18 Tempat Wisata Salatiga yang Lagi Hits Terbaru 2023

Apakah Anda berencana untuk mengunjungi Salatiga? Berikut ini rekomendasi tempat wisata Salatiga dari Andara bus yang lagi hits terbaru 2023.

Salatiga merupakan salah satu daerah yang berada di Provinsi Jawa Tengah dikenal sebagai kota pendidikan, olahraga, perdagangan, dan transit wisata. Menjadi kota transit wisata, Salatiga memiliki banyak destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi.

Disebut sebagai kota transit wisata karena Salatiga berada di tengah-tengah Kabupaten Semarang dan dikelilingi oleh Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, Pegunungan Gajah Mungkur, dan Gunung Ungaran sehingga para wisatawan domestik diharapkan akan singgah di Salatiga.

Mengunjungi Salatiga untuk berwisata lebih mengasyikkan jika pergi bersama rombongan. Pergi bersama rombongan tentunya membutuhkan kendaraan yang muat untuk orang banyak. Kendaraan yang muat untuk orang banyak seperti bus, hiace, dan elf yang membuat nyaman selama perjalanan.

Membutuhkan kendaraan untuk berwisata dengan rombongan tidak perlu kawatir karena banyak penyedia jasa kendaraan untuk rombongan. Salah satu penyedia jasa sewa kendaraan terpercaya adalah Andara bus dapat menemani perjalanan bersama rombongan.

Mengenal Andara Bus

Andara bus merupakan jasa sewa Bus Jakarta dan sekitarnya menyediakan berbagai armada kendaraan seperti sewa hiace, sewa isuzu, dan elf. Jasa sewa kendaraan Andara bus memberikan keamanan dan kenyamanan klien yang ingin menikmati wisata dengan armada yang dimiliki.

Andara bus menyediakan kendaraan dengan tipe ekonomi dan luxury seperti bus ekonomi, bus luxury, elf ekonomi, elf luxury, dan lain-lain. Jasa sewa kendaraan dari Andara bus juga memiliki crew profesional yang dapat mengantarkan Anda dan rombongan sampai tujuan wisata. Andara bus akan merekomendasikan tempat wisata terbaik di kota yang Anda kunjungi. Misalnya ke Salatiga, Anda akan disarankan beberapa destinasi wisata yang lagi hits di daerah tersebut.

1. Taman Tingkir

tempat wisata Salatiga

Rekomendasi tempat wisata Salatiga pertama oleh Taman Tingkir. Taman Tingkir berlokasikan di  Jl. Tritis Sari No.17, Sidorejo Kidul, Kec. Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50741.

Taman ini memiliki wilayah yang luas dan fasilitas yang lengkap untuk para pengunjung, terutama fasilitas olahraga contohnya seperti lapangan tenis, peralatan kebugaran, jalur jogging, dan berbagai fasilitas lainnya. Selain itu, berbagai wahana permainan anak seperti ayunan dan mobil-mobilan juga tersedia di sini.

Pada sore hari atau akhir pekan, taman ini biasanya ramai dengan berbagai pedagang makanan khas Semarang dan jajanan ringan. Tempat ini merupakan pilihan yang tepat karena tiket masuknya gratis.

2. Kolam Renang Kalitaman Salatiga

tempat wisata Salatiga

Rekomendasi tempat wisata Salatiga kedua oleh Kolam Renang Kalitaman. Kolam Renang Kalitaman berlokasikan di Jl. Kalitaman No.3, RT.3/RW.Kalitaman, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50711. Wisata ini buka dari pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB setiap hari kecuali hari kamis.

Kolam Renang Kalitaman merupakan salah satu tempat berenang yang terkenal di Salatiga. Di kolam renang ini pengunjung dapat menikmati air kolam yang bening dengan suasana teduh berkat keberadaan pohon-pohon besar di sekitarnya.

Tempat ini menjadi favorit banyak keluarga di Salatiga karena harganya yang terjangkau. Untuk dapat berenang, pengunjung hanya perlu membayar Rp2.000,00 saja, dan fasilitas asuransi juga sudah termasuk dalam harga tersebut.

3. Taman Wisata Kopeng

tempat wisata Salatiga

Rekomendasi tempat wisata Salatiga ketiga oleh Taman Kopeng. Taman ini berlokasikan di Jl. Magelang – Salatiga No.KM. 15, Dukuh, Kopeng, Kec. Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50774. Wisata Kopeng merupakan destinasi wisata yang buka setiap hari dari pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB.

Taman Kopeng menawarkan berbagai destinasi menarik, salah satunya adalah Kopeng Treetop. Tempat wisata ini terkenal dengan suasana hutan pinus yang menyediakan banyak wahana petualangan. Berlokasi dekat Gunung Merbabu, kawasan ini memiliki udara yang masih segar dan sejuk.

