kebun kopi yang ada di daerah Jambi sehingga memiliki cita rasa spesial berbeda dengan kopi-kopi lainnya.

Resep dari kopi Bubuk cap AAA telah diwariskan secara turun temurun sejak tahun 1966, sehingga tidak mengherankan jika cita rasa Kopi Bubuk AAA tetap menjadi favorit masyarakat Jambi.

Uniknya, kopi bubuk ini juga dikemas seperti bungkus rokok, karena awalnya merupakan merek yang digunakan oleh sebuah perusahaan kopi. Seiring berjalannya waktu, para produsen kopi Jambi menjadikan kopi ini sebagai oleh-oleh khas Jambi yang siap diseduh kapan saja.

8. Gelamai Perentak

oleh-oleh khas Jambi

Rekomendasi oleh-oleh khas Jambi kedelapan ialah Gelamai Perentak. Cemilan ini menjadi favorit para wisatawan ketika mengunjungi Jambi. Gelamai Perentak memiliki tekstur mirip dengan dodol kentang, rasanya tentu saja lezat dan tak kalah nikmat dari oleh-oleh lainnya.

Pembuatan jajanan Gelamai Perentak masih menggunakan metode tradisional, yaitu dengan menggunakan kuali besi dan bahan bakar kayu karet. Hal ini menjadikan aroma gelamai menjadi lebih harum. Gelamai Perentak dibuat tanpa bahan pengawet, sehingga aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan penyakit apapun. Dikemas dengan anyaman umbai, membuat makanan khas Jambi ini sangat cocok sebagai oleh-oleh.

9. Dodol Kentang

jambi

Oleh-oleh khas Jambi selanjutnya adalah dodol kentang. Makanan ini merupakan hasil olahan pertanian dari daerah Gunung Kerinci yang berada di Jambi. Dodol Kentang Jambi hampir sama dengan dodol biasanya namun makanan ini memiliki teksturnya lebih halus dan kenyal saat digigit.

Untuk menemukan Dodol kentang ini juga bisa ditemukan dengan mudah. Meskipun terbuat dari kentang, dodol ini bisa dipadukan dengan beragam varian rasa seperti gula merah, strawberry, nanas, dan masih banyak lagi.

10. Batik Jambi

batik jambi

Oleh-oleh khas Jambi selanjutnya adalah Batik Jambi. Motif batik Jambi terinspirasi dari lingkungan sekitar, seperti tanaman dan hewan. Beberapa motif yang terkenal adalah motif cendawan, kapak lepas, ayam, keco piring, anggur, dan kupu-kupu.

Batik Jambi menggunakan pewarna alami yang dihasilkan dari tumbuhan sekitar hutan Jambi sehingga memberikan warna khas yang berbeda jauh dari pewarna kimia. Produksi batik khas Jambi berpusat di Desa Jambi Seberang, yang juga merupakan pusat kerajinan batiknya. Pembuatan batik Jambi terdiri dari dua jenis, yaitu batik tulis dan batik cap. Untuk mendapatkan Batik Jambi dapat datang ke Desa Jambi Seberang atau di toko-toko oleh-oleh Jambi.

Jika Anda berminat, Anda dapat menggunakan jasa sewa bus luxury dari Andara bus untuk mengantarkan ke desa Jambi Seberang membeli batik khas Jambi.

11. Gelang Sebelik Sumpah

gelang sebelik

Oleh-oleh khas Jambi selanjutnya adalah Gelang Sebelik sumpah yang terbuat dari biji pohon bernama Sebelik Sumpah yang banyak tumbuh di Provinsi Jambi. Bahan ini juga bisa dirangkai menjadi kalung. Nama pohon inilah yang kemudian menjadi nama dari aksesoris unik khas Jambi. Selain sebagai aksesoris, banyak orang yang mengoleksi biji pohon Sebelik Sumpah karena memiliki cerita historis yang unik.

12. Teh Kayu Aro

teh kayu karo

Oleh-oleh khas Jambi terakhir ialah teh kayu Aro. Teh Kayu Aro adalah minuman lezat khas Jambi yang terbuat dari olahan daun teh hitam celup kayu aro. Bahan dasar Teh Kayu Aro banyak tumbuh di kawasan perbukitan lereng Gunung Kerinci. Di area tersebut, terdapat kawasan perkebunan teh yang bisa dikunjungi untuk kegiatan wisata.

Untuk menikmati teh Kayu Aro, cukup dengan menyeduhnya bersama air panas, maka wangi aroma sari daun teh khas Gunung Kerinci akan keluar dan menghasilkan aroma yang enak.

Sekian informasi mengenai oleh-oleh khas Jambi oleh Andara bus. Semoga informasi yang diberikan penulis dapat menambah wawasan bagi para pembaca.

Jika ingin pergi ke Jambi menggunakan kendaraan hiace luxury, Anda dapat menggunakan jasa sewa kendaraan dari Andara bus.

Scroll to Top
Chat Admin Disini