medan

10 Macam Oleh-oleh Khas Medan Paling Populer Dan Tahan Lama

Pergi ke Medan bersama rombongan, kurang rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas Medan. Simak 10 macam oleh-oleh khas Medan paling populer dan tahan lama.

Medan

Kota Medan terkenal dengan budaya melayunya. Selain itu, Medan juga populer dengan wisata kuliner yang khas dan kaya rasa. Kota ini menjadi destinasi pilihan liburan bagi wisatawan yang ingin menjajaki keliling Indonesia.

Medan menjadi salah satu kota wisata, banyak destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi seperti Museum Tjong A Fie Mansion, Masjid Raya Al Mashun, Graha Bunda Maria Annai Velangkanni, dan lain-lain.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Medan bersama rombongan keluarga dan rombongan lainnya. Pergi ke Medan bersama rombongan dapat menggunakan kendaraan seperti mobil, hiace, atau Bus.

Jika tidak memiliki kendaraan besar untuk rombongan, tenang karena saat ini banyak penyedia jasa sewa bus terpercaya seperti Andara bus. Andara bus merupakan penyedia layanan sewa kendaraan seperti hiace dan bus dengan armada terlengkap.

Berbagai pilihan armada akan disediakan oleh Andara bus seperti hiace biasa hingga hiace luxury, bus ekonomi bahkan bus luxury dengan penawaran terbaik tentunya juga dengan pelayanan memuaskan.

Pergi ke Medan bersama rombongan kurang rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas Medan. Simak sebanyak 10 rekomendasi oleh-oleh Medan yang populer dan tahan lama.

1. Pancake Durian

oleh-oleh khas medan

Oleh-oleh khas Medan yang populer dan tahan lama rekomendasi dari Andara bus pertama ialah pancake durian. Pancake durian merupakan makanan dari durian Medan yang dibungkus dengan kulit dadar gulung tipis berwarna cerah terasa lumer saat digigit.

Rasa pancaku durian manis dan nikmat. Makanan ini termasuk dalam dessert yang tersedia banyak di toko oleh-oleh khas Medan. Pancake durian bertahan selama 7 hari dalam freezer dan sekitar 10 jam di suhu ruangan. Harga satu kotak pancake durian adalah antara 80 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah tergantung ukuran.

2. Buah Durian

oleh-oleh khas medan

Selain olahan dari durian, oleh-oleh khas Medan yang wajib untuk dibawa pulang adalah durian Medan. Durian Medan ini yang terkenal adalah durian ucok. Berbagai jenis durian yang tersedia seperti durian montong Parigi yang memiliki daging tebal.

Selain dapat menikmati durian dari buahnya langsung, wisatawan juga dapat membeli durian kupas yang sudah dikemas rapi cocok untuk dibawa pulang. Harga dari durian Medan ini bervariasi antara 85 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah tergantung kemasan.

3. Bolu Meranti

oleh-oleh khas medan

Makanan oleh-oleh khas Medan yang populer dan tahan lama selanjutnya dari Andara bus adalah Bolu Meranti. Bolu meranti merupakan bolu terenak di medan dan sering dijadikan sebagai buah tangan oleh wisatawan.

Kue bolu Meranti ini memiliki isian tebal dan kue lembut. Terdapat banyak pilihan rasa seperti cokelat, keju, nanas, moka, dan rasa gurih seperti abon. Harga satu kotak bolu meranti ini sekitar 75 ribuan hingga 120 ribuan tergantung dari jenis dan ukuran kue.

4. Lapis Legit

oleh-oleh khas medan

Oleh-oleh khas Medan yaitu Lapis Legit medan yang memiliki rasa tidakbegitu manis tapi gurih dan penuh aroma. Lapis legit medan berbeda dengan lapis legit pada umumnya karena pada adonan kuenya terdapat keju dan rempah-rempah seperti cengkeh dan kayu manis.

Kue lapis legit khas Medan memiliki tekstur lembut dan aroma rempah yang khas sehingga cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Harga dari lapis legit ini beragam mulai dari 40 ribuan hingga 100 ribu.

5. Kopi Sidikalang

oleh-oleh khas medan

Oleh-oleh khas Medan selanjutnya adalah kopi sidikalang. Kopi ini merupakan jenis kopi robusta dan arabika terbaik di Medan. Sidikalang memiliki kualitas rasa tinggi dengan kandungan kafein mencapai 70 hingga 80 persen namun memiliki tingkat keasaman rendah. Harga kopi sidikalang ini sekitar 30 ribuan untuk 250 gram dijual di toko oleh-oleh khas Medan.

6. Teri Bajak

oleh-oleh khas medan

Oleh-oleh khas Medan yang wajib untuk dibawa pulang adalah olahan sambal teri bajak khas Medan. Makanan ini merupakan oleh-oleh yang nikmat terbuat dari teri Medan asli dimasak menggunakan sambal merah atau sambal rawit cocok untuk dijadikan lauk bersama nasi hangat.

Teri bajak memiliki rasa pedas dan tekstur renyah. Terdapat dua tipe teri bajak medan yang bisa dipilih seperti teri bajak biasa dan teri bajak kacang tanah. Olahan ikan teri ini dapat ditemukan di pasar tradisional dan toko oleh-oleh khas Medan. Harga teri bajak yaitu 40 ribuan saja untuk ukuran 200 gram.

7. Rujak Brayan

khas medan

Salah satu pilihan menu makanan yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh adalah rujak brayan. Rujak brayan merupakan rujak buah di kota Medan yang disantap dengan kuah pedas layaknya sup buah.

Isian dari rujak brayan yaitu buah mentimun, nanas, bengkoang, kweni, dan buah lainnya dipotong kecil lalu direndam garam. Setelah itu buah ditiriskan dan disiram menggunakan kuah dari jus mangga dan kweni pedas. Cita rasa rujak brayan ini segar, pedas, dan asam. Harga dari rujak brayan adalah 10 ribu rupiah saja per cup plastik.

8. Kacang Sihobuk

oleh oleh medan

Oleh-oleh khas Medan yang cocok untuk dibawa pulang adalah kacang sihobuk. Kacang sihobuk ini adalah camilan kacang tanah direndam dalam air selama tiga hingga lima jam kemudian dikeringkan lalu disangrai.

Proses sangrai kacang sihobuk adalah dengan pasir sebagai pengganti minyak. Walaupun kacang sihobuk dimasak dengan cara unik, harga makanan ini cukup murah yaitu 35 ribu rupaih per 500 gram.

9. Ikan Sale

oleh-oleh medan

Oleh-oleh khas Medan yang populer adalah ikan Sale. Ikan ini merupakan ikan lele Limbat khas Sumatera yang diasapi agar lebih awet dan tahan lama. Rasa ikan Sale ini gurih dengan tekstur renyah dan aroma khas. Harga ikan sale ini cukup murah sekitar 40 ribuan saja per kilogram.

10. Kain Ulos

oleh-oleh medan

Oleh-oleh khas Medan yang populer dan tahan lama adalah kain khas Batak yaitu kain ulos. Kain tenun ini berbentuk selendang panjang menarik banyak wisatawan yang datang ke Medan.

Warna kain ulos dominan oleh warna hitam, merah, dan putih dengan hiasa benang emas dan perak. Wisatawan yang ingin membeli ulos dapat datang ke Desa Meat dekat danau Toba. Disana wisatawan dapat menemukan kain ulos dari harga mulai dari 30 ribuan per helai.

Sekian informasi oleh-oleh Medan populer dan tahan lama cocok dibawa pulang untuk keluarga dirumah. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan bagi para pembaca.

Scroll to Top
Chat Admin Disini