Berbagai permainan seperti flying fox, panjat jaring, tali kesimbangan, dan rintangan outbound lainnya dapat dinikmati di sini. Dengan fasilitas yang lengkap, tempat wisata yang instagramable ini juga sering dijadikan destinasi untuk acara gathering. Wisata Kopeng memiliki banyak pilihan permainan seru seperti paintball, waterpark, dan outbound di tengah kawasan pegunungan.

4. Prasasti Plumpungan

tempat wisata Salatiga

Rekomendasi keempat destinasi wisata Salatiga ialah Prasasti Plumpungan. Tempat ini berlokasikan di Jl. Plumpungan, RT.002/RW.001, Kauman Kidul, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50712 beroperasi dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 15.30 WIB setiap hari.

Prasasti Plumpungan merupakan bangunan bersejarah yang ada di Salatiga. Tempat ini dipercaya sebagai tonggak sejarah berdirinya kota salatiga. Prasasti Plumpungan berisi ketetapan hukum pemberian status tanah perdikan untuk wilayah salatiga oleh raja Bhanu dari kerajaan mataram kuno di tahun 750 M. Menariknya, prasastinya sendiri berupa tulisan berhuruf jawa kuno di atas sebongkah batu besar.

5. Rawa Pening

tempat wisata Salatiga

Rekomendasi tempat wisata Salatiga adalah Rawa Pening. Kawasan ini cukup terkenal oleh masyarakat Salatiga meskipun berada di Waduk Rawapening, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Rawa Pening memiliki luas lebih dari 2.670 hektar, dan terdapat banyak tempat menarik yang dapat dikunjungi, seperti Kampoeng Rawa misalnya. Kampoeng Rawa merupakan tempat wisata favorit pengunjung yang datang ke Salatiga menawarkan rumah makan terapung serta berbagai wahana menarik, termasuk ATV dan sepeda air. Banyak wisatawan yang memilih tempat ini sebagai lokasi pernikahan atau kumpul keluarga.

Destinasi lain yang tak kalah menarik adalah Bukit Cinta Rawa Pening yang sangat instagramable. Di tempat ini, pengunjung dapat bersantai sambil menikmati suasana rawa Pening dan berfoto di spot-spot yang indah.

6. Umbul Sidomukti

tempat wisata Salatiga

Rekomendasi tempat wisata Salatiga oleh umbul Sidomukti yang terletak dekat dengan kota Salatiga, tepatnya di daerah Manggung, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50661. Tempat ini terkenal karena memiliki kawasan kolam renang di atas bukit dengan pemandangan yang memukau.

Umbul Sidomukti berada di ketinggian 1500 mdpl dengan luas mencapai 32 hektar. Dengan luas area yang besar tersebut, tersedia beragam fasilitas dan wahana yang dapat dinikmati selain kolam renang alaminya.

Pengunjung dapat mencoba berbagai aktivitas seru seperti flying fox, paralayang, berkuda, dan bermain ATV. Oleh karena itu, tak heran tempat ini selalu ramai dikunjungi ketika musim liburan tiba. Selain fasilitas-fasilitas petualangan, tersedia juga tempat bersantai seperti Cafe Pondok Kopi dan penginapan, yang pastinya akan membuat waktu santai Anda lebih menyenangkan. Biaya masuk Umbul Sidomukti terjangkau sekitar Rp 20.000 per orang.

7. Gumuk Sidul Menul-Menul

tempat wisata Salatiga

Rekomendasi ketujuh tempat wisata Salatiga oleh Gumuk Sidul Menul yang berlokasikan di Jl. Gn. Sari, Sidorejo Kidul, Kec. Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50741. Kawasan ini beroperasional dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB setiap hari sabtu minggu dan weekend saja.

Gumuk Sidul Menul – Menul berada di atas gumuk, atau bukit kecil. Pengunjung yang datang ke lokasi dipungut biaya HTM sekitar atau pun parkir. Untuk sampai ke lokasi utamanya, pengunjung harus melewati anak tangga yang lumayan menguras tenaga bagi yang tidak biasa olah raga. Sampai di atas pengunjung akan disuguhkan pemandangan gunung dan kebun-kebun di sekitar lokasi. Hawa dan suasana kawasan ini masih asri serta sejuk sehingga cocok untuk melepas penat.

8. Gunung Telomoyo

tempat wisata Salatiga

Rekomendasi tempat wisata Salatiga oleh Gunung Telomoyo yang berlokasikan di Karangbawang, Nogosaren, Kec. Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kawasan ini berada di jalur Salatiga  yang tidak terlalu sulit dan hanya memakan waktu sekitar 1 jam melalui Kopeng.

