pantai sawarna

Pantai Sawarna: Tempat WisataTerbaik di Banten

Apakah Anda tahu bahwa di Banten terdapat tempat wisata terbaik yang cocok dikunjungi bersama rombongan? Simak informasinya dari Andara bus yaitu tentang Pantai Sawarna dan penginapan Srikandi Sawarna merupakan tempat wisata terbaik di Banten.

Banten memiliki banyak destinasi wisata alam yang indah salah satunya adalah Pantai Sawarna. Mengunjungi Banten ke Pantai Sawarna lebih menyenangkan jika pergi bersama rombongan.

Saat ke Banten mengunjungi pantai Sawarna bersama rombongan tentunya membutuhkan kendaraan yang muat untuk orang banyak. Kendaraan yang muat untuk orang banyak seperti hiace, isuzu elf, dan bus yang dapat memudahkan selama perjalanan.

Mengenal Andara bus

Apabila pergi bersama rombongan untuk berwisata saat ini tidak perlu kawatir karena telah banyak penyedia jasa sewa kendaraan terpercaya salah satunya ialah Andara bus. Andara bus merupakan perusahaan sewa bus pariwisata Jakarta yang memiliki armada terlengkap. Selain armada lengkap, keamanan dan kenyamanan menjadi prioritas untuk klien bagi perusahaan sewa kendaraan ini.

Jasa sewa bus Andara memiliki driver yang berpengalaman serta crew yang profesional dalam memberikan pelayanan bagi para klien. Untuk menjamin kepuasan Andara bus menyediakan layanan yang maksimal serta optimal dalam memenuhi segala kebutuhan klien selama perjalanan. Dapatkan penawaran harga sewa kendaraan terbaik dari Andara bus.

Berikut ini, Andara bus juga akan merekomendasikan tempat wisata terbaik yaitu pantai Sawarna yang berlokasikan di Banten dapat menjadi pilihan destinasi wisata.

Pantai Sawarna Banten

Salah satu destinasi wisata terbaik di Banten adalah pantai Sawarna yang dilengkapi dengan goa-goa yang cantik, suasana alam yang asri, dan keindahan alam pantai yang luar biasa. Pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia menyebabkan ombaknya dapat digunakan untuk olahraga selancar. Menariknya lagi pantai ini memiliki ciri khas berupa hamparan pasir putih dengan dominasi batuan karang yang indah sehingga tidak heran banyak wisatawan yang datang ke lokasi.

Sejarah Pantai Sawarna

Pantai Sawarna berlokasikan di kawasan Tanjung layar. Di area ini terdapat perkampungan Sawarna yang banyak didominasi oleh orang Jawa dan orang Sunda yang memiliki latar belakang perbedaan logat bahasa mereka sehingga banyak yang salah mengartikan kata Sawarna dan Sorana yaitu berarti suaranya. Sejarah lain nama Sawarna berasal dari tokoh yang bernama Swarna yang merupakan kepala desa di daerah tersebut pertama kali.

Kata Swarna atau Sawarna memiliki arti satu warna yaitu dimaknai bahwa walaupun di tempat tersebut terdapat banyak orang dari berbeda suku namun tetap satu tujuan untuk maju bersama. Hingga saat ini Sawarna banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari luar kota maupun dalam kota. Hal ini disebabkan oleh wisatawan banyak yang ingin menjajal ombak untuk selancar dari Pantai ini.

Mitos Pantai Sawarna

Pantai Sawarna berada di daerah Tanjung Layar. Pada masa penjajahan Belanda, daerah Tanjung Layar dikenal sebagai Java’s Eerste Punt, yang artinya “ujung pertama Pulau Jawa.” Sejarah Pantai Tanjung Layar juga tercatat dalam babad Sunda dan cerita legenda pesisir selatan.

Menurut mitosnya, dua karang raksasa yang menyerupai layar perahu diyakini sebagai perwujudan dari dua kekuatan yang nantinya akan menjadi sebuah kapal yang dibuat oleh Sangkuriang.

Kapal itu diciptakan sebagai syarat agar Sangkuriang bisa menikahi Dayang Sumbi, yang ternyata adalah ibu kandungnya sendiri. Sayangnya, tindakan Sangkuriang yang tetap ingin menikahi ibunya membuat Sang Hyang Widi murka.

Akibatnya, semua peralatan kapal, termasuk kedua layarnya, dihancurkan. Kapal itu dikisahkan ditendang ke arah utara dan menjadi Tangkuban Perahu. Sedangkan kedua layarnya ditendang ke arah selatan dan sekarang dikenal sebagai Tanjung Layar.

