makassar

Oleh-oleh Khas Makassar Murah Dan Kekinian

Apakah Anda sedang berkunjung ke Makassar bersama rombongan? Ke Makassar kurang rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas  Makassar yang murah dan kekinian.

Makassar merupakan kota niaga yang terkemuka di Indonesia. Wilayah ini berperan sebagai pusat perdagangan dan jasa, serta pusat kegiatan industri, kegiatan pemerintakan, simpul jasa nagkutan barang, dan penumpang darat, laut, maupun udara.

Kota Makassar menjadi ibu kota provinsi Sulawesi Selatan terletak pada bagian Selatan Pulau Sulawesi yang dahulunya disebut sebagai Ujung Pandang. Wilayah ini memiliki pantai yang membentang sepanjang koridor barat dan utara.

Makassar juga sering dikenal sebagai Waterfront city yang didalamnya mengalir beberapa sungai seperti Sungai Tallo, Sungai Jeneberang, dan Sungai Pampang. Selain itu, Makassar memiliki banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi seperti Trans Studio Makassar, Benteng Rotterdam, Pulau Samalona, Pulau Kodingareng Keke, dan lain-lain.

Mengunjungi ke Makassar berlibur bersama rombongan dapat menggunakan kendaraan bus. Jasa sewa bus terpercaya adalah Andara bus. Andara bus menyediakan armada lengkap dari bus ekonomi, hiace, dan bus luxury yang dapat memudahkan perjalanan Anda bersama rombongan.

Pergi ke Makassar juga kurang rasanya jika tidak membawa oleh-oleh khas. Simak rekomendasi oleh-0leh khas Makassar yang murah dan kekinian.

1. Coto Makassar

oleh-oleh khas makassar

Pergi ke Makassar kurang aSpabila tidak mencoba makanan khas sana yaitu Coto Makassar yang populer di kalangan masyarakat. Memiliki cita rasa lezat, coto Makassar banyak diminati oleh orang-orang.

Saat ini ada varian menu dari coto Makassar yang dapat dibawa pulang sebagai buah tangan yaitu coto Makassar instan. Rasa dari coto makassar instan mirip dengan coto makassar biasanya. Harga dari menu ini sekitar 200 ribu rupiah untuk per kotak berisi lima porsi.

 2. Deppa Tori

oleh-oleh khas makassar

Oleh-oleh khas Makassar yang murah dan kekinian cocok untuk dibawa pulang adalah Deppa Tori. Makanan ini merupakan kue kering yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan juga wijen dicampur menjadi adonan lalu digoreng.

Deppa Tori khas makassar yang terkenal adalah Deppa Tori daerah Toraja dan Enkerang. Jajanan kue kering Toraja lebih keras. Sedangkan dari Enkerang memiliki tekstur lebih lembut dan renyah. Harga Deppa Tori ini sekitar 30 ribuan hingga 60 ribu rupiah saja per kotak.

3. Otak-Otak Ikan Tenggiri

oleh-oleh khas makassar

Oleh-oleh khas Makassar murah kekinian adalah otak-otak yang dibuat dari ikan tenggiri. Makanan ni memiliki cita rasa ikan yang gurih dan nikmat.

Menyantap otak-otak ikan tenggiri ditambah sambal cocol menambah kelezatan makanan ini. Apabila tertarik membawa buah tangan otak-otak tenggiri, Anda dapat mengunjungi toko oleh-oleh. Harga dari otak-otak cukup murah sekitar 40 ribu rupiah per isi 10.

4. Kopi Toraja

oleh-oleh khas makassar

Pecinta kopi kurang rasanya jika ke Makassar tidak membeli oleh-oleh khas makassar yaitu Kopi Toraja. Kopi Toraja terbagi menjadi tiga jenis yaitu arabika, robusta, dan special blend yang memiliki cita rasa unik masing-masing.

Untuk mendapatkan kopi toraja khas Makassar wisatawan dapat menemukannya di toko oleh-oleh makassar atau di pasar tradisional dengan harga 50 ribuan hingga 200 ribuan tergantung ukuran kemasan.

5. Dangke

oleh-oleh khas makassar

Oleh-oleh khas Makassar unik adalah dangke yang terbuat dari susu sapi atau kerbau yang diolah memiliki cita rasa seperti keju. Dangke sering disebut sebagai keju tradisional Makassar. Untuk mendapatkan oleh-oleh ini wisatawan yang datang ke Makassar dapat mengunjungi toko oleh-oleh. Harga dari dangke bervariasi antara 25 ribu hingga 30 ribu rupiah.

6. Kue Gambung

oleh-oleh khas makassar

Oleh-oleh khas makassar yang merupakan kue tradisional khas daerah Makassar adalah kue Gambung. Kue gambung terbuat dari tepung sagu yang diisi cangkuli atau campuran parutan kelapa dan gula merah.

Jenis jajanan kue ini memiliki tekstur lembut dan manis. Mendapatkan kue gambung di Makassar, wisatawan perlu mengunjungi toko oleh-oleh atau toko kue khas makassar dengan harga antara 20 ribu sampai 35 ribu rupiah saja.

7. Bannang Banang

buah tangan makassar

Oleh-oleh khas Makassar yang wajib untuk dibawa pulang adalah Bannang banang yang terbuat dari tepung beras dan gula merah digoren dibentuk menyerupai benang kusut.

Kue Bannang banang sering digunakan untuk acara pernikahan karena memiliki filosofis tentang kehidupan pernikahan. Makanan khas ini banyak tersedia di toko oleh-oleh. Harga dari kue Bannang banang sekitar 30 ribuan per bungkus.

8. Kerajinan Khas Toraja

buah tangan makassar

Pergi ke Makassar tidak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh khas Makassar yaitu kerajinan khas toraja. Macam-macam kerajinan ini berupa aksesoris khas toraja seperti gantungan kunci berbentu kapal pinisi, rumah toraja, anyaman, lukisan, dan pahatan yang dapat ditemukan di penjual oleh-oleh sekitaran tempat wisata. Harga dari kerajinan ini bervariasi antara 5 ribu rupiah hingga 200 ribu rupiah.

9. Kain Bugis

buah tangan makassar

Makassar terdapat oleh-oleh khas yaitu kain bugis yang memiliki keindahan motif. Kain ini terbuat dari benang katun yang ditenun. Harga dari kain bugis adalah antara 20 ribu rupiah hingga ratusan ribu tergantung motif.

10. Kain Tenun Sengkang

buah tangan makassar

Oleh-oleh khas Makassar yang wajib dibawa pulang adalah kain tenun sengkang yang terbuat dari sutra alam. Kain ini memiliki motif warna mencolok dan berpola vertikal dengan makna tersendiri menunjukkan status pemakainya seperti wanita lajang dan sudah menikah.

Macam-macam motif kain tenung sengkang adalah balo renni, ballo tettong, cobo, aksara bugis, ukiran toraja, dan motif makkalu. Harga kain tenun sesuai dengan motif – motif yang dipilih antara 15o ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

Demikian informasi mengenai oleh-oleh khas Makassar untuk Anda. Semoga dari informasi yang diberikan oleh Andara bus dapat menambah wawasan bagi para pembacanya.

Scroll to Top
Chat Admin Disini