Di Gunung Telomoyo pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Tempat ini menjadi favorit bagi para wisatawan untuk menyaksikan matahari terbit atau terbenam sambil berkemah. Pengunjung dapat mencoba aktivitas menarik lainnya seperti paralayang atau mengunjungi air terjun di sekitar area.

9. Air Terjun Kalipancur

salatiga

Rekomendasi tempat wisata Salatiga selanjutnya adalah Air terjun Kalipancur. Air terjun Kalipancur merupakan kawasan air terjun yang terkenal di Salatiga, letaknya berada di Gejayan, Nogosaren, Kec. Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50774

Wisata Air Terjun Kalipancur memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan dikelilingi oleh tanaman hijau di sisi tebingnya. Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun ini dari gardu pandang di seberang tebing. Namun, untuk melihatnya lebih dekat, pengunjung harus menuruni 900 anak tangga menuju lembahnya. Pengunjung yang ke lokasi air terjun akan merasa takjub dengan pemandangan alam serta air yang dingin.

10. Pohon Pengantin Salatiga

salatiga

Rekomendasi tempat wisata Salatiga adalah Pohon Pengantin Salatiga yang berlokasikan di Pulutan, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50714. Destinasi ini cukup dikenal dan viral oleh masyarakat Salatiga. Pohon ini berada di tengah pematang sawah dan memiliki bentuk yang meliuk seperti pohon bonsai.

Menurut mitosnya, dulunya ada sepasang pohon yang merupakan simbol pasangan pengantin, dan siapa pun yang datang akan mendapatkan keberuntungan dalam cinta mereka. Sayangnya, salah satu pohon harus ditebang, sehingga hanya menyisakan satu pohon hingga kini.

Kecantikan pohon ini selalu menarik minat para wisatawan untuk berfoto terutama saat matahari terbenam. Pemandangan indah dari satu pohon di tengah pematang sawah menciptakan latar yang apik untuk foto romantis bersama pasangan. Tidak heran banyak wisatawan yang mengunjungi Pohon Pengantin Salatiga ini.

11. Saloka Theme Park

salatiga

Rekomendasi tempat wisata Salatiga ke-11 oleh Saloka Theme Park merupakan taman bermain terbesar di Jawa Tengah, menawarkan lebih dari 25 wahana permainan seru yang bisa Anda coba. Lokasi dari Saloka Theme Park sebenarnya berada di kawasan Semarang, namun dekat dengan Salatiga. Warga Salatiga sering menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata saat liburan.

Saloka Theme Park berada di Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Kec. Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50773. Kawasan ini menawarkan berbagai wahana permainan seperti wahana bianglala atau ferris wheel yang besar, serta wahana menantang seperti Roller Coaster Lika Liku dan Adu Nyali yang akan membuat jantung berdegup cepat. Biaya tiket masuk kawasan ini sekitar Rp 50.000 per orang pengunjung sudah dapat menikmati berbagai wahana.

12. Goa Rong View

salatiga

Rekomendasi tempat wisata Salatiga selanjutnya adalah Goa Rong View. Goa Rong View  berlokasikan di Jalan Lerak Lopait, Lopait, Delik, Kec. Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50773. Tempat ini juga menjadi destinasi wisata yang dekat dengan Salatiga.

Goa Rong View memiliki daya tarik yaitu pemandangan dari atas bukit yang menampilkan panorama indah dari 5 gunung di Jawa Tengah. Meskipun goanya sendiri terletak di bawah bukit dekat pintu masuk dan jarang menarik perhatian wisatawan, goa dengan lorong sempit ini dulunya menjadi lokasi pertapaan dan persembunyian pejuang dari pengejaran tentara Belanda. Wisatawan yang datang biasanya langsung menuju puncak bukit dan berfoto menikmati pemandangan yang indah terutama saat matahari terbenam.

13. Gunung Merbabu

salatiga

Rekomendasi destinasi wisata Salatiga oleh Gunung Merbabu. Gunung Merbabu berlokasikan di Suroteleng, Kec. Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Destinasi wisata ini merupakan tempat wisata yang berada di kawasan Salatiga.

Gunung Merbabu memiliki pesona tidak hanya dapat dinikmati dari Magelang dan Boyolali, tetapi juga dari Salatiga melalui jalur Cunthel dan Thekelan. Jalur ini menawarkan medan yang lebih menantang dan panorama yang berbeda.

Pengunjung yang ingin melakukan pendakian dapat menempuh waktu sekitar 8.5 jam dengan kecepatan normal tanpa berhenti terlalu lama. Salah satu ciri khas rute ini adalah medan tebing berbatu yang jarang ditemukan di jalur pendakian lain.