Selain cerita legenda tentang Sangkuriang, di sekitar Tanjung Layar juga terdapat sebuah karang yang berbentuk pijakan kaki. Karang ini dikenal sebagai jejak kaki Kabayan, tokoh dalam budaya Sunda, dan informasi lebih lanjut tentangnya bisa ditemukan di halaman tokoh Kabayan.

Daya Tarik Pantai Sawarna

Banyak para wisatawan yang datang ke lokasi pantai Sawarna. Hal ini disebabkan oleh keindahan dari Pantai ini. Beberapa daya tarik dari pantai ini sebagai berikut.

1. Bermain Air

Pengunjung yang datang ke Pantai Sawarna dapat melakukan permainan air seperti berselancar dan snorkeling. Hal ini disebabkan oleh ombak dari pantai yang cocok untuk berselancar. Selain berselancar, pengunjung dapat snorkeling menikmati pemandangan bawah laut yang cantik.

2. Berenang dan bersepeda

Pengunjung juga dapat berenang di pantai karena pantai ini memiliki air laut yang biru dan bersih. Tak hanya berenang, pengunjung dapat bersepeda mengelilingi area pantai sambil menikmati pemandangan yang indah.

3. Menikmati Sunset dan Sunrise

Keindahan sunset dan sunrise di kawasan pantai Sawarna tidak dapat dielakkan. Pemandangan yang indah sambil ditemani oleh deburan ombak pantai dapat membuat tenang.

4. Terdapat Penginapan

Di area Pantai Sawarna terdapat penginapan bernama Srikandi Sawarna yang dapat disewa untuk menginap. Penginapan ini sangat dekat dengan pantai sehingga cocok jika saat ke pantai Sawarna menginap di Srikandi Sawarna.

pantai sawarna

Mengenal Srikandi Sawarna

Srikandi Sawarna merupakan penginapan homestay yang sangat dekat dengan area pantai. Penginapan ini menawarkan keindahan taman dan pemandangan pantai yang indah. Homestay ini memiliki fasilitas yang lengkap seperti teras, TV kabel, dapur kecil, kamar mandi, balkon, dan area makan.

Pemandangan pantai dapat terlihat dengan jelas jika dilihat dari area homestay srikandi sawarna. Selain menikmati pemandangan alam pantai, pengunjung yang datang ke lokasi menginap ini dapat melakukan aktivitas memancing di area penginapa dan melakukan bakar-bakaran bersama keluarga saat menginap.

Lokasi Srikandi Sawarna

Homestay yang sangat dekat dengan pantai yaitu Srikandi Sawarna berlokasikan di Kampung Cikaung, Desa, Sawarna, Kec. Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393 atau sekitar 5 menit berjalan kaki dari arah pantai.

Pengunjung yang datang ke lokasi dapat menggunakan kendaraan pribadi atau jika pergi bersama rombongan dapat menggunakan jasa sewa bus luxury dari Andara bus untuk memudahkan hingga sampai tujuan.

Jam Operasional dari Srikandi Sawarna

Srikandi Sawarna beroperasi selama 24 jam namun menerapkan kebijakan untuk check in pada pukul 14.00 WIB dan check out maksimal pukul 12.00 WIB. Apabila ingin datang lebih awal dapat menghubungi kontak resepsionis untuk mengetahui prosedur menginap.

Fasilitas Srikandi Sawarna

Srikandi Sawarna merupakan penginapan yang memiliki fasilitas yang lengkap. Beberapa fasilitas seperti Kamar mandi dalam, Teras, TV kabel, Dapur, Area parkir yang luas, Layanan kamar, Resepsionis 24 jam, Dry cleaning, Jasa penyetrikaan, Karaoke, Jasa pijat, dan Area lounge bersama. Selain itu, kawasan ini juga menyediakan vending machine untuk minuman dan makanan.

Sekian informasi dari Andara bus mengenai pantai yang berada di Banten yaitu Sawarna dan tempat menginap yaitu Srikandi Sawarna. Semoga informasi yang diberikan dapat menambah wawasan bagi para pembaca.

Jika Anda berencana mengunjungi pantai yang berada di Banten ini dengan rombongan, Anda dapat menggunakan jasa sewa dari Andara bus dengan menggunakan hiace luxury untuk menemani perjalanan Anda bersama rombongan.

Scroll to Top
Chat Admin Disini