Beberapa ikon di jalur pendakian ini adalah watu gubug dan pos pemancar yang terletak setelah pos 3. Jika tertarik melakukan pendakian dari Kota Salatiga, maka dapat berangkat ke arah Getasan, Kabupaten Semarang.

14. Benteng Pendem Ambarawa

salatiga

Rekomendasi tempat wisata Salatiga selanjutnya oleh Benteng Pendem Ambarawa. Benteng ini berlokasikan di Bugisari, Lodoyong, Kec. Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50611 dan menjadi destinasi warga Semarang dan Salatiga.

Benteng Pendem Ambarawa juga dikenal sebagai Benteng Fort Willem I merupakan wisata sejarah peninggalan Belanda yang telah berdiri sejak tahun 1845. Daya tarik utama benteng ini terletak pada arsitektur bangunannya yang sangat instagramable. Banyak pintu dan jendela yang berjajar rapi mengikuti dinding benteng yang tebal, mirip dengan gaya bangunan Lawang Sewu.

15. Taman Kelinci

salatiga

Rekomendasi tempat wisata Salatiga adalah Taman Kelinci yang berlokasikan di Jalan Raya H. Toeyib Soebadi, Rowoboni, Banyubiru, Cebur, Kalibeji, Kec. Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50664. Wisata ini berada di daerah Salatiga.

Taman Kelinci merupakan destinasi wisata yang cocok untuk edukasi dan kegiatan outbound, seperti menanam padi, membuat gula merah, dan memerah susu sapi. Hal ini memungkinkan anak-anak yang berkunjung dapat belajar banyak hal sambil bermain di taman kelinci ini. Selain itu, suasana pedesaan yang masih asri membuatnya menjadi tempat yang tepat untuk berkemah. Lahan camping yang luas tersedia di sini, sehingga cocok untuk wisata rombongan. Anda dapat menggunakan jasa sewa kendaraan bus luxury cocok untuk bepergian bersama rombongan.

16. Museum Kereta Api Ambarawa

salatiga

Ambarawa menjadi salah satu destinasi wisata alternatif bagi warga Salatiga karena jaraknya yang tidak terlalu jauh. Ambarawa memiliki destinasi wisata menarik seperti Museum Kereta Api Ambarawa. Lokasi dari museum kereta Api Ambarawa berada di Jl. Stasiun No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614.

Di museum ini, pengunjung dapat belajar dan melihat langsung sejarah peninggalan kereta api pada masa kolonial mulai dari koleksi lokomotif tua hingga jalur-jalur kereta api yang pernah digunakan.

Selain itu, pengunjung juga bisa mencoba tur menggunakan kereta tua yang berkeliling Ambarawa Benowo. Aktivitas tour ini menjadi favorit wisatawan saat mengunjungi museum kereta Api Ambarawa.

17. Taman Wisata Sejarah Kota Salatiga

salatiga

Rekomendasi tempat wisata ke-17 Salatiga adalah Taman Wisata Sejarah Kota Salatiga yang berlokasikan Jl. Nogosari, Bugel, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50713. Wisata ini merupakan kawasan taman hijau di Salatiga. Biasanya di daerah ini terdapat event untuk masyarakat. Selain itu, Taman Wisata Sejarah Kota Salatiga terdapat banyak macam-macam patung seperti kapal selam, tanki, dan lain-lain.

18. Monumen Palagan Ambarawa

salatiga

Destinasi wisata Ambarawa yang menjadi jujukan warga Salatiga ialah Monumen Palagan Ambarawa yang berlokasikan di Jl. Mgr. Sugiyopranoto, Panjang Lor, Panjang, Kec. Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614.

Wisata ini yaitu Monumen Palagan Ambarawa dikenal sebagai simbol perjuangan pahlawan Ambarawa selama pertempuran melawan NICA.

Tak hanya sekadar melihat monumen, pengunjung juga berkesempatan untuk mempelajari sejarah di museum yang telah disediakan. Di dalam museum ini, terdapat berbagai peninggalan sejarah seperti senjata, foto, dokumen, dan diorama. Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto di dekat sejumlah koleksi museum yang dipajang di luar, seperti pesawat, truk, dan meriam.

Sekian informasi dari Andara bus tentang 18 tempat wisata Salatiga lagi hits. Semoga informasi yang diberikan oleh Andara bus dapat bermanfaat.

Anda membutuhkan jasa sewa kendaraan dengan tipe hiace luxury? Dapat menghubungi Andara bus dan dapatkan penawaran harga terbaik.

Scroll to Top
Chat Admin Disini